5+ JENIS STRUKTUR RANGKA ATAP SERTA FUNGSINYA

Pasti sudah pada tahukan bahwa peranan atap itu sangat penting bagi sebuah rumah? Selain berfungsi sebagai penutup rumah, atap juga berfungsi untuk melindungi sang penghuni rumah dari panasnya matahari dan musim hujan. Oleh sebab itu, sebelum pemasangan atap dilakukan, Anda membutuhkan struktur atau rangka untuk menopang atap yang akan dipasang.
 

BACA JUGA : STRUKTUR RANGKA ATAP BAJA RINGAN PADA BANGUNAN DAN FUNGSINYA
 

Rangka atap merupakan komponen paling penting yang berada dalam suatu bangunan. Berfungsi sebagai penopang tekanan atap dan menyalurkan tekanan bangunan ke struktur lainnya yang berada di bawah. Walaupun memiliki peranan penting, namun struktur atap jarang terlihat karena tertutup oleh genteng. Terdapat ragam struktur rangka atap yang memiliki peranan dan fungsinya tersendiri. Sehingga Anda perlu mengetahui struktur – struktur rangka atap yang ada di dalamnya. Jika Anda belum mengetahui, struktur rangka atap terdiri dari apa saja, mari simak ulasan di bawah ini.
 

Struktur Rangka Atap

- Kuda – kuda 

- Nok atau Bubungan

- Reng

- Gording

- Usuk atau Kaso

- Jurai Dalam dan Luar

- Penutup Atap
 

Apabila Anda sudah mengetahui struktur – struktur rangka atap apa saja, mari kita bahas mengenai fungsi masing – masing struktur rangka atap.
 

Fungsi Struktur Rangka Atap

  1. Kuda – kuda
    5+ Jenis Struktur Rangka Atap Serta Fungsinya

Kuda – kuda mempunyai fungsi tersendiri yang sangat besar dalam pembuatan sebuah rangka atap. Yaitu dapat menopang semua tekanan yang ada pada rangka atap sehingga dapat menyalurkan langsung ke struktur bangunan yang ada di bawahnya. Biasanya posisi kuda – kuda berada di tengah dan ujung rangka atap.
 

  1. Nok Atau Bubungan
    5+ Jenis Struktur Rangka Atap Serta Fungsinya

Nok atau bubungan merupakan sebuah struktur yang mengikat pada satu kuda – kuda dengan yang lain. Biasanya posisi nok atau bubungan dipasang memanjang sesuai dengan panjang rangka atap yang akan dibangun. Memiliki ukuran kayu sebesar 8/12, 6/12 dan masih banyak lagi.
 

  1. Reng 
    5+ Jenis Struktur Rangka Atap Serta Fungsinya

Reng adalah bagian dari rangka atap yang digunakan bersamaan dengan Truss. Memiliki karakteristik bahan yang ringan tapi kuat, sehingga aman digunakan untuk menahan beban atap. Biasanya Reng pada struktur rangka atap terletak di bawah penutup atap, sehingga tidak akan terlihat. Dan posisi Reng tegak lurus ke atas berlawanan arah dengan usuk atau kaso.
 

  1. Gording
    5+ Jenis Struktur Rangka Atap Serta Fungsinya

Gording merupakan daerah tumpuan dari struktur rangka atap, seperti Reng, usuk atau kaso dan penutup atap. Dikarenakan beban yang diberikan sangat besar, maka material yang dibutuhkan juga harus besar dari tekanan.
 

  1. Usuk atau Kaso

Usuk atau Kaso merupakan struktur rangka atap baja ringan yang menjadi tumpuan dari struktur rangka atap di atasnya. Struktur yang berada di atas usuk atau kaos merupakan Reng dan penutup atap yang mempunyai tekanan langsung dari luar bangunan. Biasanya posisi usuk atau kaso memanjang dari ujung kuda – kuda satu sama lainnya.
 

  1. Jurai Dalam dan Luar
    5+ Jenis Struktur Rangka Atap Serta Fungsinya

Jurai merupakan sambungan antara bidang atap satu dengan yang lain. Apabila Anda membangun rumah hanya satu lantai dan satu bidang atap saja, Anda bisa menggunakan sambungan nok atau bubungan. Fungsi dari jurai yaitu hanya pada rumah – rumah yang memiliki atap lebih dari satu bidang. Terbagi menjadi dua, jurai dalam dan jurai luar.
 

  1. Penutup Atap
    5+ Jenis Struktur Rangka Atap Serta Fungsinya

Penutup atap atau disebut dengan genteng memiliki fungsi sebagai penahan tekanan yang dihasilkan oleh cuaca, misalnya tekanan angin, air hujan dan masih banyak lagi. Terdapat banyak pilihan penutup atap yang bisa Anda jadikan referensi, contohnya penutup atap dari BLKP.
 

Apakah sudah cukup penjelasan mengenai jenis struktur atap serta fungsinya? Apabila Anda memerlukan penutup atap atau genteng berkualitas dan sudah memiliki sertifikasi, Anda bisa langsung menghubungi BLKP. PT. BLKP merupakan perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur bahan bangunan yang fokus pada produk – produk rangka, atap, serta lantai dengan menggunakan bahan baku baja ringan yang sudah terbukti kualitas dan keunggulannya.
 

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua yang sudah menyempatkan waktu untuk membacanya. Have a great day!



Your Message Has Been Sent..