11 TANAMAN YANG MAMPU MENGURANGI POLUSI UDARA DI RUMAH

Akhir-akhir ini, polusi udara di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya menjadi masalah serius yang berdampak buruk pada kesehatan manusia. Dari bulan Januari hingga Juni 2023, Dinas Kesehatan DKI Jakarta mencatat ada 638 ribu kasus infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) dan diperkirakan angka ini terus menerus meningkat.

 

Salah satu cara yang efektif untuk mengurangi polusi udara di dalam rumah adalah dengan menanam tanaman-tanaman yang memiliki kemampuan alami untuk membersihkan udara. 

 

11 Tanaman yang Mampu Mengurangi Polusi Udara

Tanaman tidak hanya menjadikan rumah lebih hijau dan indah, tetapi juga dapat membantu Anda dan keluarga menghirup udara yang lebih bersih. Berikut adalah 11 tanaman yang dapat mengurangi polusi udara di rumah Anda:

 

Tanaman Lidah Mertua (Sansevieria)

lidah mertua

Source: Twitter

 

 

Tanaman pertama yang mampu mengurangi polusi udara secara efektif di dalam rumah Anda adalah lidah mertua. Lidah mertua efektif dalam menghilangkan senyawa kimia berbahaya seperti formaldehida dan benzena. Lidah mertua juga dikenal dengan perawatan yang mudah, sehingga cocok untuk pemula dalam berkebun. Anda bisa menempatkannya di berbagai sudut ruangan untuk memberikan manfaat yang maksimal.

 

Bambu Runcing (Dracaena marginata)

Tanaman hias yang populer dan efektif dalam membersihkan udara di dalam ruangan. Tanaman ini memiliki daun berbentuk pita yang elegan dengan warna merah muda hingga ungu pada pinggirannya, dan dapat membantu menghilangkan berbagai polutan udara seperti xylene, trichloroethylene, dan formaldehida.

 

Bambu runcing dapat tumbuh dalam berbagai kondisi pencahayaan, menjadikannya pilihan yang fleksibel untuk ditempatkan di berbagai sudut dalam rumah Anda. Dengan daya tarik visualnya yang menarik dan manfaat dalam membersihkan udara, bambu runcing adalah tambahan yang indah dan bermanfaat untuk dekorasi rumah Anda.

 

Lavender

Lavender terkenal dengan aroma yang menenangkan dan manfaat aromaterapi yang melimpah. Selain itu, lavender juga memiliki kemampuan untuk membersihkan udara di dalam ruangan dari berbagai polutan seperti aseton dan toluena. Anda dapat menanam lavender menggunakan pot atau di taman langsung ke tanah s. Selain manfaatnya bagi kualitas udara, lavender juga sering digunakan untuk minyak esensial, teh herbal, dan bunga potong yang harum, menjadikannya pilihan yang multifungsi.

 

Bunga Krisan (Chrysanthemum)

Tanaman hias yang terkenal dengan keindahan bunga-bunganya yang berwarna-warni. Namun, selain sebagai dekorasi yang menawan, bunga krisan juga memiliki manfaat dalam membersihkan udara di dalam ruangan. Tanaman ini mampu menghilangkan senyawa berbahaya seperti amonia, formaldehida, dan benzene dari udara.

 

Bunga krisan dapat tumbuh baik dalam kondisi cahaya yang cukup dan dengan perawatan yang sederhana. Selain itu, variasi berbagai warna dan bentuk bunganya membuatnya menjadi pilihan yang populer untuk menghiasi ruangan Anda sambil meningkatkan kualitas udara di sekitarnya.

 

Spider Plant (Chlorophytum comosum)

Tanaman hias yang sangat populer dan efektif dalam membersihkan udara di dalam ruangan. Tanaman ini memiliki daun panjang yang unik dan menghilangkan polutan seperti formaldehid dan xylene. Spider plant juga dikenal sebagai tanaman yang mudah dirawat dan cocok untuk pemula dalam berkebun. Anda dapat menempatkannya dalam pot atau menggantungnya untuk tampilan visual yang menarik dan udara yang lebih bersih di rumah Anda.

 

Aglaonema

Aglaonema, juga dikenal sebagai Chinese Evergreen atau Sri Rezeki adalah tanaman hias yang menawan dengan kemampuan luar biasa dalam membersihkan udara di dalam ruangan. Tanaman ini efektif dalam menghilangkan berbagai polutan seperti formaldehid dan benzene. Aglaonema juga mudah perawatannya dan cocok untuk kondisi pencahayaan yang rendah hingga sedang, menjadikannya pilihan ideal untuk meningkatkan kualitas udara di rumah Anda sambil memberikan sentuhan keindahan pada dekorasi interior Anda.

 

Baca juga: Cara Mudah Hitung Kebutuhan Material untuk Rangka Plafon

 

Tanaman Sirih Gading (Epipremnum aureum)

Tanaman sirih gading adalah tanaman penghilang formaldehida yang sangat efisien. Mereka tumbuh subur dalam kondisi pencahayaan rendah, menjadikannya pilihan yang bagus untuk ruangan dengan sedikit sinar matahari.


