5 MACAM UKURAN BESI HOLLOW DAN FUNGSINYA

Sudah banyak material yang semakin berkualitas dalam dunia konstruksi saat ini. Salah satunya adalah besi Hollow yang memiliki sifat lebih praktis dan tahan lama sebagai penunjuang proses pembangunan. Sehingga semakin banyak disukai dan diincar untuk penggunaan interior atau eksterior rumah. Mungkin beberapa orang masih awam mengenai istilah besi Hollow.
 

BACA JUGA : HOLLOW DALAM DUNIA KONSTRUKSI : PENGERTIAN, TIPE & FUNGSINYA
 

Jenis dari besi Hollow memiliki bentuk seperti sebuah batang yang berongga menyerupai pipa namun bentuknya kotak. Material tersebut terbilang sangat tangguh dan kokoh, sehingga banyak digunakan untuk pemakaian rangka plafon maupun tembok karena kekuatannya. Namun terkadang, masih banyak yang bingung ketika memilih ukuran besi Hollow. Seperti apa macam – macam ukuran besi Hollow dan fungsinya? Simak penjelasan di bawah ini ya!
 

Macam – Macam Besi Hollow

  1. Pagar Rumah
    5 Macam Ukuran Besi Hollow dan Fungsinya

Salah satu yang paling sering digunakan dari besi Hollow yaitu pembuatan pagar minimalis. Selain memiliki nilai keindahan, namun pemasangan besi Hollow dapat dikatakan mudah dan juga memiliki bahan yang kokoh. Berbeda dengan material kayu, besi Hollow tahan terhadap rayap, tidak mudah berkarat dan juga harganya terjangkau. Bahan besi Hollow yang dibutuhkan dalam pembuatan pagar, yaitu berukuran 40 x 40 dengan ketebalan 1.6 mm. Biasanya jenis besi Hollow yang dipakai adalah Hollow Hitam dan Hollow Galvanis.
 

  1. Penggunaan Pintu
    5 Macam Ukuran Besi Hollow dan Fungsinya

Selain pembuatan pagar, besi Hollow juga bisa digunakan sebagai pembuatan pintu rumah. Terdapat dua jenis pintu yang terbuat dari besi Hollow, seperti teralis pintu dan pintu lipat. Anda bisa memanfaatkan pembuatan pintu lipat besi Hollow dipadukan dengan ruangan indoor ataupun outdoor. Sedangkan manfaat dari teralis pintu yaitu untuk menjaga keamanan rumah Anda. Walaupun kedua jenis pintu tersebut memiliki fungsi dan keunggulan masing – masing, namun bahan baku pembuatannya juga bisa menggunakan bahan besi Hollow. Ukuran besi Hollow pada pembuatan pintu biasanya berukuran 20 x 20 dengan ketebalan 1.8 mm. Biasanya jenis besi Hollow yang sering digunakan yaitu Hollow Hitam dan Hollow Galvanis.
 

  1. Tangga Rumah
    5 Macam Ukuran Besi Hollow dan Fungsinya

Selain bisa digunakan pada dua fungsi di atas, yaitu pagar dan pintu. Kali ini besi Hollow sangat dikenal baik dalam pembuatan pegangan tangga. Walaupun sekarang sudah banyak yang tidak menggunakan atau memasang pegangan pada tangga rumah karena ingin menciptakan suasana lebih modern, namun pegangan pada tangga sangat penting untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Apalagi jika di rumah Sobat BLKP memiliki anak kecil, bisa menjadi salah satu langkah untuk mencegah terjadinya orang jatuh dari tangga. Selain itu, pegangan tangga yang dibuat dari besi Hollow juga menciptakan kesan minimalis dan lebih modern pada tangga Anda. Besi Hollow yang digunakan untuk pembuatan pegangan tangga biasanya berukuran 30 x 30 ketebalan 1.2 mm dengan jenis besi Hollow berupa Hollow Galvanis.
 

  1. Kanopi
    5 Macam Ukuran Besi Hollow dan Fungsinya

Salah satu kegunaan besi Hollow yang sering kita jumpai dan pakai yaitu pembuatan kanopi rumah atau bangunan. Kanopi adalah atap yang biasanya dipasang di depan rumah yang memiliki peran sangat penting supaya rumah lebih sejuk dan melindungi air hujan yang membasahi area teras ataupun jendela. Selain itu, pemasangan kanopi juga bisa menambah nilai keindahan sebuah rumah. Seperti kanopi minimalis yang sedang hits seperti sekarang ini. Dikarenakan dapat memberikan kesan yang rapih, modern dan juga mewah. Umumnya besi Hollow yang dibutuhkan untuk pembuatan kanopi yaitu 100 x 50 dengan ketebalan 3 – 4 mm berupa jenis Hollow Hitam.
 

  1. Plafon
    5 Macam Ukuran Besi Hollow dan Fungsinya

Kegunaan besi Hollow yang paling umum digunakan adalah sebagai penggunaan plafon rumah atau yang sering disebut dengan langit – langit. Plafon adalah bagian dari sebuah bangunan yang berada antara batas dinding dengan atap. Pemasangan plafon dapat membantu menjaga lantai dari kebocoran atap yang biasa terjadi ketika musim hujan tiba. Besi Hollow yang biasa dipakai pada pemasangan plafon berukuran 40 x 40 dengan jenis berupa Hollow Galvalum.

 

Bagaimana, Sobat BLKP? Apakah sudah terbayang ingin menggunakan interior rumah dari besi Hollow? Jika Anda tertarik, yuk segera hubungi BLKP untuk menemukan penawaran terbaik dari produk Hollow. Jangan lupa untuk simak artikel menarik lainnya dari BLKP. Anda sedang mencari material terbaik untuk investasi rumah masa depan, bukan? Kunjungi BLKP dan temukan material terbaik sesuai keinginan Anda segera. Silahkan kontak kami untuk konsultasi lebih lanjut mengenai material yang sesuai dengan kebutuhan Anda, kami siap membantu setiap saat!



Your Message Has Been Sent..