CIPTAKAN ROOFTOP GARDEN PADA ATAP RUMAHMU, YUK

Rooftop Garden di Atap Rumah

Saat ini sudah jarang sekali kita temui lahan – lahan terbuka hijau atau lahan perumahan yang memiliki pekarangan di depan rumahnya. Untuk memiliki pekarangan rumah hanya bagaikan mimpi saja karena keterbatasannya lahan yang tersedia. Bahkan untuk memarkir kendaraan bermotor saja sudah susah, apalagi memiliki halaman yang indah dan asri. Walaupun tidak memiliki lahan yang cukup, ada beberapa ruang terbatas yang dapat Anda maksimalkan untuk menghasilkan sesuatu bermanfaat. Salah satunya yang dapat Anda tiru adalah atap rumah.
 

BACA JUGA : INI DIA 5 DESAIN ATAP DATAR PALING HITS UNTUK SI MANIS DI 2021
 

Pernah terpikir kah Anda untuk memiliki taman yang indah dan asri di atas sana? Menciptakan taman di atas atap (rooftop garden) merupakan salah satu alternatif mengatasi keterbatasan lahan pada area rumah Anda. Bukan hanya untuk membuat rumah Anda semakin menarik, melainkan Anda dapat membantu mengurangi populasi udara dan dapat menyalurkan hobi dalam hal bercocok tanam.

 

Akan tetapi, dalam menciptakan rooftop garden pastinya memerlukan banyak pertimbangan. Salah satunya konstruksi dan struktur dak lantai atau floordeck. Dikarenakan beban yang disangga pastinya banyak, seperti tanaman, air, tanah, manusia dan sebagainya. Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan dak lantai baja ringan sebagai pengganti beton.
 

Keunggulan Penggunaan Floordeck Bagi Rooftop Garden

Dibandingkan dengan menggunakan beton konvensional, dak lantai baja ringan memiliki keunggulan tersendiri. Diantaranya :

  • Mengurangi penggunaan volume besi tulangan
  • Proses pemasangan mudah dan cepat
  • Harga lebih ekonomis karena tidak membutuhkan tulangan
  • Bobot yang ringan sehingga mudah dalam membawanya ke atap rumah Anda

 

Cara Menciptakan Rooftop Garden Untuk Rumah Anda

  1. Menyediakan Lahan

              Ciptakan Rooftop Garden Pada Atap Rumahmu, Yuk

Tidak semua rumah atap rumah bisa dijadikan dalam pembuatan rooftop garden. Karena biasanya untuk membuat rooftop garden, atap yang digunakan adalah atap datar. Dalam hal ini, tidak ada patokan harus memiliki seberapa luas atap yang bisa dijadikan rooftop garden. Anda bisa memanfaatkan luasan atap  yang dipunya.

  1. Gunakan Waterproofing

              Ciptakan Rooftop Garden Pada Atap Rumahmu, Yuk

Hal ini sangat penting dalam mengubah atap rumah Anda menjadi rooftop garden yang cantik. Pastikan tidak ada kebocoran pada atap rumah. Sebelum membuat rooftop garden, lakukanlah pengetesan air terlebih dahulu selama beberapa hari untuk mengecek apakah ada air rembesan masuk ke dalam ruangan melewati sela – sela atap rumah. Ada baiknya Anda menambahkan lapisan semen di atas atap waterproofing di atas atap Anda untuk memastikan ketahanan struktur atap.

  1. Membangun Sistem Drainase

              Ciptakan Rooftop Garden Pada Atap Rumahmu, Yuk

Dalam hal pembuatan sistem drainase berfungsi untuk menyalurkan pembuangan air dari resapan air yang jatuh di dalam tanah. Biasanya sistem drainase yang dibuat menggunakan alat drainage cell yang terdiri dari poros – poros berongga untuk mengalirkan air. Tempatkan drainage cell dibagian bawah wadah yang digunakan untuk menanam, lalu tutup menggunakan filter fabric.
 

Apabila Anda ingin menanam rumput pada seluruh permukaan atap rumah, ada baiknya menempatkan drainage cell di atas lapisan waterproofing. Kemudian lapisi atas drainage cell dengan pasir, baru tuang tanah yang sudah disiapkan untuk menanam rumput atau tumbuhan lainnya. Agar drainage cell jatuh ke pembuangan air yang tepat, tempatkanlah terpal di bawah drainage cell.

  1. Menyiapkan Media Tanam

              Ciptakan Rooftop Garden Pada Atap Rumahmu, Yuk

Anda harus menentukan terlebih dahulu jenis tanah yang cocok untuk dipakai pada tanaman. Bisa dengan menggunakan mencampuran antara pupuk kandang dengan tanah. Kecuali untuk tanaman kebun, Anda bisa menggunakan jenis pupuk apa saja. Oleh karena itu, Anda harus mempelajari media apa saja yang dapat digunakan untuk membuat kebun pada atap rumah.

  1. Memilih Tanaman

              Ciptakan Rooftop Garden Pada Atap Rumahmu, Yuk

Tidak semua jenis tanaman dapat dibudidayakan di atap rumah dikarenakan sebagian tanaman sensitif terhadap cahaya matahari. Apabila cahaya matahari terlalu menyengat, maka tanaman tidak dapat tumbuh dengan baik. Pilihlah jenis tanaman yang dapat Anda budidayakan, seperti buah – buahan, sayuran atau bunga.  

  1. Mengatur Tata Letak

              Ciptakan Rooftop Garden Pada Atap Rumahmu, Yuk

Pembuatan ruang terbuka hijau pada atap rumah Anda sangat memberikan manfaat ekologis dan juga memiliki fungsi dekoratif. Anda bisa memilih desain pot yang estetik untuk menunjang keindahan kebun di atap rumah menjadi sedap dipandang. Anda juga dapat menghias kebun di atap rumah menggunakan bangku taman atau lampu taman. Sehingga saat malam tiba, Anda dapat menikmati pemandangan lingkungan dari atap rumah sambil memandangi langit yang penuh bintang.
 

Menguntungkan bukan pembuatan rooftop garden sambil mengasah hobi bercocok tanam? Anda juga bisa memasarkan hasil budidaya tanaman kepada orang sekitar atau kepada komunitas – komunitas yang dimiliki. Pastikan untuk membuat rooftop garden dengan baja ringan floordeck yang sudah jelas kualitasnya dan tahan terhadap karat. Sehingga tidak ada air yang bisa masuk ke dalam rumah lewat celah – celah atap rumah.
 

Tak hanya itu saja, aneka baja ringan seperti genteng metal yang dapat mempercantik rumah Anda juga tersedia di BLKP, lho! Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja kunjungi laman BLKP sekarang juga!



Your Message Has Been Sent..