kuda kuda baja ringan

SIMAK 5 HAL INI SEBELUM PASANG KUDA-KUDA BAJA RINGAN!

Dewasa ini, pemakaian material baja ringan untuk atap rumah semakin marak digunakan. Berbagai kelebihan yang diberikan material ini, membuatnya dipercaya sebagai bahan bangunan berkualitas tinggi.

 

Baja ringan dapat menjadi pengganti kayu sebagai rangka atap dengan ketahanan yang lebih Tangguh dan awet. Ukuran dan berat yang ringan, serta tahan karat menjadi kelebihan lainnya. Akan tetapi, ada satu hal yang harus diperhatikan, yakni pemasangan kuda-kuda baja ringan.

 

Baca Juga : Cek Struktur Rangka Atap Baja Ringan Berikut Ini

 

 

Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak penjelasan kuda-kuda baja ringan pada atap dan rumus sebelum dipasang agar pemakainannya optimal.

 

Penasaran? Berikut ulasannya!

 

 

Mengenal Kuda-Kuda Baja Ringan

 

kuda kuda baja ringan

 

Pinterest: Miguel

 

 

Dalam pemasangan atap rumah, ada bahan yang dibutuhkan selain seng atau genteng. Untuk menghasilkan bentuk dan struktur yang kuat, harus ada rangka yang kuat sebagai penopang genteng agar tetap kokoh berdiri. 

 

Kuda-kuda adalah rangka baja ringan yang memiliki banyak ukuran. Dari standar SNI, ketebalan baja ringan adalah 0.75 - 1 mm yang dilengkapi dengan lapisan pelindung karat sekitar AZ100.

 

Bisanya untuk panjangnya, dapat disesuaikan dengan luas atap rumah. Dengan ukuran 6 m sampai 8 m dapat dipasang untuk bangunan kontruksi kecil, untuk ukuran menengah dengan pilihan bentang kuda-kuda 8 m samapi 10 m dan lebih untuk ukuran bangunan besar. 

 

Fungsi utama kuda-kuda tidak hanya menopang beban dari genteng tetapi juga menyalurkan ke bagian struktur yang ada di bawahnya. Melalui rumus kuda-kuda baja ringan, Anda akan mendapatkan berapa kebutuhan baja ringan yang diperlukan untuk satu rumah serta jenis yang harus dipakai.

 

Hal ini merupakan salah satu cara paling sederhana untuk menentukan maupun membuat rangka atap dengan menggunakan material baja ringan.

 

Fungsi kuda kuda baja ringan sendiri adalah menjadi material structural yang dapat menopang berat pada penutup hunian. Itu pentingnya membuat perhitungan estimasi pada material ini agar mendapatkan ukuran dan berapa banyak material yang dibutuhkan.

 

Biasanya perhitungan dan rumus kuda-kuda baja ringan menggunakan konsep dasar rumus trigonometri yaitu cosinus dan tangen. Anda juga harus menggunakan alat ukur untuk mengukur lebar dan Panjang.  

 

 

Hal Yang Perlu Diperhatikan

 

Pada perhitungan rumus kuda-kuda baja ringan, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan yakni ketinggian bentuk hingga material atap rumah, kemiringan, sampai overstek. 

 

Ketinggian Hingga Bentuk Atap

 

kuda kuda baja ringan

 

Pinterest: modoconstrucao.blogspot.com

 

Anda wajib menentukan ketinggian dan jenis dari atap yang digunakan. Pasalnya, beda jenis penutup, akan beda batasan sudut yang dihasilkan.

 

Cara menghitung ketinggian atap dengan rumus adalah setengah dikali lebar bangunan atap, lalu dikali tangen a kemiringan sudut atap. Dalam rumus bisa dituliskan seperti ½ x lebar bangunan x tan a (kemiringan sudut atap).


 

Kemiringan Atap

 

Sementara untuk rumus kemiringan atap, bisa dengan rumus setengah dikali lebar bangunan dikali cosinus kemiringan sudut atap, atau ½ x lebar bangunan : cos a (kemiringan sudut atap).

 

 

Overstek

 

kuda kuda baja ringan

 

Pinterest: bouwen-in-stijl.nl

 

Untuk overstek atap yang berfungsi untuk melindungi bangunan dari tampias air hujan. Jadi perhitungan bagian ini juga harus akurat, biasanya akan dibuat lebih dan tidak rata pada dinding bangunan.

 

Cara menghitung overstek dapat dengan rumus panjang overstek miring adalah jarak horizontal dari dinding terluar bangunan menuju titik terluar overstek rangka atap : cos a (kemiringan sudut atap).

 

 

Bentuk Atap Rumah

 

kuda kuda baja ringan

 

Pinterest: bagatur-bg.com

 

 

Bentuk atap rumah juga perlu untuk diperhatikan. Tidak hanya menyoal keestetikan bentuk atap rumah. Akan tetapi, fungsional dari tiap bentuk atap rumah itu sendiri. Hal ini juga berkaitan dengan Teknik pemasangan yang tidak sama.

 

 

Disesuaikan Dengan Material Atap Rumah

 

Pertimbangan pemasangan kuda-kuda baja ringan juga dilihat dari materialnya. Jika atap yang digunakan tergolong berat, tentunya penggunaan baja ringan lebih disarankan. Pertimbangan ketebalan baja ringan yang digunakan dan jarak rangka juga harus diperhatikan. 

 

 

Kesimpulan

 

Semoga informasi menarik seputar artikel di atas dapat memberikan insight penting seputar pemasangan kuda-kuda baja ringan untuk atap Anda. 

 

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

Anda juga dapat memilih produk terbaik dengan selalu menggunakan material konstruksi seperti material baja ringan dengan mutu terjamin dan kualitas nomor 1. 

 

BLKP siap sedia dalam membantu Anda dengan menawarkan beragam produk berbahan baja ringan yang terbukti memiliki mutu yang terjamin dengan standarisasi SNI dan juga ISO. 

 

Tertarik dan ingin menghubungi BLKP? Anda bisa klik : Hubungi Kami.



Artikel Populer

Your Message Has Been Sent..