MAU RENOVASI RUMAH LAMA AGAR MAKIN KEKINIAN? COBA SIMAK TIPS DI BAWAH INI YUK

Renovasi Rumah Lama

Anda merasa rumahnya sudah terlihat menua? Atau Anda merupakan salah satu pembeli rumah tua kemudian melakukan renovasi ulang? Jika diantara kedua pertanyaan tersebut memang benar yang sedang Anda alami saat ini, tidak perlu melakukan renovasi dari awal jika bangunan yang Anda miliki masih cukup kokoh. Hanya beberapa titik saja yang harus Anda rubah, seperti konsep baru yang diinginkan atau ingin memberikan kesan kekinian dibandingkan rumah yang dulu.
 

BACA JUGA : PERHATIKAN 5 TIPS INI KALAU TIDAK MAU SALAH PILIH JASA TUKANG BANGUNAN
 

Sebelum memulai renovasi, sebaiknya Anda perlu memperhatikan beberapa hal penting di bawah ini agar tidak menyesal ketika melakukan renovasi rumah lama.
 

Hal Yang Harus Dihindari Ketika Renovasi Rumah Lama

Dalam melakukan renovasi pada rumah lama, dibutuhkan beberapa pertimbangan dalam segala hal. Biasanya banyak sang pemilik rumah melakukan kesalahan yang hasilnya kurang maksimal. Pastinya enggak mau kan kalau proses renovasi rumah lamanya jadi kurang maksimal? Nah, makanya coba simak tips – tips apa saja yang harus dihindari agar proses renovasi sesuai dengan harapan.
 

  1. Membeli Material Sendiri

Mau Renovasi Rumah Lama Agar Makin Kekinian? Coba Simak Tips di Bawah Ini Yuk

Tidak ada salahnya untuk membeli material seorang diri, karena bisa menghemat pengeluaran biaya dan juga bisa memilih material mana yang disukai tanpa harus ada campur tangan dengan pihak kontraktor. Namun, hal tersebut tidak efektif karena Anda bisa mendiskusikan terlebih dahulu kepada pihak kontraktor dalam pemilihan material, sehingga Anda bisa mendapatkan material yang terbaik. Pihak kontraktor pasti memiliki relasi yang bagus, sehingga mengetahui akan perbandingan harga terhadap material yang dipilih agar sesuai dengan budget.
 

  1. Kurangnya Persiapan Dalam Melakukan Renovasi

Mau Renovasi Rumah Lama Agar Makin Kekinian? Coba Simak Tips di Bawah Ini Yuk

Harus dipikirkan secara matang bagian – bagian mana saja yang akan direnovasi, baik secara keseluruhan atau yang mengalami kerusakan saja. Misalnya, warna cat dinding apa yang akan digunakan, perubahan lantai yang akan dipakai dan masih banyak lagi. Hal ini akan memudahkan Anda dalam melakukan anggaran yang akan dikeluarkan. Apabila dalam melakukan renovasi kurang persiapan, maka hasil renovasi akan kurang maksimal karena tindakan yang terlalu buru – buru.
 

  1. Jangan Memikirkan Detail Kecil

Mau Renovasi Rumah Lama Agar Makin Kekinian? Coba Simak Tips di Bawah Ini Yuk

Ketika Anda sudah memilih pihak kontraktor atau jasa tukang bangunan dalam melakukan renovasi rumah, sebaiknya lakukan pemantauan atau pengawasan kinerjanya. Bukan berarti Anda tidak boleh memikirkan detail kecil seperti furniture apa yang ingin dipakai, namun jangan sampai Anda mengabaikan konstuksi pada bangunan utamanya.
 

  1. Tinggal di Rumah Yang Sedang Direnovasi

Mau Renovasi Rumah Lama Agar Makin Kekinian? Coba Simak Tips di Bawah Ini Yuk

Ketika Anda sudah memutuskan melakukan renovasi rumah secara keseluruhan, sebaiknya Anda juga mempersiapkan dana untuk tempat tinggal sementara. Seperti kontrakan atau kost. Biasanya pihak kontraktor akan memberikan jangka waktu selama renovasi rumah hingga selesai. Apabila Anda tinggal di rumah yang sedang dilakukan renovasi, justru akan menghambat pihak kontraktor melakukan tugas dengan baik.
 

  1. Memilih Pihak Kontraktor Yang Tepat

Mau Renovasi Rumah Lama Agar Makin Kekinian? Coba Simak Tips di Bawah Ini Yuk

Jangan hanya memikirkan waktu pengerjaannya saja harus selesai dengan cepat, namun Anda mengabaikan kualitas hasil renovasi dari pihak kontraktor yang menanganinya. Pastikan Anda mencari tahu terlebih dahulu secara detail perjanjian resmi dan reputasi pihak kontraktor. Perjanjian resmi yang sudah ditandatangani oleh kedua belah pihak memiliki kekuatan hukum, apabila sewaktu – waktu pihak kontraktor tidak bertanggung jawab pada hasil renovasi rumah Anda.
 

Nah, ini dia beberapa tips yang dapat Anda lakukan ketika ingin melakukan renovasi pada rumah lama atau bangunan lama Anda. Apabila rumah Anda sudah selesai, Anda juga bisa menggunakan jasa desain interior terbaik untuk mendesain bagian dalam rumah.
 

Bagi Anda yang lebih tertarik membuat rumah dimulai dari awal, Anda bisa memilih material baja ringan yang dapat Anda temukan di BLKP. Yuk, buat rumah impian Anda menjadi kenyataan bersama dengan BLKP.



Your Message Has Been Sent..