EMANG BISA NODA PADA BAJA RINGAN DIBERSIHKAN?

Saat ini, penggunaan baja ringan dalam dunia konstruksi terutama pada pembangunan gedung, rumah, pabrik maupun gudang sudah semakin trendi. Apalagi material baja ringan terkenal dengan banyak keunggulan yang tidak dimiliki oleh material lainnya, seperti ringan, pemasangan yang mudah, kokoh, tahan lama dan dari segi harga relatif lebih murah dibandingkan dengan material kayu.
 

BACA JUGA : 5 CARA TERAMPUH MEMPERBAIKI GENTENG METAL YANG BOCOR
 

Walaupun memiliki berbagai keunggulan, bukan berarti material satu ini tidak memiliki masalah sama sekali. Terutama didaerah yang memiliki iklim tropis, seperti di Indonesia. Hal ini bisa menyebabkan perubahan warna pada material baja ringan dikarenakan adanya perubahan cuaca.

 

Bisakah Baja Ringan Mengalami Perubahan Warna?
Emang Bisa Noda Pada Baja Ringan Dibersihkan?

Perubahan warna pada material baja ringan bisa saja terjadi akibat adanya penumpukan partikel - partikel kotoran yang berasal dari polusi, kabut bahkan asap. Selain bisa menyebabkan perubahan warna, material baja ringan juga bisa menimbulkan noda. Perubahan tersebut dapat terjadi pada wilayah yang memiliki iklim tropis yang memiliki suhu kelembapan sangat tinggi.

 

Partikel - partikel kotoran tersebut dapat mengikat sangat kuat pada bagian permukaan atap atau bangunan, apabila dipengaruhi oleh cuaca ekstrem. Seperti terjadinya hujan dengan intensitas waktu yang cukup lama. Sehingga dapat membentuk noda permanen pada material baja ringan terjadi.

 

Cara Membersihkan Noda Baja Ringan
Emang Bisa Noda Pada Baja Ringan Dibersihkan?

Jangan khawatir jika material baja ringan Anda sudah terlihat adanya perubahan warna. Hal tsb dapat diatasi dengan melapisi cat tahan karat atau cat pelapis lainnya. Namun, alangkah lebih baiknya Anda harus bisa mengantisipasi sedini mungkin dengan cara melakukan pencegahan sebelum perubahan warna dan noda itu timbul pada material Anda.

 

Lakukan perawatan pada material baja ringan secara rutin agar semakin awet. Bersihkan secara berkala dan juga cek kondisi material baja ringan Anda apabila terdapat kotoran yang menempel.

 

Salah satunya pemilihan baja ringan seperti BLKP menjadi solusi dalam permasalahan ini. Sebab, produk dari BLKP selain sudah memiliki sertifikasi SNI juga memiliki ketahanan terhadap korosi dan cuaca ekstrem sangat baik. Sehingga Anda tidak perlu khawatir akan adanya noda terbentuk pada baja ringan.
 

Pada dasarnya, kondisi geografis dan wilayah tempat tinggal juga sangat memengaruhi tampilan dari baja ringan dapat berubah warna dan bernoda. Salah satu cara material baja ringan sudah terlanjur berubah warna yaitu melapisi menggunakan cat tahan karat. Namun, alangkah lebih baiknya lakukan pembersihan secara rutin terhadap kotoran - kotoran yang menempel dibaja ringan atau memilih menggunakan baja ringan berkualitas seperti BLKP.



Your Message Has Been Sent..