APA SAJA PERBEDAAN BAJA DAN BESI?

Baja dan besi merupakan material yang cukup tersohor dalam dunia konstruksi. Dikarenakan kedua material tersebut terkenal dengan ke-kokohannya dalam berbagai pembangunan, seperti gedung, kendaraan, jembatan hingga tempat tinggal. Sehingga seringkali banyak yang mengira bahwa baja dan besi itu sama, apabila hanya dilihat secara sekilas saja.
 

Padahal keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan, baik dari segi penggunaan maupun karakteristiknya. Dalam segi penggunaan, baja dan besi juga memiliki perbedaan, lho. Jadi, jangan sampai salah pasang ya, Sobat BLKP!
 

BACA JUGA : BAGAIMANA CARA MEMBEDAKAN BESI DAN BAJA?
 

Pengertian Baja dan Besi

- Baja merupakan logam yang dihasilkan dari perpaduan beberapa logam lainnya. Meliputi besi, mangan, karbon, sulfur, fosfor, silikon dan beberapa bagian kecil dari Alumunium, oksigen dan nitrogen. Karakteristik dari baja disebabkan dari pemakaian bahan – bahan tambahan yang berbeda, seperti titanium, nikel, boron, vanadium, krom, molydenum dan niobium.
 

Sebenarnya pemakaian karbon dalam proses pembuatan baja, bertujuan untuk meningkatkan kekuatan tarik dan kekerasannya. Kandungan unsur karbon dalam baja memiliki kisaran antara 0.2 – 2.1% sesuai dengan mutu. Unsur karbon pada baja biasanya disebut dengan baja karbon atau baja hitam yang biasa digunakan untuk membuat alat – alat pertukangan, seperti linggis, cangkul, sabit dll. Hingga saat ini, tidak heran baja menjadi salah satu material yang paling banyak digunakan dalam dunia konstruksi.
 

- Besi merupakan unsur ke 4 paling besar yang membentuk sebagian besar bagian inti luar dan dalam bumi. Unsur tersebut bersifat reaktif terhadap air dan oksigen sehingga memiliki permukaan berwarna abu – abu keperakan. Tapi, warna tersebut dapat berubah apabila mengalami oksidasi yang mengakibatkan besi berkarat.
 

Besi terbuat dari bijih besi yang kemudian diolah menjadi besi kasar hingga besi tuang. Selanjutnya, besi digunakan sebagai bahan baku utama dalam pembuatan baja. Sehingga tidak heran apabila baja dan besi memiliki wujud yang sangat mirip.
 

Perbedaan Baja dan Besi

Jika Anda sudah mengetahui pengertian baja dan besi, serta bahan pembuatannya. Selanjutnya, Anda juga harus memahami apa saja perbedaan baja dan besi secara rinci. Agar Anda tidak salah dalam memilih salah satu material tersebut karena pertimbangan harga. Yuk, simak penjelasan perbedaan baja dan besi di bawah ini!
 

  1. Suara Yang Dihasilkan
    Apa Saja Perbedaan Baja dan Besi?

Apabila material baja diketuk, maka akan menghasilkan bunyi nyaring. Seperti pagar rumah. Sedangkan jika material besi diketuk, maka tidak akan menghasilkan bunyi nyaring. Seperti mengetuk blok mesin pada sebuah kendaraan bermotor, maka bunyi tidak akan terdengar atau timbul. Hal ini disebabkan karena besi mampu meredam getaran suara karena memiliki sifat logam yang dapat meredupkan getaran. Sehingga material besi banyak diaplikasikan pada blok mesin agar tidak menerima getaran secara berlebihan.
 

  1. Berdasarkan Karakteristik
    Apa Saja Perbedaan Baja dan Besi?

Apabila diperhatikan secara detail, baja dan besi memiliki karakteristik yang berbeda. Hal ini dipengaruhi oleh bahan – bahan yang digunakan dalam pembuatannya sehingga sangat berpengaruh pada karakteristiknya. Baja memiliki sifat tahan rayap dan anti karat, sehingga dapat disimpan dalam waktu lama. Sedangkan besi memiliki sifat mudah berkarat, sehingga tidak dapat disimpan dalam waktu lama dan juga tidak bisa sembarangan dalam penyimpanannya.
 

Meskipun begitu, besi memiliki tingkat elastisitas lebih tinggi dibandingkan baja yang cenderung kaku. Sementara itu, baja yang mengandung karbon memiliki daya tarik dan tingkat kekerasan lebih baik. Baja juga memiliki kekuatan 1.000 kali lipat lebih baik dibandingkan dengan besi dan juga memiliki daya redam kecil.
 

  1. Bagian Permukaan
    Apa Saja Perbedaan Baja dan Besi?

Dari segi permukaan, baja dan besi juga memiliki perbedaan. Apabila besi dipakai dalam waktu cukup lama, karat akan muncul pada bagian permukaannya. Sementara itu, permukaan baja tidak akan karatan dan tetap terlihat mengkilat walaupun sudah dipakai dalam kurun waktu yang cukup lama.
 

  1. Segi Penggunaan
    Apa Saja Perbedaan Baja dan Besi?

Dalam segi penggunaan, besi dikenal sebagai salah satu material bahan bangunan. Selain itu, besi juga dapat dijadikan sebagai peralatan rumah tangga dan kendaraan. Sama hal nya seperti besi, baja juga bisa digunakan sebagai material bangunan dan juga dapat digunakan sebagai pembuatan rel kereta api dan pembuatan mobil. Baja juga bisa lho, digunakan untuk pembangunan jembatan, jalan dan berbagai peralatan rumah tangga lainnya.
 

  1. Ketersediaan
    Apa Saja Perbedaan Baja dan Besi?

Besi merupakan material yang tersedia dari alam secara natural. Sementar baja, merupakan produk yang harus dibuat terlebih dahulu ketersediaan bahannya.
 

  1. Segi Harga
    Apa Saja Perbedaan Baja dan Besi?

Dikarenakan baja memiliki ketahanan yang sangat baik, maka harga baja bisa dibilang lebih mahal dibandingkan dengan harga besi. Dikarenakan proses pembuatan baja membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan dengan besi. Sehingga hal tersebut membuat harga baja mahal daripada besi.
 

  1. Percikan Bunga Api
    Apa Saja Perbedaan Baja dan Besi?

Terdapat perbedaan ketika baja dan besi dipotong menggunakan gerinda. Apabila besi dipotong, akan mengeluarkan bunga api yang cukup banyak dan besar. Sedangkan apabila baja dipotong, bunga api yang dikeluarkan lebih kecil dan sedikit. Hal tersebut menandakan nilai kandungan karbon yang terdapat pada suatu logam. Semakin tinggi karbon, maka semakin besar juga bunga api yang dihasilkan. Begitu pun sebaliknya.
 

Itulah penjelasan mengenai perbedaan baja dan besi mulai dari bahan, suara dan juga harganya. Apabila Anda sudah memahami perbedaan baja dan besi, pastinya Anda sudah tidak akan kesulitan dalam memilih material yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, agar Anda semakin mudah dalam membeli baja, Anda bisa menghubungi BLKP untuk memilih dan menentukan baja ringan berkualitas sesuai dengan kebutuhan Anda.



Your Message Has Been Sent..