5+ ALASAN PENTING K3 DALAM DUNIA KONSTRUKSI

Mungkin Anda sering mendengar pertanyaan mengenai, mengapa keselamatan dan kesehatan kerja begitu penting? Sebetulnya alasan mengapa keselamatan dan kesehatan kerja itu penting dikarenakan setiap pekerja pasti menginginkan lingkungan kerja yang dapat memberikan rasa aman saat bekerja. Apalagi dalam dunia konstruksi yang merupakan pekerjaan berat dan paling berisiko dibandingkan pekerjaan lainnya. Oleh karena itu, penerapan K3 dalam dunia konstruksi sangatlah penting!
 

BACA JUGA : TUKANG ATAU APLIKATOR? MANA YANG LEBIH BAIK?
 

Bagi Anda yang berprofesi dalam bidang konstruksi, mari simak penjelasan di bawah ini mengenai pentingnya K3 dalam dunia konstruksi!

 

Apa Itu K3?

Keselamatan dan Kesehatan Kerja atau yang biasa kita sebut dengan K3 merupakan segala bentuk kegiatan yang untuk melindungi dan menjamin keselamatan dan kesehatan tenaga kerja melalui upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja. Sebenarnya pengaplikasian K3 tidak hanya dalam dunia konstruksi saja, melainkan juga bisa diterapkan pada bidang pekerjaan lainnya. Seperti laboratorium, rumah sakit, dll.

 

Tujuan K3

Tujuan K3 diberlakukan adalah untuk melindungi tenaga kerja dari risiko kecelakaan saat bekerja. Namun, secara garis besar tujuan adanya K3 dalam dunia kerja mencangkup ke dalam tiga aspek, yaitu:

- Meningkatnya efektivitas perlindungan kesehatan dan keselamatan kerja yang terukur, terencana dan terstruktur.
 

- Mengurangi dan mencegah kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja dengan melibatkan unsur manajemen, buruh/pekerja, dan/atau serikat buruh/serikat pekerja.
 

- Menciptakan tempat kerja yang nyaman, aman dan efisien untuk mendorong produktivitas.
 

Selain itu, tujuan dari K3 bukan hanya untuk memberikan keamanan dan perlindungan terhadap tenaga kerja yang berada di tempat kerja, melainkan juga mengendalikan risiko terhadap aset, peralatan dan sumber produksi lainnya yang dapat digunakan secara efisien dan aman agar terhindar dari kecelakaan kerja.

 

Faktor Terjadinya Kecelakaan Kerja

Dalam menjalankan pekerjaan sehari – hari, baik karyawan maupun perusahaan harus paham apa saja faktor penyebab kecelakaan kerja terjadi. Faktor kecelakaan kerja dibagi menjadi tiga kategori, yaitu:

- Faktor Teknis : meliputi berbagai alat – alat yang digunakan saat bekerja hingga kondisi tempat kerja. Misalnya, meledaknya bahan kimia yang mudah terbakar.
 

- Faktor Non-Teknis : biasanya berhubungan dengan kemampuan tenaga kerja, seperti lalai dan kurang keahlian. Misalnya, cedera tertimpa bahan bangunan dikarenakan tidak menggunakan peralatan keselamatan kerja.
 

- Faktor Alam : biasanya berhubungan dengan fenomena alam, seperti banjir, angin puting beliung, gempa bumi dan bencana alam lainnya. Misalnya, pandemi COVID-19 yang saat ini sedang melanda.

 

Alasan Penting K3 Dalam Dunia Konstruksi

Keselamatan dan kesehatan kerja merupakan prioritas paling utama dalam sebuah lingkungan kerja. Berikut ini alasan mengapa K3 itu penting dalam dunia konstruksi:

 

  1. Berupaya Dalam Menjaga Reputasi Perusahaan

5+ Alasan Penting K3 Dalam Dunia Konstruksi

Apabila perusahaan tidak memiliki tunjangan keselamatan dan kesehatan kerja yang terjamin, maka kekurangan perusahaan bisa saja muncul dalam dunia maya. Apabila perusahaan memiliki tunjangan keselamatan dan kesehatan kerja yang baik, maka reputasi perusahaan juga semakin meningkat dan semakin bagus. Sehingga tidak jarang semakin banyak kandidat yang tertarik untuk melamar diperusahaan tersebut karena keunggulan dari reputasi tersebut. Contohnya BLKP yang semakin banyak dicari dan diminati.

