dapur bawah tangga

5 MODEL DAPUR BAWAH TANGGA & TIPS MUDAH MERANCANGNYA

Tahukah Anda? bagian bawah tangga rumah ternyata bisa Anda sulap menjadi sebuah dapur yang multifungsi.
 

Bikin hemat tempat dan memaksimalkan setiap sudut rumah! dapur bawah tangga bisa menjadi solusi terbaik untuk Anda yang memiliki ruangan minimalis.


 

5 Model Dapur Rumah Tangga

 

dapur bawah tangga

 

Pinterest : regardsetmaisons.blogspot.fr

 

 

Lalu, bagaimana model dapur bawah tangga tersebut? Dibawah ini kami akan ulas 5 model dapur di bawah tangga yang bisa ditiru dan diaplikasikan pada rumah Anda.

 

Baca Juga : Pengen Buat Dapur Di Luar? Cek Ide Dapur Outdoor Disini

 

 

Dapur Mungil, Namun Terlihat Elegan

 

dapur bawah tangga

 

Pinterest : designingidea.com

 

Meskipun memiliki bentuk yang mungil, Anda bisa membuat dapur bawah tangga Anda terlihat lebih elegan.

 

Hanya dengan menambahkan beberapa furnitur seperti lampu gantung, rak gantung ataupun meja yang terbuat dari marmer, dapur mungil Anda akan berubah jadi lebih menarik.

 

Selain itu, agar dapur mungil bawah tangga terkesan lebih luas, Anda bisa memilih meja dapur dengan warna putih atau warna monokrom untuk memberikan kesan elegan.

 

 

Dapur & Ruang Makan Menjadi Satu

 

dapur bawah tangga

 

Pinterest : Nila Kumalasari

 

Jika dapur bawah tangga bersebelahan dengan dapur, Anda bisa menggunakan konsep terbuka. 


 

Maksud dari konsep terbuka adalah dimana ketinggian dari tangga ini bisa Anda manfaatkan untuk memperluas dapur sehingga kegiatan masak-memasak menjadi lebih leluasa dan nyaman. 



 

Model Dapur Menggunakan Warna Cerah

 

dapur bawah tangga

 

Pinterest : remodelista.com

 

Jika Anda menginginkan dapur bawah tangga Anda terlihat lebih terang, Anda bisa memadukan warna-warna cerah di dapur Anda, seperti: warna putih, biru muda ataupun warna kuning.


 

Dapur dengan model seperti ini mengusung konsep terbuka sehingga area yang kecilpun akan terlihat lebih luas.

 

 

Menggunakan Meja Dapur Dari Marmer

 

dapur bawah tangga

 

Pinterest : Alison Hundley-Appleton

 

Anda juga bisa bermain warna untuk dapur bawah tangga Anda seperti menggunakan furniture kicthen set yang berwarna biru cerah.


 

Untuk memperindahnya lagi, Anda bisa memadupadankannya dengan meja dapur yang terbuat dari marmer berwarna cokelat dan ubin keramik berwarna putih.

 

Selain itu, untuk menambah tempat penyimpanan di dapur, Anda bisa juga menyimpan lemari kecil di area bawah tangga.

 

 

Model Dapur Dengan Nuansa Etnik

 

dapur bawah tangga

 

Pinterest : espacioliving.com

 

Anda bisa membuat dapur di bawah tangga rumah Anda dengan nuansa etnik, dimana model dapur ini akan memberikan kesejukan dan kenyamanan pada tiap ruangan. 

 

Untuk mempercantiknya, Anda dapat menyimpan beberapa perabotan yang terbuat dari kayu pada ruangan seperti: meja dan kursi kayu, lampu kayu serta aksen dinding yang terbuat dari kayu.

 

Untuk memberikan kesan yang asri pada ruangan, Anda juga bisa menambahkan dekorasi ruangan seperti tanaman hias berwarna serba hijau.

 

 

Tips Merancang Dapur Bawah Tangga Berdasarkan Feng Shui

 

Berdasarkan Feng Shui yang masih banyak dipercaya oleh masyarakat Indonesia, membuat dapur dibawah tangga ternyata memberikan efek yang kurang baik.


