TRIK MEMILIH PEREDAM PANAS ATAP YANG TEPAT

Hi Sobat BLKP,

 

Bukan rahasia umum lagi, kalau dunia terasa semakin panas setiap harinya. Sebagai negara tropis, cuaca atau suhu panas di Indonesia nyaris terjadi sepanjang tahun. Salah satu penyebab utamanya adalah karena lapisan terluar dari bumi sudah semakin terkikis. Rasa panas ini tidak hanya dirasakan diluar ruangan saja, namun terkadang rasa panas ini terasa hingga ke dalam ruangan. 

 

Tentunya melihat dan merasakan hal ini, kamu akan melakukan segala cara agar suhu di dalam ruangan rumah kamu lebih sejuk bukan? Tapi apakah terpikirkan oleh kamu, yang malah memperburuk suhu di dalam rumah adalah atap rumah kamu sendiri?

 

Ya, ternyata atap rumah bisa menjadi penyebab suhu di dalam ruangan panas lho! Alasannya bisa jadi karena kualitas dari atap tersebut yang kurang bisa menyerap panas dengan baik. Suhu panas yang masuk disalurkan ke dalam ruangan yang berada di bawahnya, dimana hal ini yang menyebabkan suhu udara panas semakin meningkat.

 

Kejadian ini tentunya membuat kamu akan lebih cepat berkeringat dan merasa tidak nyaman untuk bekerja di dalam rumah. Agar tidak mengalami hal tersebut, penting sekali untuk mengaplikasikan peredam panas atap rumah agar rumah kamu terasa lebih sejuk dan membuat seisi rumah merasa nyaman.


 

5 Tips Memilih Peredam Panas Atap yang Tepat

peredam panas atap

 

Sebenarnya, peredam panas atap yang dikenal juga dengan sebutan insulasi atap bukan merupakan komponen baru dalam dunia konstruksi lho! Produk ini sudah ada sejak lama, hanya saja masih sedikit yang menggunakannya. Padahal insulasi atap ini lumayan efektif dalam menangkal masuknya suhu panas dari paparan sinar matahari yang masuk.

 

Meskipun begitu, kamupun harus cermat dalam memilih peredam panas yang tepat untuk rumah kamu. Lalu, bagaimana sih trik dalam memilihnya agar tidak salah langkah? Berikut ini adalah beberapa trik yang bisa menjadi referensi dan bisa juga kamu ikuti:


 

Jenis Bahan yang Digunakan

peredam panas atap

 

Kamu perlu tahu bahwa jenis bahan yang digunakan pada peredam panas atap memiliki bahan baku yang berbeda-beda. Dan setiap insulasi atap juga difungsikan untuk jenis atap yang berbeda. Oleh karena itu, cari tahu lebih dulu jenis peredam panas yang sesuai dengan atap rumah kamu.

 

Yang perlu kamu lakukan adalah memeriksa dengan teliti spesifikasi bahan baku yang digunakan, apakah sesuai dengan kebutuhan kamu? apakah bahan tersebut berbahaya bagi manusia dan lingkungan? Pilihlah bahan yang tidak memiliki bau dan tidak mengandung zat - zat berbahaya bagi kesehatan.

 

Baca Juga : 4 Peredam Panas Atap Agar Rumah Semakin Sejuk

 

Hal - hal seperti ini tentunya sangatlah penting untuk kamu lakukan agar kamu tidak kecewa pada akhirnya.

 

Harga Sesuai dengan Kualitas

Trik yang kedua adalah perhatikan harga yang ditawarkan, apakah sesuai dengan kualitasnya? Bahan peredam panas untuk atap rumah yang berkualitas belum tentu dibanderol dengan harga mahal lho! Sebaliknya, harga yang murah juga belum tentu bahan yang digunakan tidak cocok untuk rumah kamu.

 

Namun meskipun begitu, tetap perhatikan kondisi dari atap rumah kamu sendiri. Sesuaikan juga jenis insulasi dengan modal yang kamu miliki. Dengan begitu, kamu tidak perlu report membeli yang mahal, jika dengan harga murah saja sudah sesuai.

 

Selain itu, kamu juga bisa membandingkan dengan toko - toko sejenis atau mencari informasi tentang harga dan spesifikasi insulasi atap di internet. 

 

Efek atau Hasil Setelah Dipasang

Peredam panas atap yang baik hendaknya bisa memberikan efek atau hasil yang menghangatkan ketika cuaca dingin dan bisa memberikan efek sejuk ketika suhu udara sedang panas.

 

Pastikan kamu bisa merasakan efek atau hasilnya secara langsung setelah peredam panas dipasang. Ketika malam hari, suhu udara tidak begitu dingin dan sebaliknya pada siang hari, suhu udara tidak begitu panas.

 

Mudah Dalam Pemasangannya

peredam panas atap

 

Produk yang mudah dalam pemasangannya tentunya bisa memberikan kelonggaran waktu dan tidak membuat repot, dimana kamu tidak perlu menyiapkan masker atau sarung tangan karena produk yang kamu beli sudah bebas dari bahan atau zat kimia berbahaya.

 

 

Ramah Lingkungan

Di seluruh dunia, sedang gencar - gencarnya mengkampanyekan GoGreen. Sebagai warga negara Indonesia yang baik, kita juga perlu ikut mengkampanyekan hal ini, caranya dengan memilih produk penahan panas atap yang ramah lingkungan atau produk yang dapat di daur ulang kembali.


 

 

Cara Memasang Peredam Panas Atap

Setelah mengetahui trik dalam memilih peredam panas atap yang tepat, kini saatnya kita mengetahui bagaimana caranya memasang produk tersebut. Tahukah kamu? cara memasang insulasi atap ini bisa mempengaruhi efektivitas dari produk itu sendiri lho!

 

Baca Juga : Ini Dia Material Roofing Terbaik yang wajib dipertimbangkan

 

Oleh karena itu, penting agar pemasangannya dilakukan dengan baik dan benar. Lalu bagaimana caranya? Kamu dapat mengikuti  tahapan - tahapannya berikut ini :

 

- Kamu perlu mempersiapkan alat - alat yang dibutuhkan, seperti: martil, gunting, baut, dan duct tape atau lakban.

- Kemudian bentangkan insulasi atap tersebut pada bagian atas atau gunakan sebagai pelapis genteng rumah.

- Agar insulasi atap tidak bergeser, maka rekatkanlah peredam panas atap tersebut dengan menggunakan duct tape atau lakban yang sudah disiapkan tadi.

- Lalu, pasang baut atau paku pada struktur rangka atap supaya lebih kuat

- Terakhir, apabila ada celah kecil yang terlihat, maka tutupi celah tersebut dengan duct tape water resistant agar tidak mudah bocor.


 

Kesimpulan

Dari kelima kriteria yang admin jabarkan pada pembahasan kali ini semoga bisa menjadi bahan pertimbangan kamu sebelum membeli peredam panas atap untuk hunian rumah.

 

Dengan memilih produk yang tepat, tentunya dapat memberikan kenyamanan bagi kamu maupun seluruh penghuni rumah tanpa takut mengalami kepanasan karena suhu udara dari luar yang masuk ke dalam rumah.


Nah sudah paham kan sekarang? Kamu juga bisa mendapatkan produk peredam panas atap ini di BLKP. Beragam produk rangka atap (roofing) baja ringan dengan kualitas terbaik seperti genteng metal, spandek, curve, rabung bulat, rabung sultan, rabung spandek, talang jurai, talang air dan flashing.



Your Message Has Been Sent..