5 KEUNGGULAN PENGGUNAAN DINDING PARTISI BAJA RINGAN

Keunggulan Dinding Partisi Baja Ringan

Dinding partisi menjadi salah satu alternatif terbaik untuk membatasi atau menyekat ruangan yang terlalu besar menjadi beberapa bagian. Namun, masih banyak yang bertanya, bedanya dengan tembok biasa itu apa?
 

BACA JUGA : BAHAYA ATAU ENGGAK, RANGKA BAJA RINGAN SERING BUNYI?
 

Pada dasarnya, tembok biasa ataupun partisi digunakan sebagai penyekat antar ruangan. Namun, tembok memiliki sifat yang permanen dan memiliki struktur sebagai penopang. Sedangkan partisi, tidak terlalu penting dalam menopang seluruh kekuatan bangunan. Dan memiliki sifat lebih fleksibel dan dapat digunakan sebagai pemanis ruangan.

Jenis – Jenis Dinding

  1. Dinding Partisi

Merupakan dinding pemisah antar ruangan yang terbuat dari fiber, fypsum, tripleks atau duplex yang dibentuk menggunakan rangka baja ringan.

  1. Dinding Pembatas

Yaitu untuk menandakan batas lahan atau biasa disebut dengan dinding privasi.

  1. Dinding Penahan

Biasanya digunakan untuk menahan tekanan tanah yang berkontur.

  1. Dinding Struktural

Digunakan untuk menopang atap tanpa menggunakan coran beton pada bagian kolom. Pengerjaannya pun hanya mengandalkan pemasangan batu bata dan semen.

  1. Dinding Non – Struktural

Merupakan dinding yang tidak menopang beban, digunakan sebagai pembatas apabila dinding dirobohkan bangunan tetap berdiri. Material yang dipakai tersebut pada dinding non – struktural adalah batako, bata ringan, kaca dan kayu.

Kelebihan Dinding Partisi Baja Ringan

Terdapat ragam material yang dapat Anda gunakan untuk membuat dinding partisi. Salah satunya adalah menggunakan gypsum dengan rangka baja ringan. Hal tersebut, dapat memiliki ragam keunggulan dalam penggunaan baja ringan sebagai rangka dinding partisi. Diantaranya adalah:

  1. Tahan Terhadap Api

              5 Keunggulan Penggunaan Dinding Partisi Baja Ringan

Salah satu keunggulan baja ringan yaitu tahan terhadap api. Material dari baja ringan sendiri memiliki sistem proteksi yang dapat membuat penyebaran api menjadi terhambat. Oleh karena itu, baja ringan juga memiliki manfaat untuk bangunan yang memiliki daerah rawan cuaca ekstem, seperti badai. Dikarenakan daerah yang memiliki cuaca ekstrem dapat membuat aktivitas seismik tinggi dan memicu terjadinya konsleting. Perlu kita ketahui bahwa dua factor tersebut dapat meningkatkan risiko terjadinya kebakaran.

  1. Tahan Terhadap Karat

              5 Keunggulan Penggunaan Dinding Partisi Baja Ringan

Baja ringan diproduksi oleh BLKP, memiliki ketahanan terhadap karat sangat baik. Dikarenakan material dari baja ringan tersebut terdiri dari 55% Alumunium, 42 – 44% Zinc dan 1 – 1,5% Silikon. Karena memiliki ketahanan terhadap karat, pemakaian baja ringan sangat aman dan lebih tahan lama. Dalam penggunaan dinding partisi menggunakan baja ringan, dapat meminimalisir pengeluaran dan dapat digunakan dalam jangka waktu hingga puluhan tahun.

  1. Mudah Dalam Pemasangan

              5 Keunggulan Penggunaan Dinding Partisi Baja Ringan

Walaupun material tersebut memiliki sifat yang ringan, namun sangat kokoh dalam menopang beban di atasnya. Tentu hal ini sangatlah menguntungkan bagi para aplikator sehingga pemasangannya cukup mudah. Selain itu, pekerjaan juga akan lebih cepat selesai.

  1. Memiliki Tegangan Tarikan Yang Tinggi

              5 Keunggulan Penggunaan Dinding Partisi Baja Ringan

Tegangan tarikan yang tinggi pada baja ringan membuat beban yang ditopangnya menjadi semakin kuat walaupun bebannya pun juga lebih banyak. Hal ini mengingat adanya kekuatan tarikan, sehingga dinding partisi baja ringan mampu menopang penutup partisi dengan baik.
 

Itulah 5 keunggulan penggunaan dinding partisi baja ringan sebagai rangkanya. Walaupun tidak dapat menopang struktur bangunan, namun kekuatan bahan tetap diperlukan. Tak hanya itu saja, aneka baja ringan seperti genteng metal yang dapat mempercantik rumah Anda juga tersedia di BLKP, lho! Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja kunjungi laman BLKP sekarang juga!



Your Message Has Been Sent..