cara menata rumah kecil biar rapi

5 TIPS MENARIK CARA MENATA RUMAH KECIL BIAR RAPI

Menata rumah kecil nan sederhana memang susah susah gampang. Mungkin dengan barang yang sedikit akan lebih memudahkan penghuni, namun untuk tata letak sendiri harus pintar menyiasatinya.

 

Cara menata rumah kecil biar rapi terkadang jauh lebih sulit daripada rumah berukuran besar. Anda harus cerdik menentukan fungsi ruang, apalagi jika jumlah ruangan tidak banyak.

 

Baca Juga: Mau Buat Rumah Tanpa Plafon? Bisa Kok, Tapi Ada Resikonya!

 

 

Selain tata letak, pemilihan warna dan furnitur juga ternyata memberikan pengaruh besar pada penataan barang di rumah kecil. Salah pilih, barang-barang Anda bisa saja masih terkesan berantakan atau malah memberi kesan rumah kian sempit.

 

Lalu, bagaimana cara yang tepat agar dapat menata rumah kecil nan rapi dan nyaman?

 

Nah, buat Anda yang memiliki hunia kecil namun bingung menatanya? Berikut beberapa cara menata rumah kecil biar rapi dan bikin betah menempatinya.

 

Yuk kita kulik bareng-bareng! 

 

 

Jangan Banyak Sekat

 

Dalam menata rumah mungil usahakan tidak banyak menyekat ruangan. Terkadang sekat ruangan malah akan menjadikan ruangan terkesan sempit. 

 

Lebih banyak mengurangi penggunaan sekat sehingga ruangan akan terkesan lapang dan lebar. Anda dapat menyatukan ruang makan dan dapur tanpa sekat.

 

Untuk membedakan satu ruangan dengan ruangan lainnya, Anda bisa bermain dengan warna lantai atau bagian dinding, yang diartikan menjadi pembatas. Konsep open space bisa menjadi pilihan yang tepat. 

 

 

Gunakan Perabot yang Tepat 

 

cara menata rumah kecil biar rapi

 

Pinterest: De’ HOME

 

Pilih perabot yang Anda butuhkan! Jangan sampai memilih funitur yang membuat rumah Anda malah makin sempit. Anda bisa memilih perabotan yang multifungsi, diantaranya sofa lipat yang bisa menjadi kasur atau kursi dan meja yang bisa dilipat.

 

Manfaatkan laci minimalis dengan banyak ruang penyimpanan yang membantu Anda meletakkan barang dengan mudah dan rapi. 

 

Satu hal yang penting, jangan terlalu banyak bermain warna dan pola apalagi bertabrakan dengan warna ruangan. Gunakan warna senada dan netral.

 

 

Coba Jendela Bergaya Minimalis

 

Untuk rumah tipe 21 hingga tipe 60, konsep open space bisa menjadi pilihan Anda. Anda juga bisa mengakali ruangan agar terlihat lebih luas dengan memakai jendela dengan ukuran besar namun minimalis.

 

Hal ini bertujuan untuk menambah masuknya cahaya matahari dan menjadikan area rumah jadi terang dan nyaman, serta sirkulasi udara yang lebih baik.

 

 

Kelompokkan Bahan Makanan dan Jaga Kebersihan Dapur

 

cara menata dapur biar rapi

 

Pinterest: instagram.com

 

Terkadang dapur yang berantakan malah menambah kondisi ruangan jadi terkesan sempit. Selalu rapikan meja dan jangan biarkan piring kotor menumpuk.

 

Anda dapat menggunakan kitchen set agar dapat mengatur penyimpanan dengan baik. Susun juga bahan makanan dan bumbu masakan ke tempatnya.

 

Jika dapur terlihat lebih rapi dan nyaman, dijamin ruangan akan terlihat lebih lapang.

 

 

Ciptakan Ruangan Multifungsi

 

cara menata rumah kecil biar rapi

 

Pinterest: brilio.net

 

Menata rumah kecil juga bisa Anda siasati dengan menciptakan ruangan multifungsi. Tujuannya untuk menghemat ruang.

 

Salah satunya seperti menggabungkan ruang tamu dengan ruang keluarga. Anda juga jadi lebih gampang dalam penataan segala perabotan.

 

Tapi ingat ya! Selalu terapkan penggunaan furniture yang simpel dan minimalis. Jangan sampai menumpuk.

 

 

Kesimpulan

 

Cara menata rumah kecil biar rapi ternyata tidak begitu sulit bukan? Akan tetapi, pastikan Anda bijak dan jeli dalam penempatan perabot dan furniture yang fungsional sehingga ruangan tetap nyaman. 

 

Semoga artikel di atas bisa membantu dan mengispirasi Anda ya! 

 

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

Anda dapat memilih produk berkualitas untuk bangunan Anda. Selalu gunakan material bahan bangunan seperti material baja ringan dengan mutu yang tidak usah diragukan lagi.

 

BLKP selalu siap membantu Anda dengan menghadirkan beragam produk baja ringan yang sudah terbukti  berkualitas dengan standarisasi SNI dan ISO 9001-2015.

 

Tertarik dan ingin menghubungi BLKP? Anda bisa klik : Hubungi Kami.



Artikel Populer

Tidak ada artikel popular.
Your Message Has Been Sent..