ruang tv minimalis

5 TIPS PUNYA RUANG TV MINIMALIS YANG NYAMAN DAN TENANG

Punya ruang TV minimalis dan bikin nyaman tentunya menjadi sebuah keistimewaan. Anda bisa bersantai dan menikmati waktu berhaga dengan keluarga tercinta. 

 

Hadirnya desain ruang TV minimalis di rumah sejatinya bisa menjadi spot terbaik untuk menikmati waktu istirahat yang kadang tidak disadari. Banyak orang yang tidak begitu mengindahkan pengaruh ruang TV yang dapat menambah kenyamanan selama di rumah, apalagi jika huniannya memiliki keterbatasan ruang. 

 

Jika Anda sudah merasa bosan dengan ruang TV yang biasa-biasa saja, sepertinya sudah saatnya Anda berkreasi untuk mendesain ulang ruang TV sesuai budget dan fungsinya. 

 

Karena terkadang ruang TV dan ruang keluarga sama, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk mendapatkan ruang TV yang maksimal dan sesuai standar dalam menata ruang TV. 

 

Lalu, seperti apa desain ruang TV yang baik? 

Berikut tips menampilkan ruang TV minimalis yang juga memperhatikan standar dan aturan desainnya? Simak ulasannya ya!

 

Pentingnya Memilih TV yang Tepat

 

Pinterest : kyalandkara.com

 

 

Memilih TV berkualitas sangat disarankan saat Anda mencoba mendekor ruang TV minimalis. Alasannya adalah tidak hanya soal penampilan, namun visual yang pas untuk setiap anggota keluarga.

 

Selain itu, tampilan TV berkualitas yang disesuaikan dengan gaya ruang TV Anda, akan menambah sisi keindahan ruangan. Biasanya ruang minimalis tidak akan dipenuhi beragam furnitur, jadi ruangan akan fokus pada TV. 

 

Jarak pandang dan Posisi TV


 

Selanjutnya adalah posisi dan jarak pandang Anda pada TV. Jarak televisi ke tempat duduk harus disesuaikan untuk menjaga kesehatan mata dan kenyamanan duduk Anda. Jika disesuaikan dengan standar penghitungan ini, yakni ukuran TV Anda = 3 kali jarang pandang penonton. Jadi, jika Anda memiliki TV 40 inci, jarak pandang sekitar 120 inci.

Selain jarak pandang, posisi letak TV juga harus diperhatikan ya. 

Biasanya, posisi TV dalam ruangan sekitar 100 sampai 110 cm. Akan tetapi, masih bisa berubah sesuai dengan posisi duduk, ukuran Televisi, sofa hingga ukuran tinggi badan anggota keluarga. 

Anda dapat melakukan uji coba dengan menonton TV pada posisi dan ketinggian tertentu, agar Anda mendapatkan posisi santai dan pandangan yang nyaman. 

 

Bagaimana Dengan Pencahayaan dan Audio?


 

Pinterest : ARIN

Menghadirkan ruang TV minimalis pastinya harus memperhatikan pencahayaan lampu yang tepat. Itu sebabnya, Anda jelas harus jeli dalam peletakan dekorasi lampu agar tidak merusak kenyamanan jarak pandang pada televisi. 

Pastikan pencahayaan yang sesuai dengan ruangan Anda, jangan terlalu redup atau malah terlalu terang. Selain itu, pastikan pencahayaan dari luar jika memungkinkan memiliki jendela. 

Di bagian audio sendiri, gunakan sistem audio terbaik yang disesuaikan dengan biaya yang Anda persiapkan, juga dari ukuran ruangan. Pasang audio dengan sistem yang tepat demi mendapatkan suasana menonton yang nyaman tanpa tersiksa suara audio. 

 

Minim Furnitur, Tambahkan Dekorasi Interior yang Pas

 

Pinterest : buzzfeed.com

 

Menampilkan ruang TV minimalis, Anda harus pintar dalam menempatkan komposisi furnitur. Pastikan jangan terlalu banyak menambahkan furnitur yang tidak penting. Lebih baik, Anda menampilkan dekorasi demi kesan nyaman dan tenang. 

Anda bisa menggantinya dengan wallpaper yang cocok pada ruangan Anda. Gunakan hiasan lampu jika memadai, atau menambah karpet sehingga meninggalkan kesan elegan. Mainkan kreativitas Anda, jangan terpaku pada desain saja. 


 

Menambah Peredam Suara? Siapa Takut!

 

Karena ruang TV juga turut menghadirkan audio yang berkualitas, Anda juga bisa menambahkan peredam suara demi mendapatkan suara lebih jernih dan nyaman.

Pilih material yang tepat untuk meredam suara demi memaksimalkan dan menekan adanya kemungkinan audio terpantul dan malah menghasilkan gema suara yang malah merusak kenikmatan bersantai sampai menonton TV bersama keluarga.

Anda juga busa aplikasikan lantai kayu atau parket, namun jika sudah terlanjur memasang lantai keramik atau material keras, gunakan saja karpet lembut sebagai alasnya. Pada bagian dinding, gunakan wall covering. 

 

Kesimpulan 

 

Pastikan Anda memiliki ruang TV yang sesuai dan tepat untuk kebutuhan Anda dan anggota keluarga. Semoga artikel seputar tips memiliki ruang TV minimalis bisa menjadi inspirasi Anda. 

 

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

Jangan lupa, Anda dapat memilih produk terbaik dengan selalu memakai material konstruksi seperti material baja ringan dengan mutu terjamin dan kualitas nomor 1, bagi hunian Anda. 

 

BLKP selalu siap membantu Anda dengan menghadirkan beragam produk baja ringan yang sudah terbukti  berkualitas dengan standarisasi SNI dan ISO. 


Tertarik dan ingin menghubungi BLKP? Anda bisa klik : Hubungi Kami.



Artikel Populer

Your Message Has Been Sent..