dekorasi ramadhan.jpg

SAMBUT RAMADHAN! CEK 10 INSPIRASI DEKORASI RAMADHAN UNIK INI

 

Bulan ramadhan akan segera tiba. Saatnya Anda mulai merencanakan hiasan dekorasi ramadhan yang unik dan syahdu menyambut datangnya bulan suci tahun ini.

 

Bulan ramadhan tentunya menjadi bulan yang paling ditunggu-tunggu para umat muslim seluruh dunia.

 

Tak hanya suasana ibadah bersama keluarga yang penuh haru, namun juga menyemarakkan suasana khas hari raya dengan berkreasi dengan berbagai dekorasi ramadhan menghias hunian Anda.

 

Nah, untuk membantu Anda, berikut beberapa referensi dekorasi ramadhan yang bisa Anda coba di rumah. 

 

 

Karpet Permadani Motif Islami

 

Anda bisa menghias interior ruangan dengan menambahkan karpet sebagai alas ruang tamu atau ruang keluarga bertema Ramadhan. Pasang karpet dengan motif nuansa islami sebagai pilihan dekorasi yang simpel namun etnik. 

 

Aplikasikan dengan motif yang menarik dan cocok untuk interior ruangan Anda. Tak perlu mengambil corak yang begitu ramai, karena bisa membuat ruangan jadi terkesan berantakan. 

 

 

Furniture Khas

 

dekorasi ramadhan

 

pinterest.com

 

Akrabkan suasana rumah dengan berbagai pilihan furniture motif khas hari raya juga menjadi inspirasi dekorasi di bulan Ramadhan yang bisa Anda terapkan. 

 

 

Baca Juga: Tips Jitu Mendekorasi Ulang Rumah Anti Mahal

 

 

Coba hias ruang tamu dengan hiasan ukiran atau mozaik dengan pola khas timur tengah atau perabotan dengan style ala middle-east. Bisa juga menambahkan pajangan kubah masjid dengan beragam warna senada interior Anda. 

 

 

Taplak Meja dan Sarung Bantal

 

Untuk kamar tidur, Anda bisa memasang sarung dan sprei dengan bahan khayamiya yang khas. Hiasi juga meja makan dengan taplak kain khayamiya.

 

Kain Khayamiya sendiri adalah kain dengan pola geometris dan lengkung khas Arab yang sering digunakan sebagai dekorasi di Timur Tengah.

 

 

Peralatan Makan

 

Selain dekorasi dinding, lampu hingga ruangan kamar dan ruang tamu, menghias meja makan juga bisa Anda coba.

 

Pernak pernik dan peralatan makan seperti piring, gelas, vas bunga, dengan beragam motif, dan warna, hingga bentuk bisa menjadi hiasan tak biasa di meja makan keluarga. 

 

 

Gantungan Dinding 

 

dekorasi ramadhan

 

id.pinterest.com 

 

Dekorasi yang tak kalah unik yang bisa Anda coba juga adalah menghias dinding atau bagian rumah dengan gantungan bertema Ramadhan. 

 

Anda bisa memasang gantungan pintu dengan tulisan eid mubarak. Selain itu, bisa menjadi hiasan di dinding yang diletakkan di ruang tamu dan keluarga dengan berbagai bentuk pilihan, seperti bentuk bulan, lentera, bungan, dan lainnya. 

 

 

Lentera

 

Lentera juga kerap diidentikkan dengan perayaan umat Islam ini. Coba dengan bentuk dan beragam motif lentera yang tak hanya mempercantik dekorasi rumah Anda, namun juga menjadikan ruangan lebih terang. 

 

Hiasi ruangan dengan lentera gantung atau lentera yang diletakkan pada sudut rumah, hingga tambahan di meja ruang tamu. Tambahkan lampu LED berwarna yang semakin menyemarakkan hiasan lentera Anda. 

 

Semakin islami, coba lentera tradisional yang terbuat dari bahan baja dan kaca atau kain dan plastik cetak khas khayamiya yang unik. 

 

 

Lilin

 

dekorasi ramadhan

 

id.pinterest.com

 

Selain pilihan lentera sebagai tambahan penerang, Anda dapat menempatkan beberapa lilin hias dalam ruangan. 

 

Suasana hangat dan nyaman juga bisa diciptakan dengan tampilan lilin menyala. Coba gunakan lilin aroma therapy yang semakin membuat suasana tenang, saat sedang sahur atau berbuka puasa bersama keluarga tercinta. 

 

 

Wallpaper dan Balon Hias Ramadhan 

 

Ganti suasana dengan hiasan wallpaper nuansa islami yang tak membosankan. Wallpaper bisa menjadi pilihan tepat sebagai pengganti hiasan dinding.

 

Pilih saja motif simpel dan warna lembut. Selain itu, proses mudah melepas dan memasang wallpaper atau wall sticker menjadi kelebihan dekorasi ini. Saat lebaran usai, Anda tak perlu susah payah mengganti hiasannya. 

 


 

Lampu LED Gantung yang Estetik 

 

dekorasi ramadhan

 

littlevintagecottage.com

 

Dekorasi lampu LED gantung akan menambah semarak suasana Lebaran di rumah. Cahayanya yang temaram juga bisa menciptakan suasana nyaman dan tampilan estetik pada ruangan.

 

Pasang bentuk bulan atau bintang yang mewakili suasana idul fitri yang ceria, dan nyalakan saat malam hari. 

 

 

Hiasan Kaligrafi dan Lukisan

 

dekorasi ramadhan

id.pinterest.com

 

Selanjutnya adalah dekorasi yang bisa digantung atau diletakkan pada meja di ruang tamu, diantaranya hiasan kaligrafi dengan warna kayu yang teduh.

 

Gunakan bahan besi atau akrilik yang menambah kesan elegan. Memasang lukisan khas islami juga bisa jadi rekomendasi yang mendukung suasana bulan Ramadhan dalam rumah. 

 

 

Kesimpulan

 

Masih bingung bagaimana menghias rumah saat bulan Ramadhan tiba? Anda bisa mencoba beberapa referensi di atas dan coba hias rumah bersama keluarga tercinta. 

 

Memiliki rencana renovasi atau memperbaiki rumah? Gunakan material bangunan terbaik dan berkualias untuk konstruksi aman dan nyaman bagi penghuni. Salah satunya material baja ringan yang kuat dan kokoh dari BLKP.

 

Ada banyak pilihan material baja ringan berkualitas dengan standarisasi SNI, ISO 9001-2015, uji lab ketahanan produk hingga 4 tahun garansi warna serta tersertifikasi TKDN 22 – 34981. 

 

Tertarik dengan produk kami? silahkan Hubungi Kami

 

Jangan lupa temukan juga beragam artikel-artikel menarik lainnya seputar tips dan desain serta struktur bangunan di BLKP. 



Artikel Populer

Tidak ada artikel popular.
Your Message Has Been Sent..