PT. BUMI LANCANG KUNING PUSAKA

PERBEDAAN JENIS LAPISAN GALVALUME DAN GALVANISH BAJA

21 MAR 2017

Pada dasarnya lapisan Galvalume dan Galvanis merupakan proses pemberian lapisan luar yang dapat melindungi baja dari rekasi oksidasi ketika baja terkena udara terbuka dan air yang dapat menyebabkan kerusakan / karat pada baja. Adapun unsur yang terkandung pada galvalume dan galvanis itu sendiri dibedakan dari jenis unsurnya.

 

GALVALUME

Merupakan sebutan untuk pelapisan yang mengandung unsur alumunium dan zinc. Untuk galvalume finishingnya terdiri dari 55% unsur coatingnya adalah alumunium, 45%  adalah unsur seng atau zinc, dan sisanya mengandung unsur lainnya sehingga menjadi 100%. Untuk proses pelapisan Galvalume hanya dilakukan dengan Continous hot-dipped Cuma beda bak / kolam tempat penampungan cairan lapisan dan proses pemanasannya saja. Komposisi cairan pelapis untuk galvalume terdiri dari Alumunium dan Zinc / Seng. Karena kandungan alumunium yang tinggi pada galvalume, membuat galvalume lebih baik untuk daya tahan karat dibandingkan dengan Galvanish. Namun, perlu juga diingat bahwa alumunium tidak akan berkorban untuk melindungi baja terhadap polutan - polutan karat. Tetapi alumunium jauh lebih tahan dibandingkan dengan Zinc / Seng.

 

GALVANISH

Adalah istilah untuk baja ringan yang diberi lapisan Zinc / Seng. Untuk galvanish finishing terdiri dari 98% untuk coating adalah seng/zinc, 1% unsur alumunium, dan sisanya daalah unsur lainnya sehingga menjadi 100%. Proses pelapisan itu sendiri dapat dilakukan dengan banyak cara, antara lain dengan sistem penghantaran arus listrik yang dikenal dengan Elektro Galvanis, atau pencelupan biasa yang dikenal dengan hot-dipped galvanish. Proses pencelupan galvanis sendiri bisa terbagi 2, yaitu:

  1. Proses pencelupan konvensional, yaitu baja (biasanya produk jadi) dicelupkan dalam cairan zinc/seng.
  2. Proses pencelupan continous hoy-dipped galvanis yaitu lembaran baja yang dicelupkan secara terus menerus tanpa terputus. Disini peran zinc sangat penting dalam melindungi lembaran baja dari polutan - polutan yang dapat mnyebabkan karat pada lembaran baja tersebut. Zinc yang terdapat pada lapisan akan mengorbankan diri agar termakan oleh polutan - polutan tersebut hingga habis dan baru proses karat dimulai.

Secara susunan, untuk galvalume dan galvanis memiliki jumlah lapisan dan susunan yang hampir sama. Yang membedakan adalah lapisan penahan karat dan jumlah berapa banyaknya dari bahan lapisan yang digunakan antara galvalume dan galvanis. Biasanya untuk galvanis lebih banyak dan menyebabkan lebih tebal, sedangkan untuk galvalume lebih sedikit dan tidak lebih tebal dari galvanis, tetap memiliki kemampuan menahan karat lebih baik. Secara keseluruhan yang membedakan galvalume dan galvanish adalah sebagai berikut:

  1. Proses pemberian lapisan itu sendiri
  2. Untuk cairan komposisi pelapisan
  3. Daya proteksi yang diberikan dari unsur lapisan
  4. Galvalume tidak bertahan baik dengan semen, sedangkan galvanish lebih baik
Your Message Has Been Sent..