3 CARA MEMBUAT ATAP RUMAH TIDAK HILANG DARI ANGIN KENCANG

Atap Rumah Aman dari Angin Kencang

Atap rumah merupakan elemen paling vital pada tempat tinggal. Sebab bagian ini lebih rawan terhadap runtuhan pohon, apalagi terpaan angin kencang. Mengingat ketika musim hujan tiba pasti disertai dengan angin kencang, tidak ada salahnya untuk selalu waspada. Terutama memastikan juga atap tempat tinggal aman dan tidak ambruk.

Cara Mencegah Atap Rumah Rusak

Berikut beberapa cara memastikan dan mencegah atap rumah rusak karena terpaan angin kencang :

  1. Pangkas Pohon Dekat Atap

     

Tumbangnya pohon atau dahan yang berada di dekat atap bisa saja terjadi, termasuk saat hujan yang disertai angin kencang. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan parah.

Itulah mengapa diperlukan pemangkasan secara rutin pada cabang yang menggantung di atas atau dekat atap. Bahkan jika perlu, tebang seluruh bagian pohon yang sudah rapuh dan tampak berisiko tumbang saat cuaca memburuk.

  1. Periksa Atap Bagian Luar dan Dalam

Memeriksa atap bagian luar secara rutin penting untuk dilakukan karena bagian ini rawan terhadap karat, longgar, tersumbat sampah, serta goyah. Sebelum terlanjur terkena dampak angin kencang, segera periksa kembali bagian ventilasi, bersihkan saluran pembuangan, flasher, serta talang air. Lakukan pula perbaikan jika ada elemen yang longgar atau pun terlepas.

  1. Gunakan Genteng Metal
     

Mungkin beberapa orang menilai bahwa atap berbobot ringan seperti genteng metal lebih rawan terdampak angin kencang. Padahal jika baut, sekrup, maupun klip tersembunyi tidak longgar, atap akan tetap aman.

Itulah beberapa tips mencegah atap rumah ambruk saat diterpa angin kencang. Selain memangkas pohon dan memeriksa atap bagian luar maupun dalam, pemilihan jenis genteng juga menjadi solusi yang harus dipikirkan secara matang.

Seperti produk BLKP yang bukan hanya memiliki ketahanan terhadap rayap, melainkan kuat terhadap terpaan angin kencang. Apalagi kualitasnya sudah terjamin dengan garansi dan label SNI. Jadi, tunggu apalagi? Silahkan klik disini untuk informasi lebih lanjut!



Artikel Populer

Your Message Has Been Sent..