PABRIK BAJA RINGAN DI BATAM BERBAGI TIPS MEMILIH BAJA RINGAN TERBAIK

07 SEP 2021

Pabrik Baja Ringan Batam

Pabrik Baja Ringan di Batam berbagi Tips Memilih Baja Ringan Terbaik

Menemukan pabrik baja ringan di Batam saat ini bukanlah merupakan hal yang sulit seiring dengan kehadiran PT BLKP di Batam sejak tahun 2014. Atap dan Rangka Baja Ringan pun kian populer dikalangan masyarakat, hal ini disebabkan karena Baja Ringan memiliki sejumlah keunggulan antara lain memiliki mutu material yang baik dan konsisten serta sudah standar SNI, tahan karat, anti rayap, kuat, serta mudah dipasang. Atap dan Rangka Baja Ringan juga dibuat di pabrik, hal ini mengakibatkan stok di pasaran semakin mudah didapat dengan harga yang relatif terjangkau termasuk di Kota Batam.

Namun demikian, Boy Halomoan selaku PJS Commercial Business Unit Manager PT BLKP Wilayah 1 Sumatera termasuk Batam mengingatkan pentingnya memperhatikan bahan dan kualitas dari Baja Ringan tersebut. “Pada dasarnya bahan pembuatan Baja Ringan di pabrik ada 2 macam yaitu Galvanis dan Galvalume, komposisi dasar dari Galvanis adalah 98% unsur Zinc atau Seng dan 2% unsur alumunium. Sedangkan pada Galvalume, komposisi aluminium lebih banyak dari seng yakni 55% Alumunium dan 43,5% Seng, serta dilapisi pula oleh silikon sebesar 1,5%”, ujarnya.

Boy juga menjelaskan, karat yang terjadi pada logam atau bahan metal merupakan suatu proses kimia secara alami yang merupakan degenerasi atau pelepasan ion dari sebuah metal. Proses kimia ini juga disebut oksidasi. Pemicu reaksi oksidasi pada logam ini adalah udara dan air atau garam.

“Bagi masyarakat yang tinggal di pesisir pantai termasuk di kota Batam, resiko oksidasi atau karat pada logam semakin tinggi, karena dekat dengan air laut yang mengandung garam yang mana air laut tersebut kemudian akan menguap ke udara, dan udara yang mengandung garam tersebut akan terbawa oleh angin ke daerah pesisir pantai dan mengenai material Baja Ringan di rumah kita”, jelasnya.

Kandungan pada Baja Ringan yang memiliki kemampuan melindungi baja dari karat adalah Alumunium, sehingga Galvalume yang memiliki kandungan Alumunium lebih banyak dari seng menjadikannya lebih tahan dari karat, dibanding Baja Ringan yang berbahan dasar Galvanis karena kandungan alumunium nya hanya 2%.

Atas dasar tersebut PT BLKP selaku Pabrik Baja Ringan dan memiliki cabang di kota Batam sangat memperhatikan kualitas produk yang dihasilkannya dengan memberikan jaminan kualitas SNI serta menggunakan bahan dasar Galvalume yang tentunya sangat tepat digunakan untuk masyarakat yang tinggal di daerah pesisir pantai.

“Produk BLKP yang sangat diminati di area Sumatera khususnya di wilayah Batam adalah Atap Baja Ringan Spandek dengan Merk GNET dan Rangka Baja Ringan dengan merk GNET100, produk tersebut selalu menjadi andalan kami karena masyarakat sangat puas dengan kualitas yang kami berikan, bahkan untuk Spandek warna, kami berani memberikan garansi hingga 4 tahun, tentunya syarat dan ketentuan berlaku”, pungkasnya.

Your Message Has Been Sent..