10 LANGKAH PERBAIKAN GENTENG METAL YANG BERLUBANG

Pemasangan genteng metal yang tepat dan benar membuat struktur pemasangannya menjadi lebih tahan lama. Namun, tidak ada bahan bangunan yang dapat bertahan selamanya, terlebih lagi jika terpengaruh cuaca. Itulah mengapa, atap berbahan logam perlu perawatan dan perbaikan secara rutin.

Langkah Perbaikan Genteng Metal yang Berlubang

Apakah pernah terpikir jika atap metal rumah Anda berlubang dan harus membongkarnya. Ternyata masalah tersebut tidak selalu harus dibongkar dan tidak selalu memerlukan biaya yang banyak untuk memperbaikinya. Sebab perbaikan yang dilakukan secara tepat akan membuat atap sama awetnya seperti ketika pertama kali dipasang. Tetapi, ketika saat musim hujan ternyata atap metal Anda berlubang.

Apakah Bisa Atap Metal di Tambal?

Ada beberapa tahap yang perlu Anda lakukan ketika memperbaiki genteng berbahan logam, di antaranya:

  1. Pertama bersihkan permukaan atap menggunakan pembersih khusus logam agar permukaan bebas dari kotoran, maupun lumut.
  2. Kikis permukaan yang akan ditambal.
  3. Kemudian potong lembaran logam sesuai dengan ukuran area yang ditambal. Selanjutnya tambal dengan cara dikikir untuk mencegah terbentuk sudut tajam.
  4. Letakkan pada lubang yang akan ditambal, lalu tandai dengan pensil dan buat garis di luar tambalan.
  5. Oleskan sealant dengan warna senada dengan permukaan atap pada garis yang telah ditandai.
  6. Tekan tambalan pada area yang rusak. Pastikan sealant keluar dari tepi tambalan di segala sisi hingga tidak ada celah.
  7. Jika lubang terjadi di antara panel, tempelkan membran kaca yang diresapi aspal pada bagian tersebut.
  8. Perbaiki kerusakan pada sambungan dengan potongan membran. Tambalan harus tumpang tindih dengan area setidaknya berjarak 2 inci.
  9. Oleskan lapisan penutup pada tambalan.
  10. Gunakan sekrup untuk merekatkan kedua permukaan logam. Beri jarak setiap 3 sampai 4 inci di sekeliling tambalan.

Setelah perbaikan dilakukan kita harus memeriksanya kembali pada keesokan harinya. Lakukan pemantauan ketika musim hujan, agar bisa dibuktikan apakah perbaikan telah berjalan sukses atau tidak. Apabila masih ada kebocoran, lakukan pemeriksaan kembali dan lakukan kembali tahapan perbaikan diatas dengan lebih teliti dan lebih rapi.

Sumber: Google.com



Your Message Has Been Sent..