5+ ALASAN PENTING HARUS MEMILIH MATERIAL RAMAH LINGKUNGAN

Alasan Memilih Material Ramah Lingkungan

Memiliki rumah yang ramah lingkungan menjadi perhatian sendiri bagi sebagian orang. Terlebih kesadaran yang tinggi mengenai kerusakan lingkungan bisa membuat banyak pihak memikirkan berbagai cara untuk menyelamatkan lingkungan. Salah satunya membangun rumah dengan prinsip eco-friendly. Selain itu, sang penghuni juga dapat mendapatkan manfaat kesehatan yang lebih baik.
 

BACA JUGA : BAJA RINGAN RAMAH LINGKUNGAN? COBA, SIMAK 3 TIPS INI
 

Salah satunya pemilihan material yang digunakan menjadi salah satu pertimbangan penting dalam membangun rumah. Sebab, kondisi lingkungan yang menuntut kita agar lebih bijak dalam mengelola material menjadi barang yang layak untuk digunakan agar tidak menimbulkan pencemaran berlebih. Seperti atap ramah lingkungan atau disebut dengan atap go green yang salah satu inovasi penutup atapnya gelombang terbuat dari formula atap baja ringan sehingga dapat mendukung prinsip tersebut. Dikarenakan formula atap tersebut berbeda dengan penutup atap bergelombang lainnya. Lalu, apa saja yang menjadi alasan penting dalam memilih material rumah ramah lingkungan?
 

Alasan Penting Dalam Memilih Material Ramah Lingkungan
 

  1. Mengurangi Dampak Kerusakan Terhadap Lingkungan
    5+ Alasan Penting Harus Memilih Material Ramah Lingkungan

Penggunaan bahan bangunan yang ramah lingkungan, tentu dapat mengurangi kerusakan terhadap lingkungan. Seperti dampak terhadap pencemaran air, tanah dan udara sudah bisa dikurangi secara signifikan. Walaupun masih terbilang sebagai langkah kecil dalam penggunaan material ramah lingkungan, akan menjadi sebuah budaya yang bisa diteruskan kepada generasi penerusnya dan dapat memberikan dampak positif bagi keselamatan lingkungan.
 

  1. Material Ramah Lingkungan Yang Kuat
    5+ Alasan Penting Harus Memilih Material Ramah Lingkungan

Atap ramah lingkungan lebih ringan dibandingkan dengan seng ataupun asbes. Beban yang dapat ditahan bisa mencapai hingga 100 kg, lho! Hal ini dikarenakan gelombang mikro yang terdapat pada permukaan menambah fleksibilitas dan kekuatan pada atap sehingga lebih kuat.
 

  1. Tahan Terhadap Karat
    5+ Alasan Penting Harus Memilih Material Ramah Lingkungan

Bukan hanya lulus uji terhadap pengujian bahan bangunan yang bisa didaur ulang dan bebas racun, melainkan atap go green juga tahan terhadap karat juga. Sehingga atap ini sangat cocok menjadi bagian dalam konstruksi hunian Anda yang berada di wilayah tropis dengan kelembaban udara tinggi.
 

  1. Memiliki Lapisan Anti Sinar UV
    5+ Alasan Penting Harus Memilih Material Ramah Lingkungan

Atap go green dapat memantulkan sinar matahari kembali karena memiliki lapisan anti Sinar UV (Ultra Violet). Bukan hanya mencegah sinar UV masuk ke dalam rumah, melainkan dapat menurunkan suhu di luar ruangan hingga 30%. Sehingga suhu dalam ruangan tidak akan terpengaruh oleh keadaan suhu di luar.
 

  1. Hemat Waktu
    5+ Alasan Penting Harus Memilih Material Ramah Lingkungan

Anda bisa menghemat waktu ketika memilih membangun rumah menggunakan bahan ramah lingkungan. Rumah yang ramah lingkungan relatif lebih cepat dan mudah dalam pembangunan karena ada banyak model dan desain rumah sederhana namun tetap elegan. Anda juga bisa menggunakan jasa desainer rumah agar sesuai dengan keinginan.
 

  1. Pemasangan Yang Mudah
    5+ Alasan Penting Harus Memilih Material Ramah Lingkungan

Pemasangan material ramah lingkungan juga cukup mudah, lho! Sehingga dapat menghemat waktu yang biaya yang dikeluarkan. Pastikan ukuran atap sama, supaya dapat terpasang dengan rapat. Gunakanlah rangka atap baja ringan agar pemasangannya lebih sempurna.
 

  1. Lebih Sehat Bagi Sang Penghuni
    5+ Alasan Penting Harus Memilih Material Ramah Lingkungan

Banyak material bangunan yang dijual kurang baik bagi kesehatan. Misalnya asbes yang dapat mengganggu saluran pernapasan karena cat yang dikenakan mengandung racun serta senyawa lainnya yang membahayakan. Selain itu, material yang tidak ramah lingkungan juga kurang memiliki kemampuan dalam menyalurkan air yang baik. Sehingga sering kita temui sudut – sudut rumah muncul  jamur yang mengganggu.
 

Itulah alasan memilih material rumah yang ramah lingkungan. Selain awet, tentu dapat mengurangi risiko gangguan kesehatan dan pencemaran lingkungan. Dalam membangun rumah menggunakan material ramah lingkungan merupakan salah satu bentuk partisipasi dalam menjaga kelestarian lingkungan. Walaupun dilakukan secara bertahap, kita akan merasakan dampak baik dikemudian hari.
 

Diharapkan dengan adanya rumah ramah lingkungan, manusia akan menjadi lebih sehat, hemat pengeluaran dan aman. Sementara bagi lingkungan, dapat memberikan dampak pada pengurangan polusi. Tertarik untuk menerapkan dan memilih material berkonsep ramah lingkungan?
 

Temukan lebih banyak pilihan rangka atap baja ringan terlengkap di BLKP dan Artikel seputar baja ringan.



Your Message Has Been Sent..