KEREN! 7 IDE RUMAH ATAP DAK SEDERHANA 1 LANTAI JADIKAN HUNIAN MEWAH

Memiliki rumah memang membawa kebahagiaan tersendiri bagi setiap individu, namun seberapa dalam pemahaman Anda tentang elemen-elemen penting dalam konstruksi hunian, terutama pada bagian atapnya? Di Indonesia, atap dak merupakan salah satu pilihan atap yang paling umum diterapkan pada rumah-rumah. Atap dak memiliki peran yang krusial dalam struktur bangunan. Fungsinya sebagai pelindung bagian atas bangunan tidak bisa diabaikan. Biasanya, atap ini dibuat dari bahan beton yang terkenal karena keandalannya.

 

Untuk Anda yang sedang mempertimbangkan penggunaan atap dak pada rumah impian Anda, berikut beberapa ide desain rumah dengan atap dak sederhana yang bisa menjadi referensi. Ayo, mari kita eksplorasi ulasannya lebih dalam lagi! Tertarik dengan rumah atap dak yang sederhana namun menarik? Artikel ini akan membahas secara mendalam serta memberikan inspirasi mengenai berbagai ide rumah dengan atap dak yang simpel namun elegan.


 

Baca Juga: Inspirasi Model Tiang Teras Kotak & Dak Minimalis Pada Rumah

 

 

Dak Minimalis untuk Teras Depan Rumah

dak minimalis untuk teras depan

Sumber: housely.com

 

Ide pertama rumah atap dak sederhana yakni bisa diaplikasikan pada teras depan rumah. Dak minimalis untuk teras depan rumah disusun secara bertingkat dari atas ke bawah dengan penempatan yang teratur, didukung oleh dua tembok batu alam yang tidak hanya memperindah tampilan, tetapi juga memberikan kekuatan struktural. Keistimewaan dari desain ini terletak pada ketebalan dak yang disesuaikan agar lebih efisien dalam penggunaan bahan, membuatnya ideal untuk rumah satu lantai. Dengan pendekatan yang lebih inovatif seperti ini, Anda tidak hanya mendapatkan kepraktisan, tetapi juga estetika yang memikat untuk teras rumah Anda.

 

 

Desain Atap Dak untuk Rumah Kecil

rumah atap dak sederhana

Sumber: Mungfali.com

 

Atap jenis ini sangat cocok untuk diterapkan pada rumah-rumah dengan ukuran yang lebih kecil. Ide-ide desain rumah atap dak sederhana namun elegan membawa kesan yang menarik dengan menggunakan warna netral pada dinding eksterior yang memberikan nuansa yang menenangkan. Untuk memberikan sentuhan tambahan, Anda dapat menambahkan warna putih atau menyesuaikannya dengan warna rumah pada lisplang, sehingga menciptakan aksen menarik yang memperindah model atap dak rumah Anda.

 

 

Dak Rumah Sekaligus Kanopi Mobil

rumah atap dak sederhana

Sumber: Pinterest

 

Untuk memberikan solusi multifungsi yang praktis, Anda dapat mengadopsi desain dak minimalis modern yang juga berfungsi sebagai atap carport atau kanopi mobil ataupun garasi mobil.  Selain hemat biaya, penggunaan atap ini juga menghemat ruang dengan menggabungkan garasi ke dalam struktur rumah. 

 

Desain dak dengan pendekatan terbuka pada area garasi, sementara pilihan atap dak cor dengan variasi model bertingkat atau rata akan menambah daya tarik visual, misalnya dengan tambahan ukiran pada tepinya. Berikan sentuhan hiasan seperti lampu yang memberikan pencahayaan yang nyaman saat malam tiba.

 

 

Dak Kecil untuk Rumah Modern

dak kecil untuk rumah modern

Sumber: https://1.bp.blogspot.com/

 

Jika dilihat dengan cermat, atap dak model teras rumah minimalis modern ini terlihat seperti tambahan kecil yang memberikan sentuhan khusus di bagian depan rumah. Dengan bentuk persegi panjang yang melintang di sisi kanan-kiri dan depan rumah, desain ini menciptakan area teras yang lebih nyaman dan teduh. Gabungan dengan pilar depan yang menggunakan batu alam akan menambahkan kesan estetik yang menarik.

