HOLLOW DALAM DUNIA KONSTRUKSI : PENGERTIAN, TIPE & FUNGSINYA

Hi sobat BLKP,

 

Pernah mendengar istilah hollow, besi hollow, pipa hollow atau pipa kotak besi? Bagi para kontraktor bangunan tentunya istilah tersebut tidak asing didengar. Namun bagi masyarakat umum, ada beberapa orang yang tidak begitu familiar dengan istilah tersebut.

 

Nama besi - besi tersebut sebenarnya adalah nama lain dari besi hollow lho! Lalu, apa sih sebenarnya besi hollow itu? Pada pembahasan kali ini, admin akan membahas secara lengkap mengenai besi hollow, jenis - jenis besi hollow dan spesifikasinya serta fungsi dari besi hollow tersebut. Simak ulasan lengkapnya dibawah ini ya!

 

 

Apa itu Besi Hollow?

apa itu hollow

 

Hollow adalah kata dalam bahasa inggris yang artinya rongga. Dikatakan besi hollow karena bentuknya yang menyerupai pipa panjang yang berongga dengan diameter berbentuk segi empat sehingga banyak yang menyebutnya dengan sebutan pipa yang berbentuk kotak. Hollow ini termasuk salah satu kategori barang jadi baja ringan bernama partitioning di BLKP.

 

Kalau berbicara mengenai keunggulan, besi hollow ini memiliki banyak sekali keunggulannya. Selain sebagai penopang plafon atau atap, besi hollow juga banyak dimanfaatkan sebagai salah satu bahan bangunan untuk membuat rangka kanopi, pagar, railing (media pengaman pada rumah bertingkat), teralis yang minimalis dan lain sebagainya. Besi hollow juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan utama untuk pemasangan panel gypsum dan panel GRC.

 

Selain itu, karena bentuknya seperti pipa kotak yang tegak, banyak kontraktor bangunan yang memanfaatkannya sebagai material dalam rumah (interior) dan furniture yang bergaya minimalis seperti yang saat ini sedang populer digunakan oleh banyak pemilik rumah.


 

Tipe - Tipe Besi Hollow dan Spesifikasinya

apa itu hollow

 

Setelah mengetahui tentang pengertian dari besi hollow, ini saatnya kamu untuk mengetahui tentang tipe - tipe besi hollow dan juga spesifikasinya. Berikut ini adalah 4 (empat) tipe besi hollow yang wajib kamu ketahui :

 

 

Besi Hollow Hitam

Alasan kenapa disebut dengan nama besi hollow hitam? Karena besi hollow satu ini memiliki permukaan yang berwarna hitam cenderung keabu-abuan. Besi hollow hitam terbuat dari plat berwarna hitam yang berbahan dasar baja canai panas (hot - rolled­ steel).

Besi Hollow hitam ini merupakan salah satu produk dengan menggunakan material yang paling standar dan banyak digunakan serta ditemui di pasaran. Selain itu, besi hollow hitam memiliki variasi ukuran dan terlengkap apabila dibandingkan dengan jenis besi hollow lainnya.

 

Besi hollow hitam ini dimanfaatkan untuk pembuatan pagar rumah, pengaman pada rumah bertingkat, dan pembuatan kanopi. Banyak juga industri karoseri yang menggunakannya untuk membuat ban truk.

 

Meskipun begitu, besi hollow hitam ini sangat mudah untuk berkarat, sehingga dalam penggunaannya  besi hollow hitam ini harus dilapisi lagi dengan cat untuk hasil akhirnya.


 

Besi Hollow Galvanize

Besi hollow yang paling populer digunakan dibandingkan dengan besi hollow lainnya adalah besi Hollow Galvanize. Seperti namanya, besi hollow galvanize ini terbuat dari plat baja galvanize yang diklaim tahan terhadap karat atau korosi. Pada umumnya, material baja yang berbahan dasar galvanize terbuat dari material canai panas (hot rolled) dan canai dingin (cold rolled) yang lapisannya dilapisi oleh galvanize.

