YUK, UBAH LOTENG RUMAH MENJADI TEMPAT MENARIK DENGAN 5 HAL INI

Kata Siapa Loteng Rumah Tidak Bisa Dijadikan Tempat Ternyaman?

Banyak orang masih beranggapan bahwa loteng rumah adalah ruangan yang tidak bermanfaat karena sirkulasi udara tidak ada dan kotor. Bahkan loteng sering dimanfaatkan sebagai gudang penyimpanan. Padahal loteng bisa dijadikan sebagai ruangan yang bermanfaat, salah satunya yaitu kamar tidur. Namun, dalam membangun kamar diarea loteng, harus memerlukan perencanaan yang cukup matang. Dikarenakan ruangan tersebut merupakan area perpuratan udara panas secara langsung.

Oleh karena itu sebelum melakukannya, Anda harus memperhatikan terlebih dahulu beberapa hal agar ruangan menjadi lebih indah dan nyaman.

Hal – Hal Yang Harus Diperhatikan

  1. Perhatikan Konstruksi Atap

              Yuk, Ubah Loteng Rumah Menjadi Tempat Menarik Dengan 5 Hal Ini

Selain Anda harus menyiapkan nuansa yang indah pada loteng, Anda juga harus memperhatikan keamanan. Itulah mengapa Anda harus memperhatikan material yang dipakai dalam membuat konstruksi atap agar tidak roboh. Anda dapat menggunakan material baja ringan yang dimana desain kuda – kudanya tidak harus menggunakan rangka segitiga. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan jarak antara atap dengan kepala. Biasanya batas aman sekitar 50% atau sekitar 2,1 meter.

  1. Perhatikan Plafon dan Lantai Loteng

              Yuk, Ubah Loteng Rumah Menjadi Tempat Menarik Dengan 5 Hal Ini

Selain memperhatikan ketinggian konstruksi atap, Anda juga harus mengubah plafon menjadi lantai. Hal ini bukanlah mudah, dikarenakan Anda harus membongkar plafon kemudian menggantikannya menggunakan lantai cor atau dak. Anda juga bisa menggunakan floordeck dalam hal ini agar dapat menghemat biaya pemasangan dan pekerjaan menjadi lebih cepat. Perhatikan juga ketinggian plafon, biasanya ketinggian plafon pada loteng adalah sekitar 2 – 2,5 meter. Sebaiknya gunakan penutup lantai yang ringan, seperti bahan vinyl atau kayu.

  1. Furniture Yang Digunakan

              Yuk, Ubah Loteng Rumah Menjadi Tempat Menarik Dengan 5 Hal Ini

Gunakanlah perabotan multifungsi dan tidak terlalu berat. Dikarenakan ruangan loteng yang tidak terlalu luas, jadi tidak perlu menaruh banyak perabotan pada ruangan tersebut.

  1. Pengaturan Sirkulasi Udara

              Yuk, Ubah Loteng Rumah Menjadi Tempat Menarik Dengan 5 Hal Ini

Sirkulasi udara pada area loteng ini berbeda dengan ruangan lainnya karena terkena paparan sinar matahari yang langsung menimbulkan ruangan terasa pengap. Oleh karena itu, jika ingin sirkulasi udara diloteng semakin lancar Anda bisa menambahkan jendela atau menggunakan insulator pada bagian bawah lapisan genteng.

  1. Akses ke Loteng

              Yuk, Ubah Loteng Rumah Menjadi Tempat Menarik Dengan 5 Hal Ini

Dalam hal ini, Anda harus memperhatikan letak penggunaan tangga untuk memudahkan akses menuju loteng. Jangan sampai Anda membuat orang rumah terganggu karena peletakkan tangga menuju loteng tidak sesuai.

Itulah 5 hal yang harus Anda perhatikan dalam mengubah loteng menjadi tempat ternyaman dan bermanfaat seperti kamar tidur. Memang dalam membuat kamar tidur di atas rumah bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan material yang kuat dalam membuat konstruksi atap agar hal – hal yang tidak diinginkan terjadi. Sehingga keamanan sang penghuni tetap terjaga. Seperti penggunaan material baja ringan yang sudah terjamin kualitas dan mutunya.

Semoga bermanfaat!



Your Message Has Been Sent..