 

 

Dak Rumah dengan Sentuhan Elemen Kayu

dak rumah dengan sentuhan elemen kayu

Sumber: https://images.adsttc.com 

 

Model atap dak ternyata dapat disesuaikan dengan rumah bermaterial kayu. Jika Anda memiliki rumah bergaya tradisional dengan dominasi material kayu, Anda masih dapat memilih dak model atap ini tanpa masalah. Selain memberikan nilai estetika pada desain rumah, atap dak juga memiliki manfaat fungsional dalam melindungi atap dari kebocoran dan kerusakan akibat cuaca eksternal.

 

Dengan kombinasi rumah kayu dan atap datar, Anda bisa menciptakan gaya rumah modern yang minimalis namun tetap mempertahankan nuansa tradisional. Lebih dari sekadar elemen desain, atap dak dapat dijadikan sebagai ruang hijau atau teras pada desain rumah dua lantai, menambah nilai fungsional dan estetika pada hunian Anda.


 

Dak Rumah Minimalis Kontemporer yang Futuristik

desain rumah atap dak sederhana

Sumber: Rethinking The Future

 

Desain atap dak dengan varian jengki memiliki bentuk atap pelana yang tidak biasa. Meskipun umumnya tidak selalu cocok dengan bentuk kotak atau kubik, namun atap dak mampu memberikan sentuhan futuristik pada desain bangunan Anda. Kombinasi sisi asimetris dengan atap dak datar menciptakan tampilan atap yang unik dan menarik, serta meningkatkan daya tarik fasad rumah secara keseluruhan.

 

Desain rumah dengan atap dak cor ini akan membuat Anda merindukan rumah secara terus-menerus karena keindahan dan kemewahannya. Teras yang luas dan memanjang ke samping memberikan sentuhan yang lebih dramatis dan memikat, tidak hanya pada bagian tengah rumah saja.

 

Dak Rumah dengan Model Asimetris yang Unik

Dak Rumah dengan Model Asimetris

Sumber: Behance

 

Jika Anda menyukai rumah-rumah dengan konsep yang unik, futuristik, dan modern, maka Anda dapat mempertimbangkan penggunaan model atap dak asimetris ini. Desainnya yang jarang digunakan akan memberikan sentuhan eksklusif pada rumah Anda, menjadikannya semakin menarik.

 

Dak untuk area terasnya memiliki model datar dengan penyangga bagian bawah yang menyempit ke dalam, menciptakan garis diagonal yang elegan. Sementara itu, tembok bagian bawahnya dirancang lurus, sehingga perpaduan kedua model asimetris ini akan meningkatkan daya tarik fasad rumah Anda secara keseluruhan.

 

Baca juga: Menekuni Bisnis Baja Ringan: Peluang dan Keuntungannya

 

Kesimpulan 

Berbagai ide kreatif dalam menggunakan atap dak untuk hunian 1 lantai yang berguna meningkatkan nilai estetika dan fungsionalitas rumah. Mulai dari penggunaannya untuk teras depan, kanopi mobil atau garasi, hingga desain asimetris yang futuristik, artikel ini menyoroti fleksibilitas dan keunggulan atap dak dalam berbagai konteks desain.

 

Apakah Anda tertarik menggunakan atap rumah dak? Tidak perlu ragu, karena jenis atap ini sangat cocok untuk berbagai desain rumah. Percantik fasad hunian Anda dengan berbagai desain rumah atap dak sederhana di atas. Semoga desain di atas bisa membantu Anda ya! Untuk material bangunan, selalu gunakan dan pilih produk kualitas terbaik seperti dak atau floordeck dengan mutu yang terjamin dari BLKP. BLKP menawarkan berbagai produk baja ringan dengan mutu terjamin karena memiliki standarisasi SNI dan juga sertifikasi ISO 9001-2015. Tertarik ingin membeli dak? Anda dapat langsung hubungi Tim BLKP.



Artikel Populer

Tidak ada artikel popular.
Your Message Has Been Sent..