 

Baca Juga : 4 Pemicu Korosi pada Baja Ringan

 

Lapisan dari material galvanize ini mengandung zinc coating sebesar 97% dan mengandung kadar aluminium dan zat lainnya sebanyak 3%. Karena sifatnya yang tahan terhadap karat, besi hollow galvanize ini lebih disukai para kontraktor bangunan atau pemilik rumah untuk membuat interior atau eksterior rumah. Namun meskipun begitu, besi hollow galvanize ini masih perlu ditambahkan lapisan cat anti karat.


 

Besi Hollow Galvalume

Tidak berbeda jauh dengan besi hollow galvanize, besi hollow galvalume juga mempunyai lapisan luar, hanya saja kandungannya yang berbeda. Jika di besi hollow galvanize mengandung zinc lebih banyak, berbeda dengan besi hollow galvalume yang mengandung aluminium sebesar 55%, zinc sebesar 43,4% dan silikon sebesar 1,6%. 

 

Jika dilihat sekilas, memang lapisan antara besi hollow galvanize dengan besi hollow galvalume memiliki tampilan yang serupa, namun motif kristal yang terdapat pada lapisan galvalume kelihatan lebih kecil dan lebih tertutup apabila dibandingkan dengan lapisan galvanize.

 

Kalau soal ketahanan terhadap karat, besi hollow galvalume cenderung lebih baik, namun sayangnya lebih sensitif terhadap goresan. Selain itu, besi hollow galvalume tidak tahan terhadap semen, sehingga sering mengalami pelapukan. 



 

Besi Hollow Gypsum

Besi hollow yang keempat adalah besi hollow gypsum. Besi hollow jenis ini merupakan salah satu material bahan bangunan yang paling banyak diminati karena sifatnya yang sangat kokoh, ringan, tahan lama (kualitasnya lebih baik daripada material kayu), dan lebih aman dari serangan rayap. Besi hollow ini banyak dimanfaatkan dalam pembuatan rangka plafon untuk rumah dan gedung.

 

Bahan dasar untuk pembuatan besi hollow gypsum adalah material besi dengan spesifikasi lapisannya yang terdiri dari stainless dan meni (pigmen zinc anti karat). Lapisan cat yang terdapat pada besi hollow gypsum yang umum digunakan adalah cat yang berwarna merah atau hijau. Ukuran besi hollow gypsum pun sangat beragam, mulai dari 0,3 mm sampai dengan 0,4 mm.


 

Fungsi Besi Hollow

apa itu hollow

 

Seperti yang kita sudah ketahui bersama, besi hollow banyak digunakan sebagai salah satu penopang plafon rumah. Namun tahukah kamu? bawah besi hollow ini juga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan - kebutuhan lainnya lho, seperti sebagai bahan dasar untuk membuat rangka pagar, teralis dengan bentuk yang minimalis, kanopi dan lain sebagainya.

 

Berikuti ini adalah fungsi besi hollow yang perlu kamu ketahui beserta ukurannya :

- Besi hollow dengan ukuran diameter 40 x 40 mm digunakan untuk rangka plafon

- Besi hollow dengan ukuran diameter 40 x 40 mm atau 50 x 100 mm dengan ketebalan sebesar 1.6 mm digunakan untuk railing pagar

- Besi hollow berukuran diameter 30 x 60 mm dengan ketebalan sebesar 1.2 mm digunakan untuk railing tangga

- Besi hollow berukuran diameter 36 x 36 mm digunakan untuk furniture industri.


 

Kesimpulan

Setelah mengetahui pengertian dari apa itu hollow, tipe - tipe hollow dan fungsi dari hollow, apakah sekarang kamu sudah lebih paham sobat BLKP? Jadi ketika kamu ingin membeli besi hollow, kamu wajib nih memperhatikan kualitas maupun spesifikasi dari besi hollow tersebut, hal ini dikarenakan kualitas produk dari setiap pabrik pasti tidak akan sama. 


Semoga informasi yang admin berikan bermanfaat ya! Oya, bagi kamu yang sedang mencari material bahan bangunan untuk membuat rumah, BLKP menyediakan banyak barang jadi (finish good) berbahan dasar baja ringan (seperti: genteng metal, spandek, talang air, floordeck, hollow, truss, dan lain sebagainya) dan bahan baku (raw material berbahan baja ringan (seperti: galvalume, galvanize dan pre painted galvalume).



Your Message Has Been Sent..