 

Lidah Buaya (Aloe Vera)

Merupakan tanaman yang terkenal dengan gel dalam daunnya yang memiliki berbagai manfaat kesehatan, terutama untuk perawatan kulit. Selain itu, lidah buaya juga memiliki kemampuan untuk membersihkan udara di dalam ruangan dari polutan seperti formaldehid dan benzene. 

 

Tanaman ini sangat mudah perawatannya, memerlukan sedikit perhatian, dan dapat tumbuh baik dalam kondisi pencahayaan yang cukup. Anda dapat menempatkannya dalam pot sebagai tanaman hias atau memanfaatkan gelnya untuk perawatan kulit alami. Dengan manfaat ganda dalam kesehatan dan kualitas udara, lidah buaya adalah tanaman yang berharga untuk dimiliki di rumah Anda.

 

Tanaman Palem Bambu (Chamaedorea seifrizii)

tanaman hias yang elegan dan efektif dalam membersihkan udara di dalam ruangan. Tanaman ini memiliki daun berbentuk lempar, berwarna hijau cerah. Efektif dalam membantu menghilangkan berbagai polutan seperti formaldehida, xylene, dan toluena. Palem bambu juga memberikan nuansa tropis yang menyegarkan pada ruangan Anda. 

 

Dalam hal perawatan, tanaman palem bambu relatif mudah, dan mereka tumbuh dengan baik dalam kondisi cahaya yang cukup. Dengan kecantikan dan manfaatnya dalam membersihkan udara, tanaman palem bambu adalah pilihan yang sempurna untuk meningkatkan kualitas lingkungan dalam ruangan Anda.

 

Peace Lily (Spathiphyllum)

peace lily

Sumber: Twitter

 

Peace lily dikenal sebagai salah satu tanaman hias yang memiliki kemampuan terbaik dalam menghilangkan polusi udara menurut penelitian NASA. Tanaman ini memiliki sistem akar yang efisien dalam menyerap air dari tanah dan mengalirkannya ke daunnya, di mana air ini kemudian dilepaskan ke udara dalam bentuk uap air, meningkatkan kelembaban udara di dalam ruangan.

 

Selain terkenal dengan bunga putihnya yang elegan, peace lily juga memiliki kemampuan yang sangat baik dalam membersihkan udara di dalam ruangan. Tanaman ini efektif dalam menghilangkan polutan seperti amonia, formaldehida, xylene, dan benzene. Peace lily tumbuh dengan baik dalam kondisi pencahayaan yang rendah hingga sedang, menjadikannya pilihan yang cocok untuk ditempatkan di dalam ruangan dengan sedikit sinar matahari. 

 

Tanaman Karet (Ficus elastica)

Dikenal juga sebagai "Rubber Plant” merupakan salah satu tanaman hias yang paling populer dan tahan lama. Tanaman ini terkenal karena daun-daunnya yang besar dan mengkilap serta kemampuannya dalam membersihkan udara di dalam ruangan. Tanaman karet efektif dalam menghilangkan senyawa berbahaya seperti formaldehida dari udara. 

 

Mereka tumbuh dengan baik dalam kondisi pencahayaan yang sedang hingga terang dan tidak memerlukan banyak perawatan. Tanaman karet juga memberikan sentuhan estetik yang elegan pada dekorasi interior rumah Anda, menjadikannya pilihan yang sempurna untuk meningkatkan kualitas udara sambil mempercantik ruangan Anda.

 

Baca juga: Memilih Material Atap yang Tepat: Galvanis atau Galvalum?

 

Kesimpulan

 

Dalam artikel ini, kita telah mengidentifikasi 11 tanaman yang memiliki kemampuan alami untuk mengurangi polusi udara di rumah. Dari lidah mertua yang efektif dalam menghilangkan formaldehida hingga peace lily yang membantu meningkatkan kelembaban udara, setiap tanaman ini tidak hanya memberikan manfaat dalam membersihkan udara, tetapi juga memberikan sentuhan estetik pada dekorasi rumah.

 

Pilihan tanaman ini dapat memperbaiki kualitas udara di dalam ruangan, menciptakan lingkungan yang lebih sehat bagi Anda dan keluarga. Dengan merawat dan menanam tanaman-tanaman ini, Anda dapat meningkatkan kesehatan dan keindahan rumah Anda secara bersamaan.

 

Setelah mengenal jenis-jenis tanaman yang dapat mengurangi polusi, tanaman juga memerlukan struktur yang kuat dan kokoh untuk dapat tumbuh dengan baik, begitu juga dengan rumah Anda. Baja ringan adalah fondasi yang vital untuk konstruksi yang aman dan tahan lama. 

 

Sebagai investasi untuk masa depan, pastikan Anda memilih baja ringan berkualitas tinggi yang akan memberikan dukungan yang solid untuk rumah Anda, sebagaimana tanaman yang sehat akan memberikan keindahan dan manfaat bagi lingkungan Anda. Dengan mempertimbangkan kualitas baja ringan, Anda dapat memastikan rumah Anda tumbuh kuat, sehat, dan berkelanjutan.

 

Untuk menemukan material baja ringan yang tepat, Anda bisa memilih BLKP sebagai tempat utama dalam pemenuhan kebutuhan bangunan Anda.

 

Penasaran dan ingin bertanya? Anda dapat menghubungi kami melalui sosial media BLKP dengan klik Hubungi Kami.



Artikel Populer

Tidak ada artikel popular.
Your Message Has Been Sent..