CEGAH ATAP DAK BETON BOCOR, LAKUKAN PERAWATAN INI!

Keberlanjutan dan keamanan rumah sangat bergantung pada kondisi atap dak beton yang baik. Namun, risiko kebocoran dapat menjadi ancaman serius yang dapat merugikan struktur dan kenyamanan ruang di dalamnya. 

 

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa langkah perawatan yang dapat diambil untuk mencegah atap dak beton bocor. Dengan tindakan preventif yang tepat, Anda dapat memastikan keandalan atap rumah dan menghindari masalah yang mungkin timbul akibat kebocoran.

 

Penyebab Atap Dak Beton Rusak Atau Bocor

Atap Dak Beton

Sumber: designboom.com

 

Sebelum tau cara bagaimana mencegah atap dak bocor, alangkah baiknya mengetahui beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab utama atap dak beton mengalami kebocoran:

 

Retakan

Retakan dapat timbul akibat masalah struktural bangunan atau penurunan kandungan air pada konstruksi beton, yang kemudian dapat menyebabkan kebocoran di masa mendatang.

 

Proses Pengadukan Beton

Masalah ini muncul ketika proses pengadukan dan aplikasi beton tidak sesuai atau tidak merata sehingga menciptakan gelembung pada beton yang berongga dan berpotensi menyebabkan kebocoran jika tidak segera ditangani.

 

Ketebalan Cor Beton

Ketebalan cor beton yang tidak sesuai dapat mengurangi kualitas cor beton. Sebagai standar, ketebalan cor beton sebaiknya berada dalam kisaran 15 hingga 20 cm. Pentingnya perawatan atap dak beton sangat mempengaruhi kualitas bangunan. Berikut beberapa cara efektif untuk merawat atap dak beton.

 

Pastikan Atap Dak Bersih Dan Bebas Hama

Hama dan serangga, seperti serangga, ulat, dan semut, cenderung membuat sarang di bagian atap dak yang teduh. Ini dapat menyebabkan atap dak menjadi cepat kotor dan berpotensi merusak dak beton yang lembab. Rajin membersihkan atap dak adalah langkah penting.

 

Selalu Periksa Kondisi Dak secara Berkala

Atap Dak Beton

Sumber: maswulung.com

 

Lakukan pemeriksaan rutin pada kondisi dak untuk memastikan tidak ada retakan atau celah yang dapat mengakibatkan air merembes. Jika ditemukan retakan atau celah, segera tangani untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

 

Lapisi dengan Waterproofing

Atap dak beton yang terus terpapar hujan tanpa perlindungan dapat mengalami rembes dan kebocoran seiring berjalannya waktu. Penggunaan waterproofing perlu dilakukan secara merata, khususnya pada sudut-sudut area dak yang rentan terhadap kebocoran.

 

 

Gunakan Fungicidal Wash

Atap Dak Beton

Sumber: behance.net

 

Jamur dapat menjadi penyebab kerusakan pada dak beton. Seringkali menempel di bagian bawah dak dan dapat memicu kebocoran. Membersihkan atap dengan fungicidal wash tidak hanya membersihkan, tetapi juga mencegah pertumbuhan jamur di plafon rumah.

 

 

Baca juga: Genteng Metal Bocor, Berlubang, dan Penyok Saat Musim Hujan? Lakukan 8 Cara Mudah Berikut!

 

Cara Mengatasi Atap Dak Beton Rumah Agar Tidak Rembes / Bocor

Atap yang tidak tahan terhadap air dapat mengakibatkan kerusakan struktural dan menurunkan kualitas hidup di dalam rumah. Berikut BLKP akan membahas berbagai cara yang efektif untuk mengatasi atap dak beton agar tidak rembes atau bocor:

 

Alat dan Bahan yang Perlu Dipersiapkan

Sebelum memperbaiki atap dak beton rumah agar tidak rembes atau bocor. Beberapa alat yang perlu dipersiapkan antara lain:

  1. Cat Aquaproof Pro

  2. Super semen

  3. Polyester mesh

  4. Semen

  5. Ember

  6. Kuas

  7. Sendok semen

  8. Sikat kawat

  9. Bak Cat

  10. Kuas roll

 

Bersihkan Permukaan yang Akan Diperbaiki

Pertama-tama, sebelum memulai proses perbaikan, penting untuk membersihkan permukaan yang akan diperbaiki. Pastikan area tersebut bersih, bebas dari debu, dan karat dengan menggunakan sikat kawat atau sapu. 

 

Lapisi Bidang dengan Campuran Super Semen dan Semen

Untuk hasil optimal, lapisi bidang dengan super semen dan semen dalam perbandingan 1:0,25. Super semen berperan menutup retakan dan mengikat kotoran di permukaan yang akan diaplikasikan. 

 

Aplikasikan Campuran Semen dan Semen dengan Kuas ke Seluruh Bidang

Setelah itu, aplikasikan campuran cairan super semen dan semen menggunakan kuas ke seluruh bidang, dan tunggu hingga kering sebelum melangkah ke tahap berikutnya.

 

Pasang Polyester Mesh Pada Area Sudut Dinding

Selanjutnya, sebelum menambahkan cat aquaproof, khususnya pada sudut pasang polyester mesh, pastikan bahwa area tersebut tertutup dengan baik. Penggunaan polyester mesh bertujuan untuk memperkuat sudut dinding atau sambungan antara dinding dan lantai dak. 

 

Lakukan Penambalan dengan Cat Aquaproof

Setelah tahap ini, lakukan penambalan dengan cat aquaproof. Pastikan aplikasinya merata, sehingga seluruh bagian permukaan terlapisi dengan baik. Tunggu hingga kering sebelum melanjutkan ke lapisan berikutnya.

 

Setelah lapisan pertama kering, langkah berikutnya adalah menerapkan lapisan cat aquaproof yang kedua. Hal ini bertujuan untuk membuat lapisan semakin tebal dan tahan lama, sehingga mampu menghindari potensi kebocoran. Dengan mengikuti langkah-langkah ini secara cermat, Anda dapat memastikan bahwa perbaikan atap dak beton dilakukan secara efektif dan tahan lama.

 

Atap yang tidak tahan terhadap air dapat mengakibatkan kerusakan struktural dan menurunkan kualitas hidup di dalam rumah. Berikut BLKP akan membahas berbagai cara yang efektif untuk mengatasi atap dak beton agar tidak rembes atau bocor: 

 

Baca juga: Cara Terampuh Memperbaiki Genteng Metal yang Bocor

 

Kesimpulan 

Dengan pemahaman penyebab utama, seperti retakan, proses pengadukan beton yang tidak merata, dan ketebalan cor beton yang tidak sesuai, Sobat BLKP diharapkan dapat mengambil langkah-langkah yang efektif untuk menjaga kualitas atap dak beton mereka.

 

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam merawat atap dak beton ya!. Jangan lupa, selalu gunakan produk terbaik seperti baja ringan sebagai material bangunan dengan jaminan mutu dan kualitas nomor 1, bagi hunian Anda. BLKP hadir dengan produk baja ringan berkualitas yang memiliki standarisasi SNI dan juga ISO 9001-2015. Tertarik untuk membeli. Hubungi Team Kami, sekarang! 



Artikel Populer

Tidak ada artikel popular.
Your Message Has Been Sent..