pagar minimalis

4 MATERIAL PAGAR MINIMALIS YANG COCOK DI JENIS RUMAH APAPUN!

Penggunaan pagar rumah minimalis kini semakin populer karena mampu memberikan kesan yang modern dengan kesederhanaannya sekaligus menghilangkan kesan kaku dan tertutup. Berikut inspirasi yang bisa Anda coba untuk hunian Anda.

 

Dalam membuat pagar minimalis, pemilihan material adalah salah satu hal penting yang harus ditentukan dengan matang sebelum memilih desainnya. 

 

Ini karena material pagar merupakan penentu keamanan bagi penghuni rumah. Beberapa tampilan material pun bisa memberikan kesan minimalis dengan mudah.

 

Berikut beberapa jenis material yang cocok digunakan untuk pagar minimalis di rumah Anda.

 

 

A. Jenis Material Pagar Rumah Minimalis 

 

Material Roster untuk Pagar Rumah Minimalis

 

pagar minimalis

 

Roster adalah material yang terbuat dari beton atau bahan pengeras lainnya yang didesain dengan lubang dan memiliki fungsi utama sebagai sirkulasi udara atau masuknya pencahayaan.

 

Roster bukan barang yang asing dalam rumah-rumah di Indonesia. Karena iklimnya yang tropis dan cenderung panas, roster sering digunakan untuk menciptakan ventilasi udara secara alami. 

 

Karena materialnya yang memang kuat dan tampilannya yang estetik, roster kini juga difungsikan sebagai material pembuatan pagar minimalis yang bisa mempercantik tampilan rumah.

 

Namun karena terbuat dari beton, Anda perlu melakukan perawatan secara rutin untuk memastikan warna dan tampilannya tetap bersih. 

 

 

Material Batu Alam untuk Pagar Rumah Minimalis

 

pagar minimalis

 

Dengan penyusunan yang tepat, batu alam juga dapat dikreasikan menjadi pagar minimalis dengan tampilan yang cantik. 

 

Tidak hanya kokoh dan bisa melindungi, material ini juga mampu memberikan kesan alami pada fasad rumah. Tampilan batu alam umumnya digunakan tanpa ditutupi dengan semen atau bahan bangunan lain.

 

Namun penggunaan batu alam memang perlu dirancang dengan rapi dan disusun sedemikian rupa agar dapat memberikan kesan minimalis yang elegan tanpa terlihat berantakan.

 

pagar minimalis

 

Sumber Gambar: renoguide.com.au

 

Jenis batu alam yang biasa digunakan untuk pagar rumah minimalis biasanya adalah batu jenis granite, andesite, batu palimanan, batu paras jogja, koral, dan beragam jenis batu lainnya.

 

Sama seperti material pagar sebelumnya, penggunaan batu alam memerlukan perawatan secara rutin. Utamanya menyikat dan membersihkan permukaan batu dari lumut karena material batu alam mudah berlumut.

 

 

Material Kayu untuk Pagar Rumah Minimalis

 

pagar minimalis

 

Sumber Gambar: renoguide.com.au

 

Selanjutnya, material yang sering digunakan sebagai pembuatan pagar adalah kayu.

 

Ada banyak jenis kayu yang biasa digunakan untuk pagar, namun umumnya dipilih jenis yang kokoh dan kuat.

 

Penggunaan material kayu memang selalu sukses memberikan kesan natural dan minimalis pada bagian rumah apapun, sayangnya dari sekian jenis material yang disarankan, kayu adalah yang daya tahannya sangat lemah dan rawan rusak.

 

Faktor yang menyebabkan kerusakan pada pagar kayu umumnya adalah cuaca hujan dan pana terik, serta rayap.

 

pagar minimalis

 

Sumber Gambar: renoguide.com.au

 

Kekurangan ini sebenarnya bisa diakali dengan pemberian lapisan anti air dan anti rayap atau menggunakan material kayu yang kuat dan berkualitas seperti kayu jati, mahoni, dan lain sebagainya.

 

Namun itu artinya Anda harus bersedia memberikan perawatan yang rutin agar pagar tetap kuat dan pengecatan ulang agar warnanya selalu cantik, atau merogoh kantong lebih dalam untuk membeli material yang cukup mahal.

 

 

Material Baja Ringan untuk Pagar Rumah Minimalis

 

pagar minimalis

 

Sumber Gambar: renoguide.com.au

 

Terakhir, material yang cocok untuk pagar minimalis adalah baja ringan.

 

Beberapa tahun belakangan ini, baja ringan semakin populer digunakan dalam dunia konstruksi. Mulai dari dimanfaatkan sebagai rangka atap, dinding, plafon, hingga lantai. 

 

Baca Juga : Mengenal Total Baja Ringan, Inovasi Terbaik di Bidang Manufaktur

 

 

Kini baja ringan juga dapat dikreasikan sebagai pagar rumah minimalis. Sifat baja ringan seperti mudah dibentuk, kokoh, anti karat, dan lain-lain memberikan banyak keuntungan dan tentu lebih aman.

 

pagar minimalis

 

Sumber Gambar: renoguide.com.au

 

Baja ringan memiliki tampilan yang cocok dengan rumah minimalis. Dengan perawatan yang minim, baja ringan mampu melindungi rumah Anda untuk waktu yang sangat lama.

 

Selain lebih murah dibandingkan kayu berkualitas atau material lainnya, baja ringan yang memiliki usia pakai yang panjang, juga bisa didaur ulang sehingga semakin memberi nilai ekonomis.

 

 

B. Penutup

 

Itulah beberapa contoh material yang bisa cocok dan bisa Anda gunakan sebagai pagar rumah minimalis untuk jenis rumah apapun.

 

Jadi, mana yang akan Anda pilih?

 

Apabila Anda sedang membutuhkan material baja ringan yang kuat dan bermutu tinggi, BLKP bisa menjadi pilihan untuk Anda.

 

Material baja ringan yang diproduksi oleh BLKP sudah terbukti kualitasnya, karena memiliki standar SNI dan ISO. 

 

Ada yang ingin Anda tanyakan? Dapat menghubungi kami lewat akun sosial media kami berikut: Hubungi Kami.



Artikel Populer

Your Message Has Been Sent..