saluran air hujan.jpg

CATAT! 5 JENIS SALURAN AIR HUJAN, KELEMAHAN DAN KELEBIHANNYA

Saluran air hujan menjadi perhatian penting, apalagi saat memasuki musim penghujan. Bagian yang juga disebut sebagai talang air ini berfungsi untuk mengalirkan air hujan yang masuk dalam talang dan membuangnya ke saluran yang disediakan. 

 

Tempat yang dimaksud adalah bagian sumur resapan, tangki penampungan air atau langsung ke tanah. Air yang dibuang dimaksudkan agar tidak membanjiri bagian rumah, rembes ke bagian atap atau dinding hingga merusak plafon. 

 

Baca Juga: Ingin Pasang Plafon Rumah? Cek Dulu Kelebihan & Kekurangannya Disini

 

 

Dipasang dengan horizontal atau vertikal, saluran air hujan wajib dipasang dengan material yang berkualitas agar awet dan bisa digunakan sesuai fungsi. 

 

Di sisi lain, ada banyak jenis saluran air hujan yang harus Anda ketahui karena berhubungan dengan fungsinya. Apa sajakah?

 

Berikut beberapa jenis saluran air hujan yang bisa Anda gunakan : 

 

 

Saluran Air Hujan Dari PVC

 

saluran air hujan

 

Talang dari bahan PVC ini menjadi pilihan favorit yang digunakan sebagai talang penampung air hujan. Harganya dinilai cukup terjangkau dan tidak mudah karat serta menimbulkan suara berisik ketika hujan datang.

 

Namun, ketahanannya tidak begitu lama jika dibanding dengan bahan beton cor. 

 

 

Saluran Air Hujan dari Seng

 

Umumnya, jenis saluran air dari bahan seng menjadi pilihan yang sering diterapkan untuk perumahan di Indonesia. Selain harga yang cukup murah, saluran air jenis ini mudah dipasang.

 

fleksibel mengikuti bentuk atap dan gampang pemasangannya, membuat keunggulan talang air dari jenis seng ini. Akan tetapi, saluran air yang satu ini lebih mudah berkarat. Selain itu, saat mengalirkan air hujan yang lebat, akan terdengar suara berisik. 


 

Saluran Air Hujan dari Logam

 

saluran air hujan

 

Bahan logam juga dapat menjadi pilihan yang bagus untuk rumah Anda. Material yang paling sering digunakan sebagai bahan pembuat saluran air hujan yakni galvalum. 

 

Galvalum sendiri dibentuk dengan bahan dari seng, akan tetapi sudah memiliki kandungan aluminium. Untuk talang air material galvalum ini dinilai sangat awet dan tahan uji, jika dibandingkan dengan seng. 

 

Bahan galvalum mempunyai kelebihan anti korosi, tidak gampang rusak atau keropos hingga ati rayap. Talang air dari bahan logam ini juga difungsikan untuk bangunan atau tempat tinggal. 

 

Harganya relatif murah dan awet. Namun, talang logam ini kadang dapat menimbulkan bunyi berisik ketika hujan turun. Selain itu, jenis saluran air ini dapat meningkatkan suhu temperatur di bagian atap dan sekitarnya. 

 

 

Saluran Air Hujan dari Karpet

 

Talang dari bahan plastik, dengan berat yang lebih ringan dan harga yang cukup terjangkau, menjadi kelebihan dari talang air ini. 

 

Walau pemasangannya termasuk fleksibel, akan tetapi penggunaan talang air karpet dalam jangka waktu yang lama, akan menimbulkan kerusakan pada material atas talang air, hingga merusak talang karpet. Apalagi jika sering terjadi perubahan cuaca. 

 

Jadi, Anda harus selalu melakukan pemeriksaan berkala, dan segera ganti jika ada bagian yang sudah mulai rusak. 

 

 

Saluran Air Hujan dari Beton 

 

saluran air hujan

 

flatroofscornwall.com

 

Jenis yang satu ini menjadi jenis talang air yang sudah mulai menjamur di perumahan dan bangunan besar, seperti perkantoran karena kekuatan dan keawetannya.

 

Saluran air yang satu ini wajib dipasang oleh ahli dan lebih baik disesuaikan dengan desain bentuk atap agar fungsinya maksimal. 

 

Saluran air beton memang memerlukan waktu lebih lama dalam hal pembuatan hingga pemasangannya. Biasanya harus dicor dan dikeringkan dengan baik pada suhu yang tepat, kemudian bisa digunakan dengan tepat.

 

Jika ada kesalahan selama proses pengolahannya, talang air akan mudah retak dan bocor. Dengan segala kelebihan saluran air berbahan beton ini, ada kekurangan yang bisa menjadi perhatian Anda, yakni biaya produksi yang lebih mahal, berat pada talang air yang bisa mempengaruhi struktur bangunan juga wajib diwaspadai. 

 

Jangan lupa lakukan pengecekan berkala dan tambahkan waterproofing agar bebas dari rembesan air hujan.

 

 

Kesimpulan 

 

Itu dia beberapa jenis saluran air hujan, dengan kelemahan maupun kelebihannya. Gunakan yang sesuai dengan kebutuhan Anda ya! 

 

Miliki juga hunian impian dengan material bangunan terbaik, seperti dengan menggunakan material baja ringan dengan kualitas yang tidak perlu Anda ragukan lagi.

 

BLKP sebagai perusahaan manufaktur berskala Nasional selalu menghadirkan berbagai macam produk baja ringan yang bermutu tinggi dengan standarisasi SNI dan ISO 9001-2015. 



Artikel Populer

Your Message Has Been Sent..