CARI TAHU LEBIH DALAM YUK JENIS KONSTRUKSI DI DUNIA

Pengertian Konstruksi

Sudah tidak asing lagi di telinga kita ketika mendengar kata konstruksi dilontarkan. Namun, tahukah Anda arti dari konstruksi? Menurut Wikipedia, Konstruksi merupakan suatu kegiatan membangun sarana maupun prasarana infrastruktur pada sebuah area atau pada beberapa area.
 

BACA JUGA : BAHAYA ATAU ENGGAK, RANGKA BAJA RINGAN SERING BUNYI?
 

Jadi, konstruksi dapat didefinisikan sebagai keseluruhan objek bangunan yang terdiri dari bagian – bagian struktur. Misalnya, Konstruksi Jalan Raya, Konstruksi Jalan Tol dan konstruksi lainnya. Berikut jenis – jenis konstruksi di dunia yang perlu Anda ketahui. Simak ulasan di bawah ini ya!

Tahapan – Tahapan Dalam Dunia Konstruksi

Cari Tahu Lebih Dalam Yuk Jenis – Jenis Konstruksi di Dunia

Terdapat 4 tahapan pada sebuah proyek industri. Berikut tahapan dalam konstruksi :

  • Tahap Pertama

Dibutuhkan perencanaan besar proyek apa saja yang dilakukan, seperti merekrut pihak konsultan. Dalam tahapan tersebut diperlukan beberapa hal demi menunjang terjalannya proyek besar terjadi, seperti, studi kelayakan proyek, briefing, budgeting, desain hingga financing.

  • Tahap Kedua

Pada tahap kedua, perancangan desain dibuat dalam tiga periode, yaitu periode pra rancangan, periode pengembangan rancangan serta penyiapan dokumen pelaksanaan atau final design and construction document.

  • Tahap Ketiga

Dalam tahap ini, terdapat tahap pengadaan yang dilakukan oleh konsultan perencanaan setelah melakukan supervisi pada proyek tersebut. Setelah itu, pengadaan terhadap kontraktor pun juga terdapat dalam tahapan ini.

  • Tahap Keempat

Tahap terakhir adalah melakukan pelaksanaan pembangunan konstruksi fisik berupa konsep desain yang telah disepakati sebelumnya. Dalam tahapan tersebut, apabila kontrak sudah ditandatangani dan Surat Perintah Kerja telah dikeluarkan, maka pekerjaan dapat mulai dilakukan.

Jenis – Jenis Konstruksi

  1. Konstruksi Gedung

    Cari Tahu Lebih Dalam Yuk Jenis – Jenis Konstruksi di Dunia

Sudah sangat familiar sekali bagi kita dengan kata di atas. Konstruksi pada gedung memang sering terjadi baik di kota kecil maupun kota besar. Dimulai dari pembangunan tempat rekreasi, perkantoran, pendidikan dan lain sebagainya. Biasanya konstruksi pada sebuah gedung direncanakan oleh seorang arsitek.

  1. Konstruksi Teknik

    Cari Tahu Lebih Dalam Yuk Jenis – Jenis Konstruksi di Dunia

Konstruksi teknik adalah konstruksi yang melibatkan stuktur perencanaan dan didesain secara khusus oleh para ahli untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Jenis konstruksi tersebut dibagi menjadi dua bagian, yaitu konstruksi jalan dan konstruksi berat.
 

Yang termasuk dalam konstruksi berat adalah proyek – proyek yang memiliki utilitas suatu negara, seperti pemasangan pipa, jalur transportasi, bendungan dan masih banyak lagi. Konstruksi tersebut biasanya dianggarkan oleh pemerintah atau kerja sama dengan pemerintah dan pihak swasta.

  1. Konstruksi Industri

    Cari Tahu Lebih Dalam Yuk Jenis – Jenis Konstruksi di Dunia

Mengenai konstruksi industri, biasanya dibutuhkan syarat khusus dan spesifikasi secara mendetail mengenai proyek – proyek industri apa saja yang ingin dibuat. Misalnya, industri pertambangan dan lain – lain. Dibutuhkan keahlian dan ketelitian khusus dalam pelaksanaan dan perencanaannya.

 

Apakah Anda sudah cukup puas membaca informasi mengenai konstruksi rumah? Jangan lupa baca artikel lainnya di BLKP, ya! Ada banyak artikel seputar tips dan konstruksi rumah. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan konstruksi rumah idaman Anda bersama dengan BLKP sekarang!



Artikel Populer

Your Message Has Been Sent..