4 HAL YANG HARUS KAMU KETAHUI DALAM MEMILIH PINTU BAJA RINGAN

Alasan Memilih Pintu Baja Ringan

Saat ini baja ringan sudah semakin sering dipakai oleh kalangan masyarakat sebagai bahan konstruksi karena memiliki ketahanan yang kokoh serta harga baja ringan juga terjangkau. Karena kekuatannya ini lah baja ringan sering digunakan untuk membuat rangka bangunan perumahan atau gedung. Namun, apakah Anda sudah tahu kalau baja ringan juga bisa dijadikan sebagai bahan pembuat pintu rumah?

Selain dijadikan sebagai akses keluar masuk rumah, namun hadirnya pintu disetiap ruangan rumah dapat memberikan keindahan tersendiri bagi sang penghuni. Apalagi menggunakan pintu yang terbuat dari baja ringan. Selain kuat dan dapat bertahan hingga waktu yang cukup lama, desainnya pun tidak kalah menarik dengan pintu yang terbuat dari kayu.

Kelebihan Menggunakan Pintu Baja Ringan

Ada beberapa kelebihan dari penggunaan pintu dengan desain baja ringan, yaitu:

  1. Anti Rayap

Rayap adalah ancaman yang paling besar bagi setiap rumah yang memiliki barang – barang terbuat dari kayu. Rayap akan cepat menggerogoti bahan dari kayu jika kondisi ruangannya lembab dan minim cahaya. Enggak mau kan kalau pintunya habis dimakan rayap sebelum waktunya?

Maka dari itu, penggunaan pintu baja ringan menjadi solusi dari permasalahan Anda yang tidak menginginkan barang – barangnya dimakan oleh rayap. Walaupun berada pada kondisi ruangan gelap dan minim cahaya, namun pintu baja ringan tahan terhadap rayap dan awet hingga puluhan tahun.

  1. Tahan Terhadap Cuaca

Permasalahan yang sering dihadapi oleh sebagian orang yaitu terletak pada pintu dekat dengan teras. Jika dilihat dari sisi dalam, tampilan pintu masih nampak seperti baru. Namun jika dilihat dari sisi bagian luar, seringkali sudah nampak memudar karena paparan sinar matahari dan terpaan air hujan yang terbawa angin sehingga cepat sekali keropos.

Agar pintu rumah tidak cepat keropos, solusinya menggunakan pintu baja ringan. Selain kuat dan anti rayap, pintu baja ringan tahan terhadap perubahan cuaca seperti di Indonesia sehingga tidak akan melengkung dan menyusut seperti pintu berbahan kayu.

  1. Perawatan Yang Mudah

Baja ringan merupakan bahan yang mudah dibersihkan dibandingkan dengan kayu. Cara membersihkan kotoran yang menempel pada furnitur kayu harus dengan cara diamplas. Namun, cara tersebut dapat mengikis furnitur yang kita miliki. Berbeda dengan bahan material baja ringan.

Cukup dengan menggunakan detergen dan sikat lembut, noda pada pintu baja ringan langsung hilang seketika.

  1. Tahan Terhadap Api

Furnitur yang berbahan baja ringan seperti pintu dapat meminimalisir dampak kebakaran yang terjadi. Justru dengan menggunakan pintu baja ringan, api dapat tertahan sehingga proses pemadaman bisa dilakukan lebih cepat dan lebih mudah.

Seperti brankas yang terbuat dari baja ringan. Jika terjadi kebakaran, apakah ada brankas yang terlihat meleleh terlebih dahulu sebelum barang di dalamnya dapat terselamatkan?

Setelah baca artikel ini, apakah masih mau memilih pintu berbahan kayu dibandingkan baja ringan? Banyak masyarakat yang sudah mempertimbangkan dalam memilih pintu baja ringan dibandingkan dengan pintu berbahan kayu.

Banyak yang mengira bahwa pintu baja ringan hanya memiliki desain yang monoton. Padahal pintu baja ringan juga tidak seutuhnya menggunakan baja, melainkan juga terdapat motif urat kayu alami yang memberikan kesan natural sama dengan pintu kayu. Lalu, bagaimana sudah tertarik untuk mencoba pintu berbahan baja ringan ini?



Artikel Populer

Your Message Has Been Sent..