CARA MENGHITUNG KEBUTUHAN GENTENG METAL PADA ATAP PELANA

Atap adalah salah satu struktur bangunan yang sangat krusial berfungsi untuk melindungi penghuni rumah maupun interior yang ada di bawahnya, terutama dalam pemasangan genteng metal untuk pembuatan atap pelana. Hal pertama yang harus Anda siapkan untuk keperluan atap adalah menyiapkan budget.
 

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa genteng metal sudah banyak diaplikasikan disetiap bangunan. Sehingga genteng metal menjadi solusi dalam setiap hunian dan menggantikan posisi genteng tanah liat yang pernah populer lebih dulu. Perubahan tersebut dipengaruhi dengan adanya beberapa kelebihan dari penggunaan genteng metal dibandingkan dengan tanah liat atau material atap konvensional lainnya.
 

Seperti tahan terhadap karat, tahan rayap, kokoh, tahan lama hingga mampu meredam suara dan panas. Apabila Anda ingin menggunakan genteng metal sebagai pelindung rumah, tidak ada salahnya untuk mengetahui kebutuhan genteng metal pada atap pelana. 
 

Dengan perhitungan yang tepat, tentunya akan mewujudkan pengalokasian dana secara lebih tepat. Oleh sebab itu, sangat perlu untuk memperhatikan material dan jenis atap apa yang akan Anda gunakan. Jangan sampai menyesal dikemudian hari!
 

Cara Menghitung Genteng Metal Pada Atap Pelana
Cara Menghitung Kebutuhan Genteng Metal Pada Atap Pelana

Pengaplikasian atap pelana dalam setiap hunian, khususnya rumah-rumah di Indonesia kini semakin populer karena memiliki beberapa keunggulan. Seperti memiliki bentuk yang sederhana hingga proses pembuatannya pun menjadi lebih mudah. Selain itu, kebutuhan genteng pada atap pelana lebih sedikit karena hanya dipasang pada dua sisi bidang yang miring.
 

Baca Juga : Ini Dia Cara Mudah Membangun Rumah Idaman
 

Jika diperhatikan dengan seksama, struktur pada atap pelana terdiri dari dua bidang berbentuk persegi panjang yang disebut sebagai tembereng. Selanjutnya, terdapat dua bidang segitiga sama sisi yang dikenal dengan sebutan gunungan. Apabila menggunakan genteng metal sebagai atap pelana, maka susunannya akan berada di atas tembereng hingga tertutup sempurna.
 

Oleh karena itu, sebelum mulai menghitung berapa kebutuhan genteng metal pada atap pelana, sebaiknya hitung terlebih dahulu luas atap rumah Anda.
 

Mari kita ambil contoh, apabila terdapat sebuah atap rumah berukuran panjang 10 meter dan dan memiliki lebar 8 meter. Maka, luasnya dapat Anda hitung menggunakan rumus Panjang X Lebar, yaitu 10m x 8m = 80 meter persegi pada setiap sisinya. Sementara itu, luas total kedua sisi atap adalah 80 meter x 2 = 160 meter persegi.
 

Umumnya, setiap lembar Genteng Metal seperti Genteng Ocean BLKP 2 susun memiliki luas 0,616 m2. Jika membutuhkan setiap 1 m2 genteng, maka dibutuhkan 1,62 lembar genteng BLKP. Jadi, jumlah kebutuhan jenis genteng metal yang dibutuhkan adalah Luas Atap : Luas Genteng = 160 : 0.616 = 259.740 atau sekitar 260 lembar genteng BLKP.
 

Walaupun sudah diperhitungkan sebaik mungkin, alangkah lebih baik untuk membeli genteng metal dengan melebihi sedikit dari perkiraan yang sudah ditentukan. Karena kita tidak akan pernah mengetahui saat proses pemasangannya, apakah ada bagian yang terpotong atau tidak bisa dipakai lagi.
 

Cara Memilih Genteng Metal Yang Tepat
Cara Menghitung Kebutuhan Genteng Metal Pada Atap Pelana

Seperti yang sudah kita bahas mengenai cara menghitung kebutuhan genteng metal pada atap pelana, sebaiknya Anda juga harus mengetahui bagaimana mendapatkan produk genteng metal yang berkualitas. Oleh sebab itu, mari simak langkah-langkah di bawah ini agar Anda tidak salah pilih dalam memilih genteng metal:
 

- Carilah produk yang sudah memiliki merek jelas. Seperti sudah terdapat logo pada setiap produknya.

- Beli produk dengan ketebalan minimal 0.22 mm sesuai dengan standar SNI.

- Produk harus memiliki lekukan yang tegas dan tidak kusut.

- Warna material genteng harus seragam.

- Pilih produk yang pada bagian bawahnya sudah diberi lapisan coating.

- Produk harus memiliki garansi dari pabrik atau pun dari penjualnya.
 

Kesimpulan

Itulah penjelasan lengkap mengenai cara menghitung kebutuhan genteng metal pada atap pelana serta langkah-langkah dalam memilih genteng metal yang tepat. Untuk berjaga-jaga dari produk yang cacat, alangkah lebih baik untuk membeli produk dengan melebihi sedikit dari perkiraan kebutuhan. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya risiko patah atau tidak bisa digunakan kembali. Oleh sebab itu, gunakan produk yang berkualitas agar hunian Anda tetap kuat dan tahan lama. Seperti menggunakan genteng metal dari BLKP yang sudah teruji kualitasnya dan memenuhi standar SNI.



Artikel Populer

Your Message Has Been Sent..