5 TIPS MELAKUKAN DECLUTTERING RUMAH SECARA PRAKTIS

Decluttering Rumah

Pasti Anda tidak terlalu familiar mendengar istilah decluttering, bukan? Decluttering merupakan seni dalam merapihkan rumah serta menyingkirkan barang – barang yang tidak terpakai. Sebenarnya tidak sulit dalam melakukan decluttering pada rumah Anda. Namun, yang dibutuhkan dalam hal ini adalah konsisten dalam upaya merapihkan rumah agar sesuai dengan keinginan Anda.
 

BACA JUGA : MAU RENOVASI RUMAH LAMA AGAR MAKIN KEKINIAN? COBA SIMAK TIPS DI BAWAH INI YUK
 

Jangan sampai ketika Anda sudah melakukan decluttering, malah tidak fokus dan terhambat ketika menemukan barang – barang lama dan ingin bernostalgia kembali. Oleh sebab itu, coba lakukan beberapa tips praktis di bawah ini agar dalam melakukan decluttering rumah Anda menjadi semakin rapih.
 

Tips Decluttering Rumah

  1. Teliti Dalam Memilih Dokumen

5 Tips Melakukan Decluttering Rumah Secara Praktis

Hal yang harus Anda perhatikan dalam melakukan decluttering yaitu memilah dokumen secara teliti. Anda harus cermat dalam memilah dokumen agar surat – surat berharga tidak berantakan atau malah justru terbuang bersama dengan dokumen lainnya. Bacalah terlebih dahulu pada setiap dokumen dengan seksama sebelum Anda pisahkan dengan surat lainnya.
 

  1. Mulailah Decluttering Dari Kamar Tidur

5 Tips Melakukan Decluttering Rumah Secara Praktis

Kamar tidur adalah salah satu ruangan yang sangat penting bagi setiap pemilik rumah. Oleh sebab itu, singkirkan barang – barang dari kamar tidur Anda yang sudah tidak terpakai atau tidak penting dalam kurun waktu enam bulan. Jangan lupa untuk menyiapkan wadah atau storage box untuk menyimpan barang – barang kecil lainnya, seperti kaca mata, pulpen, aksesoris dan lainnya.
 

  1. Memeriksa Isi Lemari

5 Tips Melakukan Decluttering Rumah Secara Praktis

Anda tidak boleh lengah dalam memperhatikan lemari pakaian saat melakukan bersih – bersih. Mulailah dengan menyingkirkan pakaian yang sudah ketinggalan zaman dan memilih pakaian yang sudah tidak muat atau tidak akan dipakai lagi. Kelompokkan beberapa pakaian sesuai dengan masing – masing sekat lemari agar mudah dalam mencari pakaian yang ingin dikenakan.
 

  1. Merapihkan Dapur

5 Tips Melakukan Decluttering Rumah Secara Praktis

Apabila kamar tidur sudah selesai dirapihkan, Anda bisa langsung merapihkan area dapur. Singkirkan bahan makanan yang sudah kadaluarsa dari lemari dapur atau kulkas agar tidak terjadi penumpukkan bahan makanan. Simpan furnitur dapur sesuai dengan ukuran dan fungsi agar mudah dalam pencarian. Simpan barang – barang dapur pada tempat yang mudah dijangkau, sedangkan barang – barang yang jarang dipakai bisa disimpan pada tempat yang tertutup. Jangan lupa untuk selalu membersihkan seluruh area dapur setiap kali sedang digunakan agar dapur terlihat semakin indah.
 

  1. Menyingkirkan Benda – Benda di Kamar Mandi

5 Tips Melakukan Decluttering Rumah Secara Praktis

Memang tidak banyak yang mengetahui bagaimana peran kamar mandi sangat penting jika tidak dibersihkan menjadi sarang penyakit. Pada umumnya benda – benda produk kebersihan seperti shampo dan kemasan pasta gigi sering memenuhi kamar mandi. Apabila sudah habis atau tidak terpakai, Anda bisa meletakkan tempat sampah di kamar mandi dan membersihkannya minimal seminggu sekali. Tidak hanya membuang barang – barang yang tidak terpakai saja, melainkan membersihkan lantai, kloset dan elemen lain yang ada di kamar mandi juga harus dibersihkan agar kamar mandi tidak terlihat kusam dan kotor.
 

Decluttering tidak akan berhasil apabila Anda melakukannya hanya satu kali saja. Luangkan waktu untuk membersihkan dan merapihkan rumah secara teratur paling lambat satu bulan sekali sebagai bagian dari gaya hidup. Dengan hal seperti itu, dijamin rumah Anda akan selalu bersih dan bebas dari tumpukkan barang – barang tidak terpakai. Yuk, bersih – bersih rumah kesayangan Anda agar senantiasa semakin sehat dan nyaman.


Temukan material baja ringan hanya di BLKP. Yuk, buat rumah impian Anda menjadi kenyataan bersama dengan BLKP.



Your Message Has Been Sent..