 

Salah satu hal yang wajib diperhatikan ketika Anda merancang rumah berdasarkan Feng Shui adalah letak atau posisi dapur di bawah tangga.

 

Dan bagian bawah tangga inilah yang tidak dianjurkan untuk pembuatan dapur.

 

Alasannya adalah karena kegiatan masak-memasak di bawah tangga kemungkinan akan dilangkahi oleh orang yang berjalan naik atau menuruni tangga, sehingga hal ini yang tidak diperbolehkan.

 

Namun Anda tidak perlu khawatir! Anda masih bisa memanfaatkan area bawah tangga untuk dapur dengan tips berikut.

 

 

Tempatkan Dapur di Bagian Belakang

 

Anda dapat mengatur posisi dapur yang berada di bawah tangga agar tidak terlihat dari area ruang tamu atau ruang keluarga, caranya adalah dengan memilih sisi dinding yang terletak di bagian paling belakang untuk posisi dapur Anda.


 

Untuk kompor maupun wastafel juga jangan diletakan di bagian anak tangga, Anda dapat menyiasatinya dengan meletakkannya di samping anak tangga.

 

 

Atur Jarak Kompor dan Wastafel

 

Berdasarkan Feng Shui, ada beberapa larangan yang wajib Anda hindari yaitu tidak boleh meletakkan kompor dibawah balok beton tangga.


 

Anda harus menyiasatinya dengan mengubah posisi atau mengatur jarak kompor menjauh dari balok beton tangga tersebut.

 

Ternyata selain dari segi Feng Shui, posisi kompor yang berada di bawah tangga juga bisa membuat asap dari masakan menyebar, sehingga dapat membuat seisi rumah menjadi bau.

 

 

Atur Posisi antara Kamar dan Dapur

 

Alangkah lebih baik apabila posisi kamar Anda tidak berdekatan dengan area dapur. Karena menurut Feng Shui, posisi kamar yang berdekatan dengan dapur dapat mempengaruhi keharmonisan rumah tangga orang yang berada di dalam rumah tersebut.

 

 

Hal ini tidak hanya terjadi bagi yang sudah menikah saja, bagi Anda yang belum menikah, dengan posisi kamar yang berada di dekat atau di atas dapur juga bisa membuat sulit memperoleh jodoh. Dengan posisi tersebut, dapat membuat emosi yang tidak stabil.

 

 

Atur Posisi Meja Dapur

 

Menurut Feng Shui, meja dapur alangkah lebih baik agar tidak berada di dekat atau di bawah tangga.

 

 

Dengan meletakkan meja dapur di bawah tangga, akan membuat usaha Anda tidak berjalan lancar akibat injakan kaki ketika orang menaiki tangga.

 

Dari segi kesehatan juga, kotoran dan debu yang dihasilkan dari injakan kaki orang menaiki tangga bisa dengan mudah masuk ke dalam makanan. Tentunya hal tersebut tidak baik untuk kesehatan.

 

 

Jauhkan Dapur dengan Kamar Mandi

 

Larangan lainnya yang perlu Anda perhatikan adalah daun pintu yang terhubung dengan kamar mandi.

 

Menurut ilmu Feng Shui, ke kamar mandi melewati dapur merupakan sesuatu yang buruk dan sebaiknya tidak Anda lakukan.

 

Hal ini dikarenakan dapur maupun kamar mandi memiliki kegunaan yang berbeda.

 

Jika Anda tetap memaksa untuk menghubungkannya, hal ini dapat membuat seisi rumah mudah terserang penyakit dan tidak lancarnya rezeki yang Anda dapatkan.


 

Kesimpulan

 

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan untuk Anda mengenai 5 model dapur bawah tangga dan tips merancangnya menurut Feng Shui.
 

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk Anda.

 

Sedang mencari material baja ringan yang terjamin mutu dan kualitasnya? Anda berada di tempat yang tepat!

 

Produk baja ringan yang diproduksi oleh BLKP sudah memiliki standar SNI dan sertifikasi ISO, sehingga sudah tidak perlu diragukan lagi kualitas produknya.

 

Tertarik dan ingin menghubungi BLKP? Cek segera akun sosial media kami berikut ini: Hubungi Kami.



Artikel Populer

Your Message Has Been Sent..