KETAHUI LEBIH DULU 3 JENIS TALANG AIR SEBELUM DIPASANG PADA RUMAH ANDA

Pentingnya Kehadiran Talang Air Pada Rumah Anda

Kehadiran sebuah talang air pada rumah Anda sangatlah penting. Dikarenakan fungsi dari talang air itu sendiri adalah menampung air hujan yang berasal dari atap, agar air yang turun tidak mengganggu dan tidak langsung jatuh ke teras rumah. Pada umumnya, talang air dipasang pada tepi dinding rumah atau pada titik pertemuan antar bidang atap.
 

Tidak hanya untuk memudahkan aliran air hujan yang jatuh ke permukaan saja, melainkan hadirnya talang air pada sebuah rumah juga bisa memperindah bentuk rumah Anda, lho! Kira – kira jenis talang air apa saja yang diperlukan untuk rumah Anda?

BACA JUGA : PERLUKAH MERAWAT RUMAH KETIKA MUSIM HUJAN MELANDA?
 

Bentuk – Bentuk Talang Air

Biasanya talang air tersedia dalam bentuk – bentuk kotak, persegi panjang, trapesium dan setengah lingkaran. Bentuk – bentuk tersebut sebenarnya tidak mempengaruhi kinerja talang air itu sendiri, karena memang sudah fungsi dari talang air untuk mengalirkan air hujan yang jatuh di atas atap ke permukaan yang tepat. Anda cukup menyesuaikan bentuk talang air dengan model rumah saja.
 

Merawat Talang Air

Agar talang air dapat bekerja secara lebih baik, alangkah baiknya Anda harus rutin melakukan perawatannya secara berkala. Apabila terdapat kotoran yang menyumbat saat turun hujan, segera bersihkan kotoran yang menyumbat. Selain itu, lapisi zat anti karat pada talang air logam Anda agar pemakaiannya dapat bertahan lama.
 

Jenis – Jenis Talang Air

  1. Talang Air PVC

              Ketahuilah Lebih Dulu 3 Jenis Talang Air Sebelum Dipasang Pada Rumah Anda

Jenis talang air PVC ini yang paling cukup populer di Indonesia. Dikarenakan harga dari talang air tersebut sangat terjangkau dan memiliki bobot yang ringan juga. Sehingga dalam pemasangannya pun juga sangat mudah. Ukuran dari talang air PVC ini juga sangat beragam, jadi Anda bisa menyesuaikan dengan keadaan atap rumah.
 

Namun, dalam pembuatan talang air PVC ini terbuat dari bahan plastik yang mudah rentan terhadap cuaca. Apalagi jika ditaruh di luar ruangan. Sehingga usia pemakaian talang air PVC hanya bertahan sekitar 2 – 3 tahun saja. Oleh karena itu, Anda harus siap – siap mengganti talang air tersebut dalam beberapa tahun sekali.

  1. Talang Air Logam

              Ketahuilah Lebih Dulu 3 Jenis Talang Air Sebelum Dipasang Pada Rumah Anda

Pemakaian talang air logam sudah banyak digunakan di Indonesia karena terbuat dari bahan seng, alumunium atau galvalum. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau sama halnya dengan talang air PVC. Biasanya talang air tersebut dijual dalam bentuk lembaran yang dapat dibentuk sesuai dengan bentuk atap Anda. Sehingga talang air logam terbilang lebih efektif untuk mengalirkan air jatuh langsung ke permukaan. Dalam proses pemasangannya, jenis talang air ini cukup mudah sama halnya dengan talang air PVC.
 

Apabila Anda ingin menggunakan jenis talang ini, sebaiknya gunakan cairan pelapis penghilang karat agar tahan terhadap cuaca ekstrim.

  1. Talang Air Beton

              Ketahuilah Lebih Dulu 3 Jenis Talang Air Sebelum Dipasang Pada Rumah Anda

Talang air beton merupakan talang tertua di dunia, karena sudah ada sebelum muncul jenis talang air PVC dan talang air logam. Biasanya talang air beton ditempatkan pada persinggungan atap rumah atau antar bangunan rumah sebelahnya. Jika dilihat dari segi kekuatan dan daya tahan, talang air beton lebih unggul dibandingkan jenis talang air lainnya. Meskipun terkena paparan sinar matahari dan air hujan, talang tersebut tidak mudah rapuh dalam puluhan tahun. Lalu, daya tampung talang air beton ini juga besar, jadi Anda tidak perlu khawatir apabila terjadi hujan yang cukup lebat.
 

Namun, dalam pembuatan talang ini harus memerlukan perencanaan yang cukup lama. Karena harus didesain sesuai dengan bentuk atap sang pemilik rumah. Meskipun seperti itu, talang air beton ini tidak perlu perawatan yang menguras biaya.
 

Nah, ini dia 3 jenis talang air yang dapat Anda sesuaikan dengan rumah Anda. Sebelum memutuskan menggunakannya, ada baiknya Anda perlu mempersiapkan anggaran serta cek kondisi rumah. Apabila talang sudah terpasang, jangan lalai melakukan perawatan dan pembersihan secara rutin agar tidak ada kotoran yang menyumbat saluran. Ketahui informasi seputar material baja ringan lainnya hanya di www.blkp.co.id.



Your Message Has Been Sent..