5 DESAIN KAMAR MINIMALIS DAN TIPS MEMBUATNYA!

Pusingnya seharian bekerja paling baik ditutup dengan istirahat di kamar yang nyaman. Karena fungsinya untuk meringankan pikiran, maka desain kamar minimalis semakin populer untuk diterapkan.

 

 

Tips Membuat Kamar Minimalis

Nah, sebelum membahas dan melihat serangkaian inspirasi desain kamar tidur yang bisa Anda contek, ada baiknya kita membahas tips membuat kamar tidur menjadi minimalis.

 

 

Jangan Berpikir Terlalu Sulit, Mulai dengan Rapikan Kamar Tidur

 

Tidak ada satupun aliran dan ahli yang bisa menggabungkan desain minimalis dengan ruangan yang berantakan.

 

Memutuskan menjadikan kamar tidur minimalis, artinya Anda juga harus merubah pola pikir dan kebiasaan Anda menggunakan kamar Anda.

 

Mulai dengan merapikan kamar, artinya Anda siap untuk mendapatkan suasana baru dan membuang hal-hal yang tak perlu.

 

Memang sulit untuk memilah barang-barang yang selama ini ada di kamar kita, meskipun tidak digunakan. Berikut tips yang bisa Anda gunakan untuk merapikan kamar Anda:

 

- Pilah barang-barang menjadi beberapa kategori seperti sering digunakan, beberapa kali digunakan, jarang digunakan, dan tidak digunakan sama sekali. Anda juga bisa membuat kategori seperti masih membuat senang, bosan, dan benci.

 

- Jika Anda memiliki beberapa tempat penyimpanan, benda diatas meja, dan hiasan dinding, cobalah punya target untuk mengurangi hingga setengahnya. Ini memicu Anda untuk tertantang menciptakan ruang terbuka. 

 

- Ingat, secara psikologis ruang Anda mencerminkan suasana hati Anda. Semakin sedikit barang yang Anda miliki di kamar, maka semakin bebas dan tenang pikiran Anda.

 

 

Tempat Tidur Jadi Prioritas

 

Apa yang paling penting dari kamar tidur? Benar, tempat tidur. Tempat tidur Anda adalah perabot terpenting di kamar tidur Anda.

 

Untuk mendesain kamar Anda secara keseluruhan, mulailah dari bagian utama tersebut sebelum detail tambahan atau dekorasi apapun.

 

Karena tempat tidur akan menjadi titik fokus dari kamar tidur Anda, maka cobalah untuk mengolah tampilannya. 

 

Misalnya, apakah Anda ingin menjadikan tempat tidur Anda sederhana dan mengoptimalkan dekorasi pada sekelilingnya, atau ingin menjadikan tempat tidur anda juga bagian dari seni-nya?

 

Anda dapat memilih tempat tidur sederhana tanpa bingkai atau matras empuk yang diletakkan di lantai jika Anda ingin menciptakan kesan yang luas.

 

Atau menggunakan tempat tidur dengan dekorasi minimal untuk lebih menonjolkan eksistensi tempat beristirahat Anda.

 

 

Warnai Kamar Tidur Anda dengan Nuansa Netral Dingin

 

Ciri khas palet warna dalam desain minimalis adalah warna yang cenderung netral dan dingin. Namun Anda tidak perlu terbatas pada pilihan monokrom hitam putih.

 

Penggunaan warna putih, krem, abu-abu, dan warna lainnya yang dingin bisa sangat cocok digunakan di kamar tidur minimalis.

 

Apapun pilihan warna Anda nanti, selalu ingat bahwa minimal adalah kuncinya. Semuanya tentang kembali ke dasar dan fungsional.

 

Terlalu banyak warna yang bentrok, pola yang ramai, dan lain sebagainya tidak akan memberi Anda nuansa damai yang Anda inginkan. 

 

 

Ciptakan Nuansa yang Damai dengan Furnitur dan Pencahayaan yang Cukup

 

Untuk menciptakan ruangan minimalis yang lebih sempurna, langkah terakhirnya adalah Anda harus menempatkan semuanya berdasarkan hal-hal yang diperlukan saja.

 

Seperti yang kita bahas sebelumnya, Karena tempat tidur Anda adalah titik fokus utama ruangan Anda, maka perabotan Anda yang lain perlu dirapikan.

 

Jika Anda kesulitan meminimalisir jumlah perabotan seperti: banyaknya berkas atau benda di meja rias, setidaknya tempatkan sejauh mungkin dari tempat tidur. Ini bisa menciptakan persepsi bahwa tempat tidur Anda selalu rapi.

 

Selain perabotan, pencahayaan merupakan elemen penting lainnya yang harus diperhatikan saat mendesain kamar tidur minimalis.

 

Usahakan mengoptimalkan pencahayaan alami untuk penerangan kamar tidur Anda.

 

 

5 Inspirasi Desain Kamar Tidur Minimalis

 

 

Ornamen Tanaman Sebagai Aksen diantara Warna Minimalis

 

Kamar Minimalis

Sumber Gambar: Kateryna Senko

 

 

Penggunaan Jendela yang Besar dengan Matras Membuat Kamar Sempit Jadi Luas

 

Kamar Minimalis

Sumber gambar:  Marc Canut

 

 

Rak yang Rendah Membuat Tembok Lebih Bersih dan Lukisan Terlihat Indah

 

Kamar Minimalis

Sumber gambar:  Design Kolo

 

Penggunaan warna hitam putih yang cantik

 

Kamar Minimalis

Sumber Gambar: Hoski

 

 

Penggunaan Split Level untuk Memisahkan Tempat Tidur

 

Kamar Minimalis

Sumber gambar:  Filip Sapojnicov

 

Baca Juga : Sulap Rumah Kecil Jadi Lebih Luas Dengan Rumah Split Level Yuk!

 

 

Penutup

 

Sekian pembahasan cara dan inspirasi desain kamar minimalis yang bisa Anda coba.

 

Tentunya, Anda perlu mengadaptasikannya dengan situasi dan kondisi apartemen atau rumah Anda masing-masing. Termasuk dengan waktu, tenaga, dan anggaran yang Anda punya di dalam pengerjaannya.

 

Jadi, siap ubah nuansa kamar tidur?

 

Jika Anda membutuhkan material baja ringan yang kuat tapi cantik BLKP tempatnya!

 

Hanya material baja ringan yang diproduksi oleh BLKP yang sudah terjamin kualitasnya, karena sudah berstandar SNI dan ISO. 

 

Anda masih bimbang dan ingin bertanya? Jangan ragu untuk menghubungi kami melalui sosmed berikut : Hubungi Kami.

 

Ingin melihat katalog produk BLKP? Klik Disini.



Artikel Populer

Your Message Has Been Sent..