investasi rumah baru.jpg

SIAP-SIAP UNTUNG! INI 4 TIPS MUDAH INVESTASI RUMAH BARU

 

Mau berinvestasi namun bingung memilih jenis yang tepat dan menguntungkan? Mungkin artikel ini bisa membantu Anda. 

 

Investasi properti, khususnya rumah baru menjadi salah satu bentuk investasi yang populer dan menarik perhatian beberapa tahun belakangan ini.

 

Akan tetapi, seperti halnya investasi lainnya, tentu ada kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli rumah baru sebagai investasi. 

 

 

Baca Juga: Ketahui Tips Jitu Membeli Rumah Pertama

 

 

Apa saja? Berikut beberapa tips, kelebihan, dan kekurangan investasi rumah baru yang perlu Anda ketahui.

 

 

Tips Investasi Rumah Baru

 

investasi rumah baru

 

pexels.com

 

 

Lakukan Riset Terlebih Dahulu

 

Sebelum memutuskan membeli rumah baru dan menjadikannya sebagai investasi, pastikan melakukan riset terlebih dahulu. 

 

Cari tahu lokasi, harga, kondisi pasar, dan potensi keuntungan dari properti tersebut. Perhatikan juga faktor-faktor lain yang mungkin mempengaruhi nilai properti, seperti bagian infrastruktur, aksesibilitas, dan lingkungan sekitar, karena hal ini akan mempengaruhi nilai bangunan Anda. 

 

 

Perhatikan Kondisi Bangunan

 

Lakukan juga pemeriksaan kondisi bangunan sebelum membeli rumah baru. Periksa struktur bangunan, instalasi listrik dan plumbing, serta atap dan dindingnya.

 

Jangan ragu meminta bantuan ahli, karena kondisi bangunan yang buruk akan berdampak pada nilai properti dan berpotensi merugikan Anda sebagai investor. 

 

 

Pertimbangkan Lokasi

 

Lokasi tentunya jadi faktor penting dalam investasi properti. Pilihlah area lokasi yang cukup strategis dan tentunya yang memiliki potensi berkembang di masa yang akan datang.

 

Pertimbangkan aksesibilitas, keamanan, dan ketersediaan fasilitas publik seperti sekolah, rumah sakit, dan pusat perbelanjaan wajib Anda pertimbangkan. 

 

 

Cari Tahu Aturan dan Syarat

 

Tiap kawasan pasti memiliki aturan dan syarat terkait properti. Pastikan anda mengetahui dan paham aturan tersebut. Tanyakan soal pajak properti, peraturan pembangunan, dan persyaratan izin bangunan.

 

Jangan sampai Anda membeli properti yang menyulitkan Anda di masa depan. 


 

Kelebihan Investasi Rumah Baru

 

investasi rumah baru

 

istockphoto.com

 

 

Potensi Keuntungan yang Tinggi

 

Investasi pada properti memang menjanjikan dan berpotensi untung di masa depan. Nilai bangunan cenderung meningkat dari waktu ke waktu, khususnya di lokasi yang berkembang dan terus bertumbuh.

 

 

Aset yang stabil

 

Rumah baru juga merupakan aset yang stabil karena nilainya tidak mudah terdepresiasi atau menurun. Bahkan dalam kondisi perekonomian yang sulit, harga properti masih dapat bertahan stabil atau bahkan bisa meningkat.

 

 

Sebagai Penghasilan Pasif

 

Investasi tentunya dimaksudkan untuk memberikan keuntungan bagi investornya. Investasi jenis ini juga bisa menjadi penghasilan pasif untuk Anda, melalui penyewaan properti. Jika Anda memiliki bangunan yang strategis dan diminati oleh penyewa potensial, Anda bisa menambah pendapatan dari sewa tersebut.

 

 

Fungsi utama sebagai tempat tinggal

 

Investasi properti juga dapat digunakan sebagai tempat tinggal untuk Anda dan keluarga tercinta. Memiliki rumah, apalagi di kota besar dapat membantu Anda mengurangi biaya sewa. 

 

 

Kekurangan Investasi Rumah Baru

 

investasi rumah baru

 

istockphoto.com

 

 

Perlu Modal Besar

 

Investasi rumah tentunya memerlukan modal yang besar. Anda harus membayar uang muka, biaya notaris, pemindahan hak milik, renovasi, dan biaya tambahan lainnya. Itu sebabnya, jika ingin mencoba investasi jenis ini pastikan memiliki modal yang cukup. 

 

 

Perlu Perawatan dan Pemeliharaan yang Rutin

 

Rumah baru sebagai investasi juga perlu perawatan dan pemeliharaan yang rutin, seperti perbaikan dan perawatan bangunan, instalasi listrik dan keamanan properti. Biaya perawatan dan pemeliharaan ini dapat menambah pengeluaran Anda.

 

 

Tidak Fleksibel

 

Walau menguntungkan, jenis investasi ini termasuk tidak fleksibel. Anda tidak dapat mudah menjual properti jika nilai properti turun atau saat membutuhkan uang secara mendadak. Karena berpotensi membuat Anda rugi jika menjual properti dengan terburu-buru. 

 

 

Rentan Terkena Risiko Pasar

 

investasi rumah baru

 

istockphoto.com

 

Investasi properti juga mudah rentan terkena risiko pasar, seperti fluktuasi harga properti, perubahan permintaan pasar, dan perubahan regulasi. Jadi pertimbangkan risiko ini sebelum memutuskan melakukan investasi.

 

 

Kesimpulan

 

Investasi properti menjadi salah satu investasi yang menguntungkan. Walau begitu, perhitungkan kelebihan dan kekurangannya sebelum memutuskan untuk membeli. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

 

Ingin membangun atau merenovasi hunian? Butuh material terbaik dan berkualitas sesuai standar struktur konstruksi aman dan juga nyaman? Pastikan untuk memilih produk baja ringan dari BLKP.

 

Di BLKP, terdapat berbagai pilihan produk baja ringan yang terjamin kualitas dan mutunya karena sudah berstandar SNI, ISO 9001-2015, uji lab ketahanan produk hingga 4 tahun garansi warna serta tersertifikasi TKDN 22 – 34981. 

 

Tertarik dengan produk baja ringan yang diproduksi BLKP? silahkan untuk Hubungi Kami.

 

Semoga ide-ide di atas dapat menginspirasi Anda ya! 

 

***

Temukan juga informasi menarik lainnya hanya di blog BLKP. 

 



Artikel Populer

Tidak ada artikel popular.
Your Message Has Been Sent..