4 PEREDAM PANAS ATAP RUMAH AGAR RUMAH SEMAKIN SEJUK

Pada dasarnya rumah yang nyaman memang bukan hanya terlihat baik dari segi desain dan kontruksinya saja, namun juga kestabilan penyerapan suhu panas. Tentu saja memang sudah ada bagian rumah yang sangat penting yaitu atap. Fungsi atap adalah untuk melindungi rumah dari panas dan hujan, sehingga Anda bisa menjalani berbagai aktifitas di rumah dengan nyaman.

Sebelum membangun rumah, pastikan bahwa atap memiliki tinggi di atas 3 meter dengan ukuran ventilasi yang sedang agar udara dan cahaya dapat masuk. Biasanya, semakin pendek jarak atap dengan lantai, maka semakin panas udara yang dirasakan. Hal yang sangat penting adalah ternyata atap masih memberikan rasa panas yang masuk sampai ke dalam rumah. Oleh sebab itu, penting untuk mengaplikasikan peredam panas atap rumah agar hunian terasa lebih nyaman dan tidak gerah. Meski begitu, Anda harus cermat dalam memilih peredam panas yang cocok untuk huniannya.

Lalu, apa sajakah bahan yang efektif sebagai peredam panas atap rumah?

  1. Polyester
    Jenis peredam panas atap rumah pertama, sekaligus yang paling populer di masyarakat adalah polyester. Varian polyester yang sering digunakan orang – orang adalah polyester R3.5. Bahan ini sudah terbukti sangat ampuh untuk mengatasi serapan panas yang berlebihan. Hingga saat ini bahan tersebut sudah sering digunakan untuk gedung bertingkat, gedung satu lantai dan berbagai fasilitas umum lain. Tapi tidak masalah jika akan digunakan untuk rumah dengan desain rumah minimalis.
  2. Aluminium Foil
    Tidak cuma efektif sebagai bahan pembuat alat elektronik dan pelapis makanan di microwave, aluminium foil ternyata sangat cocok, lho, digunakan sebagai jenis peredam panas atap rumah. Hal ini disebabkan oleh sifat aluminium foil yang tahan terhadap suhu panas. Selain itu, aluminium foil juga ampuh menghalau sinar UV dari matahari. Dan bahan ini sangat baik digunakan pada atap seng.
  3. Bubble Foil
    Buble foil bisa jadi salah satu peredam panas yang menjadi modifikasi dari alumunium foil. Selain efektif sebagai peredam panas atap rumah, jenis yang satu ini juga terbilang cukup murah. Ditambah lagi, bahan yang terkandung di dalam bubble foil tidak mengandung racun yang berbahaya dan dapat menyerap panas dengan sangat baik sehingga rumah semakin sejuk.
  4. Polyurethane Foam
    Foam ini bukanlah foam biasa, melainkan cairan polyurethane yang berbentuk seperti foam agak padat yang berfungsi untuk penahan panas. Menariknya lagi, polyurethane foam sendiri diklaim tahan segala cuaca dan tidak mudah rusak cocok untuk semua jenis atap, baik seng, beton, kayu, asbes, genteng, metal, dll.

    Bahan ini memiliki tekstur cairan yang agak padat sehingga bisa menyerap panas lebih kuat. Bahan penyerap panas untuk atap ini bisa digunakan dalam waktu yang lama karena tidak akan rusak jika sudah terkena panas atau cuaca hujan dalam waktu lama. Hal yang lebih menarik dari bahan ini adalah bisa digunakan dengan sangat mudah cukup dengan menyemprotkan ke lapisan luar ke berbagai jenis atap. Jadi sangat sesuai untuk berbagai jenis jenis rumah tinggal.

 

Itulah beberapa referensi peredam panas atap rumah terbaik agar rumah semakin sejuk. Dengan memasang alat peredam panas ini, bisa membuat rumah menjadi sangat nyaman dan tidak terlalu panas. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda yang ingin memasang insulasi atap rumah, ya.

Selamat mencoba!

Source: Google.com



Your Message Has Been Sent..