4 PEMICU KOROSI BAJA RINGAN DAN CARA MENCEGAHNYA

Hi Sobat BLKP,

 

Truss atau biasa kita kenal dengan sebutan baja ringan, sudah tidak asing lagi didengar apalagi bagi para pemilik rumah yang sedang membangun rumah. Seiring berjalannya waktu, baja ringan ini mulai menjadi pengganti kaso atau kayu sebagai salah satu material untuk menopang bagian atap rumah mereka karena berbagai alasan, seperti yang admin infokan disini : https://blkp.co.id/blogs/detail/7-alasan-atap-baja-ringan-banyak-dicari.

 

Namun apakah kamu tahu bahwa baja ringan meskipun banyak yang klaim anti karat atau tahan karat, masih bisa mengalami korosi atau karat seiring berjalannya waktu? Nah pada kesempatan kali ini, admin akan jelaskan apa saja pemicu baja ringan berkarat dan bagaimana cara untuk mencegahnya. Simak dibawah ini ya.

 

Apa itu Korosi?

korosi baja ringan

 

Sebelum lanjut ke pembahasan utama di dalam artikel ini, alangkah lebih baik kamu pahami dulu apa itu yang disebut dengan korosi. Corrosion atau dalam bahasa indonesia disebut dengan korosi adalah salah satu kerusakan pada material baja ringan yang penyebab utamanya karena sebuah interaksi lingkungan. Interaksi lingkungan ini termasuk ke dalam fenomena alam yang terdiri dari 3 (tiga) kondisi yaitu kelembaban, permukaan baja dan zat pengoksidasi yang disebut sebagai senyawa akseptor elektron.

 

Nah proses korosi ini dapat mengubah permukaan baja atau logam reaktif menjadi bentuk yang konsisten yaitu hidroksida atau sulfida dan oksida. Bentuk korosi yang paling umum adalah yang sering kita sebut sebagai karat.

 

Proses korosi yang terjadi ini memiliki dampak yang negatif pada logam maupun baja. Disaat susunan baja ringan mengalami korosi, tentunya akan menimbulkan kondisi yang tidak aman bagi kita yang bahkan bisa menyebabkan kecelakaan, seperti runtuh atau ambruknya bangunan rumah kita. Selain itu, korosi kecil juga memerlukan renovasi dan pemeliharaan.

 

4 Pemicu Korosi Pada Baja Ringan

korosi baja ringan

 

Walaupun sudah dilapisi dengan zat-zat anti karat, bukan tidak mungkin baja ringan ini terlepas dari yang namanya proses pengkaratan atau korosi. Mau tahu apa saja pemicunya? Simak 4 hal berikut ini sebagai pemicu korosi baja ringan dan bagaimana cara mencegahnya!

 

Terkena Cairan Asam

korosi baja ringan

 

Tahukah kamu? cairan yang sifatnya asam akan reaktif saat bergesekan langsung dengan permukaan baja ringan. Apabila hal tersebut terjadi, lapisan anti karat atau coating yang terdapat pada baja ringan akan terkelupas dan seketika menyebabkan karat pada baja ringan tersebut. 

 

Cara Mencegah

Pada umumnya, cairan asam ini sering kita temukan pada produk - produk pembersih lantai maupun porselen. Oleh karena itu, alangkah lebih baik agar baja ringan ditempatkan jauh dari produk-produk yang mengandung cairan asam tersebut.

 

Terpaan Hujan dan Panas Secara Intens

korosi baja ringan

 

Umumnya, baja ringan bukanlah material yang digunakan sebagai eksterior dan tidak diproduksi agar tahan terhadap terpaan hujan maupun panas yang terjadi secara intens. Kondisi cuaca di Indonesia yang tidak menentu, secara perlahan dapat mengikis daya tahan dari lapisan anti karat pada baja ringan tersebut.

 

Cara Mencegah

Dampak yang ditimbulkan adalah proses korosi semakin cepat terjadi. Sebagai usaha untuk mencegahnya yang bisa kamu lakukan adalah usahakan agar baja ringan ditempatkan dalam ruangan tertutup yang bebas dari terpaan sinar matahari langsung dan hujan. Selain itu, jangan pernah memasang baja ringan ketika kondisi sedang hujan. 


 

Tergores Peralatan Kerja

Jika ada goresan sedikitpun pada baja ringan, maka secara otomatis akan langsung bergesekan dengan oksigen. Proses oksidasi antara oksigen dengan zat kimia pada baja inilah yang memicu karat pada baja ringan.

 

Cara Mencegah

Apabila terjadi kerusakan pada baja ringan seperti ada sambungan yang salah potong atau sambungan yang terkelupas, maka sebaiknya segera lakukan pencegahan seperti melapisi ulang susunan baja ringan dengan menggunakan cat yang anti terhadap karat.

 

Untuk pencegahan lanjutan, ada baiknya ketika mulai memasang baja ringan agar menghindari kesalahan - kesalahan kecil yang dapat menimbulkan goresan - goresan pada baja ringan.


 

Terdapat Lubang Pada Permukaan Baja (Pitting)

Korosi Pitting merupakan salah satu bentuk korosi yang memicu banyaknya lubang - lubang kecil pada permukaan baja ringan atau logam. Pada awalnya lubang - lubang tersebut berdimensi sangat kecil, namun seiring berjalannya waktu, lubang tersebut menjadi semakin besar.

 

Cara Mencegah

- Secara berkala lakukan pembersihan dan pemeliharaan permukaan baja ringan

- Gunakan busa yang tahan terhadap korosi atau semprotan cairan anti korosi di permukaan yang mengalami korosi.

- Pilih bahan baja ringan yang tahan lubang


 

Kesimpulan

Korosi yang timbul pada baja ringan jika tidak kita tangani lebih lanjut, semakin lama dapat menjadi masalah yang sangat besar. Tentunya hal ini dapat merugikan kamu sebagai pemilik rumah. 

 

Dengan mengetahui pemicu korosi pada baja ringan dan cara untuk mencegahnya, secara efektif tentunya bisa menghemat pengeluaran kamu dan menghindari masalah yang serius. 

 

Semoga artikel ini dapat membantu kamu dan selamat membaca ya! Oya bagi kamu yang membutuhkan atau sedang mencari material baja ringan untuk konstruksi atap maupun lantai rumah dengan kualitas terbaik, kamu bisa menggunakan baja ringan dari BLKP

 

BLKP atau Bumi Lancang Kuning Pusaka adalah perusahaan manufaktur bahan bangunan (pabrik baja ringan) berstandar nasional yang berdiri sejak tahun 2003. Fokus utamanya adalah memproduksi baja ringan berlapis baja dengan kualitas terbaik.



Your Message Has Been Sent..