BAGAIMANA CARA MEMBEDAKAN BESI DAN BAJA?

Seringkali kita rancu dalam pengartian besi dan baja. Saat kita melihat jembatan dengan struktur dari logam yang kokoh, kita langsung menyebutnya sebagai jembatan besi. Atau saat melihat Menara Eiffel ataupun tiang listrik penyangga Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTET), kita langsung menyebutnya sebagai menara besi. Padahal besi dan baja itu adalah bahan atau material yang berbeda rupa, karakter, dan sifatnya.

Besi dan baja merupakan jenis logam yang serupa namun bisa dikatakan berbeda atau tak sama. Besi dan baja masuk ke dalam logam jenis ferrous atau logam dengan bahan dasar Fe. Banyak dari kita yang bingung membedakan antara besi dengan baja. Besi adalah unsur murni yang ada dengan sendirinya sedangkan baja adalah salah satu logam campuran besi (alloy).

Lalu, apa sih perbedaan mendasar dari logam besi dan baja?

  1. Dengan Cara Memukulnya
    Cara yang paling mudah untuk membedakan material besi atau baja. Jika material baja dipukul, maka akan menghasilkan bunyi yang nyaring. Namun berbeda dengan material besi,  jika dipukul tidak menghasilkan bunyi yang nyaring dan seperti teredam oleh sesuatu hal. Hal tersebut terjadi karena pada besi terdapat grafit yang dapat meredam getaran. Oleh karena itu, material besi banyak digunakan pada blok mesin yang diperuntukkan agar blok mesin tidak menerima getaran terlalu berlebihan.
  2. Kandungan Karbon
    Jika dilihat secara mikro, material besi dan baja tidak hanya tersusun oleh Fe saja, namun terdapat karbon didalamnya. Di mana material dikatakan baja jika memiliki kandungan karbon kurang dari 2%, sedangkan untuk kadar karbon lebih dari 2% dikatakan besi. Pada baja, karbon akan larut di dalam Fe membentuk fasa ferit (α)/Fe3C dengan bentuk lamellar atau sering disebut fasa perlit. Sedangkan pada besi, karbon akan membentuk grafit yang bebas.
  3. Sifat Mekanis
    Besi memiliki sifat yang rapuh/getas. Berbeda jika dibandingkan dengan baja yang memiliki keuletan dan tinggi sehingga baja termasuk material yang tangguh dan tidak mudah patah.
  4. Perbedaan Lainnya
    Temperatur yang diperlukan untuk melebur baja sekitar lebih dari 15.500 C. Sedangkan untuk besi yaitu 1.300-14.000 C. Jika dilakukan pemotongan dengan menggunakan gerinda pada baja akan dihasilkan bunga api yang sedikit jika dibandingkan dengan besi.

 

Tabel Perbedaan Besi dengan Baja:

 

Besi

Baja

Pembentukan

Unsur Murni

Terbuat dari besi dan karbon.

Jenis

Besi cor, Besi Tempa dan Baja.

Karbon metalik dan logam campuran

Terhadap Karat

Dengan cepat akan teroksidasi dan kemudian berkarat pada akhir prosesnya.

Memiliki elemen yang sama sekali berbeda yang mempertahankannya dari kerusakan seperti besi murni.

Permukaan

Permukaannya berkarat

Permukaannya tetap mengkilat.

Penggunaan

Untuk bangunan, perangkat dan peralatan serta kendaraan

Untuk bangunan, kereta api, mobil, dan konstruksi.

Keberadaan

Tersedia di alam secara natural.

Ketersediaannya harus dibuat lebih dahulu.

 

Sumber: dari berbagai sumber.



Your Message Has Been Sent..