aluminium foil

INI JENIS DAN FUNGSI ALUMINIUM FOIL UNTUK ATAP BAJA RINGAN

Aluminium foil merupakan salah satu material bangunan yang paling sering digunakan sebagai bagian dari pemasangan rangka atap baja ringan.

 

Aluminium foil memang memiliki banyak kegunaan, salah satunya adalah untuk meredam panas yang langsung ke atap. Itu sebabnya, di Indonesia yang merupakan kawasan tropis, dengan suhu normal sekitar 28°C sampai 35°C, pemakaian material ini sangat ideal. 

 

Baca Juga: Cari Tahu, Jenis Atap Rumah Yang Cocok di Iklim Tropis

 

 

Tentunya kita menginginkan bangunan rumah yang tetap sejuk, saat di luar tengah terik menyengat.

 

Walau dengan penggunaan AC dan sirkulasi yang lapang, jika rangka atap tidak dilindungi, ruangan tidak akan adem. Untuk itu, penggunaan aluminium foil sebagai pelapis atap sangatlah penting.

 

Nah, untuk itu mari kita bahas lebih dalam, apa saja jenis dan manfaat dari penggunaan aluminium foil bagi bangunan. 

 

 

Jenis-Jenis Aluminium Foil

 

Di bawah ini merupakan beberapa jenis aluminium foil yang dapat membantu Anda untuk tahu jenis seperti apa yang dibutuhkan. 

 

 

Woven Laminated

 

aluminium foil

 

Pinterest: notchtex.com

 

Jenis yang pertama dengan bahan dasar serat plastik. Memiliki bahan ringan, membuatnya gampang dipasang pada bawah atap. Menjadi pilihan yang tepat untuk mengatasi kebocoran air hujan dan penangkal sinar matahari.


 

Bubble Laminated

 

aluminium foil

 

Pinterest: ebay.com

 

Aluminium Foil jenis ini memiliki lapisan berbentuk gelembung di sisi tengahnya. Material ini berfungsi efektif meredam kebisingan suara karena air hujan atau suara dari luar yang mengenai atap.

 

 

Foam Laminated

 

aluminium foil

 

Pinterest: radiantguard.com

 

Selanjutnya ada foam laminated. Jenis yang satu ini memiliki kapisan lembaran foam di kedua sisinya. Memiliki bahan yang lebih berat dan tebal, sehingga cocok untuk atap pabrik yang ampuh meminimalisir panas dan suara dari luar. 

 

 

Fungsi Aluminium Foil

 

Selanjutnya adalah beberapa fungsi atau manfaat dari penggunaan aluminium foil untuk atap hunian Anda. 

 

 

Meredam Panas

 

Material ini dapat meredam panas dari luar. Jadi, panas dari bagian atap tidak akan masuk ke dalam ruangan dalam rumah. 

 

 

Anti Rembes Air Hujan

 

Manfaat lainnya adalah yakni menahan air hujan agar tidak masuk ke bawah atap. Dengan begitu, rembesan air hujan tidak akan masuk ke dalam rumah atau menahan tempias air hujan karena angin.

 

 

Melindungi Plafon 

 

aluminium foil

 

Selain menjaga dari serangan cuaca, penggunaan aluminium foil juga dapat menjaga plafon dari kerusakan, bocor atau panas dari luar, sehingga lebih awet. 

 

 

Memantulkan Cahaya

 

Pada rangka atap ekspos, material ini dapat memberikan pantulan cahaya matahari masuk ke dalam ruangan. Hal ini bisa menghemat energi. 

 

Jadi, dapat dipastikan jika penggunaan material yang satu ini untuk pemasangan rangka atap baja ringan sangatlah penting. 

 

Rumah dibangun untuk menjadi tempat yang nyaman, melindungi penghuni dari cuaca panas atau guyuran air hujan. Untuk itu, sangat perlu memperhatikan material pemasangan rangka atap baja ringan demi menjaga Anda dan keluarga dari gangguan. 

 

Pemakaian alumunium foil menjadi alternatif yang pas sebagai solusi yang tepat.

 

 

Kesimpulan 
 

Demikian pembahasan terkait jenis dan manfaat aluminium foil untuk atap baja ringan secara mendalam. Semoga dapat membantu Anda dalam menentukan jenis yang pas dan sesuai dengan kebutuhan Anda.  

 

Semoga artikel di atas bisa membantu dan mengispirasi! Selamat mencoba ya!

 

Untuk hunian Anda, selalu gunakan produk berkualitas seperti halnya material baja ringan dengan mutu yang terjamin.

 

Sebagai distributor baja ringan terbaik di Indonesia, BLKP selalu sigap untuk membantu Anda dengan menawarkan produk baja ringan yang tidak usah diragukan lagi kualitasnya, karena sudah berstandar SNI dan bersertifikat ISO 9001-2015. 

 

Tertarik dan ingin menghubungi BLKP? Klik Hubungi Kami untuk informasi lebih lanjut.



Artikel Populer

Your Message Has Been Sent..