 

  1. Membuat Karyawan Lebih Sadar Akan Risiko dan Bahaya

5+ Alasan Penting K3 Dalam Dunia Konstruksi

Pasti ada beberapa karyawan yang tidak peduli akan risiko dan bahaya di tempat bekerja. Dengan cara menekankan peraturan mengenai keselamatan kerja, diharapkan akan membuat karyawan lebih sadar akan hal tsb. Sehingga dapat membantu perusahaan untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan saat bekerja. Bukan untuk pekerja lapangan saja, melainkan karyawan yang bekerja di kantor pun juga. 

 

Terdapat beberapa risiko keselamatan dan kesehatan kerja yang biasa mengintai, seperti cedera punggung akibat terlalu lama duduk, terjatuh dan mata lelah akibat bekerja terlalu lama di depan komputer dan gangguan pernapasan akibat udara dalam ruangan buruk.

 

  1. Mengurangi Stress Karyawan

5+ Alasan Penting K3 Dalam Dunia Konstruksi

Dengan adanya penerapan keselamatan dan kesehatan kerja, karyawan juga harus lebih menjaga kesehatan dan mentalnya. Apabila jam kerja terlalu panjang dan jadwal lembur banyak, maka bisa mengakibatkan karyawan stress dan menimbulkan berbagai penyakit fisik maupun mental.

 

  1. Meningkatkan Kinerja Karyawan

5+ Alasan Penting K3 Dalam Dunia Konstruksi

Keselamatan dan kesehatan kerja yang baik dan terjamin mampu meningkatkan performa kerja karyawan. Hal ini disebabkan oleh tunjangan tersebut mampu meningkatkan lingkungan kerja yang lebih nyaman. Rasa nyaman itu lah yang mampu membuat karyawan bekerja lebih disiplin dan gigih sehingga produktivitas dan performa karyawan secara otomatis akan meningkat.

 

  1. Loyalitas Karyawan Meningkat

5+ Alasan Penting K3 Dalam Dunia Konstruksi

Memperhatikan keselamatan dan kesehatan kerja juga dapat meningkatkan loyalitas karyawan kepada perusahaan. Sehingga karyawan akan merasa lebih bahagia di tempat kerjanya.

 

  1. Menaati Prinsip Corporate Social Responsibility (CSR)

5+ Alasan Penting K3 Dalam Dunia Konstruksi

Manajemen keselamatan dan kesehatan kerja dapat membantu mensejahterakan sosial, fisik dan juga mental karyawan. Sehingga perusahaan dapat memberikan kontribusi baik bagi kesejahteraan masyarakat dan juga memastikan kepatuhan terhadap hukum yang berlaku.

 

  1. Menarik Potensi Masa Depan

5+ Alasan Penting K3 Dalam Dunia Konstruksi

Memberi perhatian terhadap keselamatan dan kesehatan kerja bisa mempengaruhi potensi bisnis di masa depan, lho! Sehingga perusahaan lain akan jauh lebih tertarik dan percaya untuk bekerja sama dengan perusahaan yang memiliki sistem manajemen efektif, terutama dalam hal keselamatan dan kesehatan kerja.

 

Nah, dengan penjelasan di atas tidak diharapkan hanya menjadi rangkaian kalimat sementara saja. Melainkan sebagai pengingat bagi kita semua betapa pentingnya sistem keselamatan dan kesehatan kerja bagi seluruh sektor usaha.


Yuk, jangan sepelekan penerapan K3 di kantor Anda! Dan jangan lupa untuk selalu menggunakan bahan bangunan berkualitas dari BLKP yang sudah teruji dan terbukti kualitas mutu barangnya dan sudah sesuai dengan standar SNI. Rumah yang nyaman, dibangun dari material yang berkualitas.



Artikel Populer

Your Message Has Been Sent..