Your Partner for Ibiza Properties ᐅ GHL Real Estates Ibiza.jpg

INGIN PUNYA MEJA DAPUR COR? BERIKUT DESAIN DAN CARA BUATNYA

Meja dapur cor adalah bagian penting di dapur. Pastinya Anda butuh tempat untuk menyiapkan bahan masakan, bumbu dan aktifitas lainnya di meja dapur. 

 

Pilihan untuk membuat meja dapur cor daripada menggunakan meja kayu atau portable masih menjadi favorit untuk desain dapur pada umumnya. Bicara soal ketahanan dan fungsionalnya membuat jenis meja ini menjadi pilihan. Dengan bahan beton, pastinya tidak akan mudah dimakan rayap dan rusak. 

 

Selain itu, pilihan desain meja dapur cor minimalis yang beragam dan bisa menjadi ide menarik jika ingin memanfaatkan ruang. 

 

Baca Juga: Punya Ruang Yang Sempit? Yuk Sulap Jadi Lebih Luas Dengan Rumah Split Level!

 

 

Namun, bagaimana cara membuat meja dapur cor dan masih bingung memilih model yang pas untuk dapur? Berikut adalah beberapa inspirasi desain yang bisa ditiru. 

 

Apa saja sobat BLKP? Ini ulasan lengkapnya!

 

 

Cara Membuat Meja Dapur Cor Minimalis 

 

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat akan membuat meja dapur dari beton cor. 

 

 

Hitung Ketinggian

 

Ketinggian meja dapur dari bahan beton atau material apapun, sangat penting untuk diperhatikan karena berkenaan dengan kenyamanan pengguna.

 

Jadi, pastikan dengan tepat ketinggian sesuai dengan tinggi para penghuni, khususnya pengguna dapur. 

 

 

Posisi Yang Tepat 

 

Tentukan posisi aman untuk penempatan meja dan kompor. Jangan tempatkan di area jendela dengan sirkulasi angin yang kencang, karena bisa membuat api tidak stabil. Bukan hanya bisa membuat kebakaran, namun juga konsumsi gas yang cepat habis.

 

Tempatkan juga sesuai dengan alokasi luas dapur yang disesuaikan ya, jangan sampai memakan banyak tempat sehingga menyusahkan penghuni.

 

 

Pemilihan Besi Cor

Lebih baik gunakan besi cor dengan diameter 8 mm dan disusun lebih rapat. Tujuannya untuk kekuatan meja dapur. 

 

 

Perhatikan Saluran Air

 

Saluran air baik bersih atau untuk pembuangan harus diperhatikan dengan seksama, sebelum membuat meja dapur. Jaringan instalasi dari tangki air harus mudah diakses. 

 

Begitu juga untuk drainase. Saluran drainase harus dibuat sesuai standar dan perencanaan matang, agar tidak ada hambatan nanti setelah digunakan.

 

Pemasangan pipa dengan rencana yang matang, karena jenis meja ini tidak mudah dibongkar pasang jika ada kebocoran di masa depan. 

 

 

Sesuaikan Dengan Jenis Kompor

 

Jenis kompor yang akan Anda pakai lebih baik sesuai dengan bentuk meja dapur dari beton cor tersebut. Jika menggunakan kompor gas biasa, desain meja khusus lebih rendah dari permukaan utama meja dapur.

 

Untuk jenis stand-alone dengan oven, sebaiknya gunakan tempat khusus.


meja dapur cor

 

Pinterest: Queline FdePaula

 

 

Tambahkan Bahan Keramik dan Granit

 

Meja dapur wajib awet dan memiliki kelembaban yang pas. Jadi, lapisi meja dapur dengan bahan keramik atau granit. Tidak hanya untuk penampilan meja, namun bahan ini bisa mempermudah perawatan dan membersihkan meja dapur Anda. 

 

 

5 Desain Meja Dapur Cor Minimalis

 

Berikut beberapa pilihan untuk desain meja dapur yang dicor. 

 

 

Kombinasi Kabinet Yang Unik

 

meja dapur cor

 

Pinterest: K Barrett

 

Desain dapur yang memiliki meja dapur cor bisa lebih menarik dengan penambahan kabinet bawah. Kabinet ala gaya farmhouse dengan tambahan material kayu. Semakin artsy dengan warna pastel yang cerah atau monokrom yang simpel. 

 

 

Posisi Letter U

 

Model letter U merupakan model yang umum diterapkan. Ini menjadi salah satu model meja dapur cor minimalis yang juga cocok untuk ruangan sempit. 

 

Dengan model letter U, posisi efisien karena Anda bisa sekaligus memiliki meja makan. Posisi penyimpanan untuk model meja dapur ini juga lebih banyak. 

 

 

Gunakan Material Terbaik

 

meja dapur  cor

 

Pinterest: livinghip.nl

 

Jika ingin desain yang lebih elegan dan terlihat mewah, Anda bisa menggunakan material seperti marmer di bagian atasnya. Terapkan warna netral yang natural, sejenis hitam, putih, dan abu-abu. 

 

 

Pintar Kombinasi Warna

 

Jika ingin mencoba model meja dapur cor minimalis, Anda bisa bermain kombinasi warna. Terapkan warna berbeda antara lemari dan meja dapur dan atur warna di sisi kitchen set atas dan bawah.

 

Tampilan ini tidak hanya soal daya tarik visual di bagian dapur rumah. Akan tetapi, akan menambah kenyamanan saat di dapur. 

 

 

Desain Letter L 

 

meja dapur cor

 

Pinterest: Joanna Eliel

 

Jika tadi model letter U, kali ini kita membahas desan letter L. Tempatkan meja dengan posisi tinggi di area sink dan rendah untuk bagian masak. Posisi ini membantu anda dalam bergerak saat sedang memasak.

 

Penggunaan kabinet di atas dan bawah akan memberikan space yang cukup untuk penyimpanan barang. Wilayah backspalsh dengan warna senada dengan lantai akan membuat ruangan lebih menarik.

 

 

Kesimpulan 

 

Itulah beberapa inspirasi desain meja dapur cor yang menarik dan tak monoton serta cara mudah untuk membuatnya. Jangan ragu untuk mencobanya ya! 

 

Semoga artikel ini dapat membantu dan mengispirasi Anda. 

 

Jangan lupa untuk selalu pilih produk terbaik bagi hunian Anda, seperti menggunakan baja ringan sebagai material konstruksinya.

 

BLKP hadir dengan beragam produk baja ringan yang berkualitas, yang sudah memiliki standarisasi SNI maupun sertifikasi ISO 9001-2015. 

 

Tertarik dan ingin menghubungi BLKP? Silahkan Hubungi Kami.



Artikel Populer

Tidak ada artikel popular.
Your Message Has Been Sent..