desain pantry rumah

5 INSPIRASI DESAIN PANTRY RUMAH, PUNYA DAPUR LEBIH MODERN!

Mau ubah dapur Anda jadi lebih modern, selalu rapi, dan bersih? Ayo pelajari tips & trik serta inspirasi desain pantry rumah yang mudah untuk ditiru.

 

Berbeda dengan dapur, pantry adalah area yang digunakan untuk menyimpan bahan masakan atau minuman serta keperluan memasak dan peralatan makan.

 

Dapur adalah salah satu tempat yang paling penting dan wajib untuk jenis hunian apapun. 

 

Namun, dapur bisa menjadi tempat yang selalu berantakan, banyaknya barang dan bahan masakan, sehingga perlu dibuatkan solusi untuk menjaganya agar tetap rapi dan bersih.

 

Disinilah fungsi pantry diperlukan. Lalu apa yang Anda lakukan untuk membuat pantry? Berikut ini rangkuman informasinya untuk Anda.

 

 

A. Tips Membuat Desain Pantry Rumah dengan Mudah

 

desain pantry rumah

 

1. Buat Evaluasi Tentang Apa Saja Keperluan Yang Ada Di Pantry Anda

 

Sebelum memulai mendesain pantry, hal yang pertama yang harus Anda lakukan adalah mencatat atau mengevaluasi apa saja yang harus Anda simpan.

 

Misalnya, bahan makanan apa saja yang sering Anda stok di dapur? Seberapa banyak? Apakah berat? Atau seberapa besar tempat yang diperlukan untuk menyimpannya dalam jangka waktu 1 bulan? dan lain-lain.

 

Selain bahan makanan, Anda juga perlu melakukan evaluasi ini pada keperluan alat makan dan memasak. Terutama pada pengaturan prioritas barang-barang yang sering dan jarang digunakan.

 

Kegiatan ini menghasilkan informasi yang penting untuk mempertimbangkan jenis rak dan penyimpanan apa yang paling cocok untuk bahan makanan Anda yang biasa. 

 

Terutama bila Anda ingin mengkustom kebutuhan pantry Anda, dengan mempertimbangkan berat dan tingginya, dapur Anda jadi bisa menampung semuanya dengan sempurna.

 

Contohnya untuk membuat desain yang fungsional, Anda bisa menciptakan jarak antar rak jadi lebih sesuai kebutuhan sesuai ukuran berikut: 

 

Barang seukuran makanan kaleng: 15 - 20 Cm

Seukuran Kotak Sereal: 35  - 45 Cm

Barang-barang Besar: di atas 50 Cm

 

Dengan pengukuran yang pas, Anda bisa memastikan susunan pantry tidak terlalu tinggi dan mudah dijangkau.

 

 

Tingkatkan Aksesibilitas dan Kualitas Pantry

 

Tujuan utama dari mengevaluasi keperluan yang akan disimpan di dalam pantry dan memperkirakan ukurannya adalah memastikan pantry punya aksesibilitas yang baik dan berkualitas.

 

Ketika Anda menyadari bahwa Anda punya banyak sekali koleksi bumbu dapur dan alat makan yang sering digunakan, menggunakan penyimpanan seperti laci pasti sangat memudahkan.

 

Meningkatkan aksesibilitas artinya mempermudah barang-barang yang sering digunakan untuk dijangkau dan menjauhkan atau menyembunyikan barang-barang yang jarang digunakan.

 

Anda bisa menggunakan campuran rak terbuka dan tertutup untuk kedua fungsi tersebut. Pertimbangkan juga untuk menggunakan gantungan untuk menyimpan alat-alat masak yang rutin digunakan agar lebih hemat tempat.

 

Pencahayaan juga penting untuk visibilitas Anda dalam mengakses barang-barang di pantry. Anda bisa menggunakan lampu LED di bawah rak atau lampu yang diaktifkan dengan sensor ketika seseorang mengakses area pantry.

 

Untuk material dan menjaga pantry tetap rapi dan bersih untuk waktu yang lama, penggunaan material yang tepat dan berkualitas juga sangat diperlukan.

 

Salah satunya adalah menggunakan material baja ringan. Kenapa?

 

desain pantry rumah

Pinterest: Backsplash.com

 

Material yang kokoh, ringan, anti karat, mudah dibersihkan, minim perawatan, hingga tidak merambatkan api adalah keunggulan yang diberikan baja ringan jika digunakan sebagai material pantry.
 

Dengan komposisi dan kreativitas yang pas, kreasi baja ringan untuk pantry memberikan dapur anda minimalis dan modern yang cantik.

 

Baca Juga : Pengen Cari Cuan Tambahan? Coba Inspirasi Kreasi dari Baja Ringan!

 

 

B. Inspirasi Desain Pantry Rumah

 

Menggunakan Pintu Geser yang Menghemat Tempat

 

desain pantry rumah

 

 

Pantry yang Terbuka dengan Warna yang Tegas juga Indah Dipandang

 

desain pantry rumah

 

 

Format Lemari Geser Memudahkan Mengambil Barang dengan Tempat yang Kecil

 

desain pantry rumah

 

 

Tidak Melulu Minimalis, Ornamen juga Memberikan Kesan Artistik pada Pantry

 

desain pantry rumah

 

 

Memanfaatkan Area yang Tidak Digunakan seperti Bagian Bawah Tangga

 

desain pantry rumah

 

Gambar diambil dari situs This Old House

 

 

C. Penutup

 

Sekian pembahasan tips & inspirasi desain pantry rumah. Semoga bisa memberikan pengetahuan dan inspirasi, terutama bagi Anda yang membutuhkan dapur bersih dan rapi.

 

Jika Anda membutuhkan material baja ringan yang kuat tapi cantik, BLKP pilihan yang tepat!

 

Material baja ringan yang dibuat dan diproduksi BLKP sudah terjamin kualitas dan mutunya, karena memiliki standar SNI maupun ISO. 

 

Ada yang ingin Anda tanyakan lebih lanjut? Segera hubungi kami melalui sosmed berikut : Hubungi Kami.



Artikel Populer

Your Message Has Been Sent..