6 TIRAI PENGHALANG SINAR MATAHARI, UNIK DAN MULTIFUNGSI

Penggunaan tirai tidak hanya untuk indoor saja, namun juga bisa menambah estetika outdoor. Selain itu, tirai juga bisa fungsional untuk menjadi penghalang sinar matahari.

 

Cahaya dari luar memang sangat diperlukan sebagai pencahayaan alami dalam rumah. Namun bagaimana jika cahaya matahari berlebihan dan membuat suasana rumah jadi panas? 

 

Baca Juga: Ingin Renovasi Rumah? Cek 5 Pertimbangan Ini Dulu Sebelum Renovasi


 

Nah, agar terhindar dari silaunya cahaya matahari yang berlebihan dan malah bisa merusak mata, sebaiknya Anda menggunakan cara sederhana untuk memfilter sinar matahari masuk ke dalam rumah dengan tirai yang tepat. 

 

Tirai bisa menurunkan masuknya cahaya sengatan sinar matahari ke dalam hunian. Selain itu, tirai juga bisa menahan tempias air hujan sehingga melindungi rumah dari air hujan. 

 

Berikut pilihan tirai penghalang sinar matahari yang cocok dipasang di rumah. Apa saja? Yuk mari kita kulik bersama!


 

Tirai Bambu Outdoor 

 

penghalang sinar matahari

 

Pinterest: homedepot.com

 

Jika Anda ingin menampilkan desain outdoor ala tradisional, gunakan tirai berbahan bambu dengan berbagai jenis pilihan. 

 

Pilih sesuai motif dan ukuran yang Anda butuhkan. Yang terpenting adalah bahan yang digunakan agar tetap tahan lama dan awet.

 

Tirai bambu rajut merupakan krey bambu dengan desain modern yang ampuh memfilter masuknya cahaya panas matahari, air hujan dan debu.

 

Selain itu, desainnya yang cantik membuat tampilan depan rumah Anda semakin menarik. Anda juga gampang menaikkan dan menurunkan tirai karena terdiri dari tali pengait jika ingin membuka tirai dengan mudah. 


 

Tirai Outdoor Jenis Suntex Blind 

 

Suntex Blind merupakan tirai outdoor yang kuat, berbahan vinyl coated poliester yang berkualitas tinggi. Dengan begitu, jenis tirai ini akan tahan dari berbagai jenis cuaca.

 

Pastinya mampu akan menjaga bagian dalam rumah dari terpaan sinar matahari yang terik.

 

Terbukti ampuh menjadi penghalang sinar matahari, penggunaan suntex sebagai tirai outdoor juga menjadi pilihan yang tepat untuk rumah berdesain minimalis. Jadi, multifungsi bukan? 


 

Tirai Nuansa Putih

 

penghalang sinar matahari

 

Pinterest: thisorganiclove.wixsite.com

 

Tirai putih akan selalu masuk list untuk pilihan tirai outdoor atau indoor. Sebagai penghalang sinar matahari, jenis tirai ini bisa Anda terapkan di luar rumah, dengan pemasangan yang mudah dan simpel.

 

Jadi, jika Anda memiliki ruangan dengan sinar matahari berlebih, tirai putih cocok dipasang.

 

Warna natural sangat bisa memantulkan cahaya kembali sehingga menjadi filter untuk masukknya cahaya matahari berlebih ke dalam ruangan. Ruangan akan lebih adem, sehingga terjaga suhu ruangan juga lebih stabil. 


 

Jenis Blinds atau Tirai Lipat 

 

Tirai lipat memang biasanya digunakan untuk interior, namun tidak ada salahnya digunakan sebagai tirai eksterior sebagai penghalang sinar matahari.

 

Selain mengurangi panas matahari, jenis tirai ini juga masih tetap mamasok cahaya dan sirkulasi udara yang cukup.

 

Namun, untuk jenis tirai eksterior model lipat, biasanya harus disesuaikan dengan model jendela yang ada. Berdasarkan desain untuk menjaga suhu udara dan cahaya, sebaiknya posisi pemasangan tirai lipat ini ke arah selatan dan barat.


 

Roller Outdoor Blinds

 

penghalang sinar matahari

 

Pinterest: overstock.com

 

Roller Outdoor merupakan tirai luar ruangan berbahan vinyl coated polyester, jadi sangat cocok untuk menjaga ruangan dalam dari sinar Matahari dan terpaan cuaca ekstrem dari luar. 

 

Sama dengan roller blinds yang digunakan sebagai tirai interior, Roller Outdoor digunakan dengan cara digulu atau diturunkan dengan tali pengait. 


 

Tirai Kayu

 

Selain tirai bambu, bahan dari kayu juga menjadi pilihan favorit. Bedanya, bahan tirai ini cukup berta namun tidak mengurangi fungsinya yang awet dan tahan lama.

 

Sama dengan tirai jenis bambu, tirai kayu terdiri dari banyak model pilihan dan terntunya beragam shading warna natural. Anda bisa memilih sesuai model desain rumah atau jendela Anda.

 

Bahan kayu sudah sejak dulu dipercaya sebagai material yang kuat dan awet dalam berbagai cuaca.  Semakin lengkap karena anti rayap dan jamur. Namun, tetap pilih bahan kayu terbaik ya! 


 

Kesimpulan 

 

Demikian beberapa jenis tirai outdoor yang bisa menjadi pilihan Anda, saat membutuhkan tirai penghalang sinar matahari di rumah. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda ya! 

 

Semoga artikel di atas bisa membantu dan mengispirasi Anda! Selamat mencoba dan semoga berguna.

 

Kalau sedang bangun atau renovasi rumah, ingat untuk selalu memilih produk terbaik untuk hunian Anda, seperti material baja ringan dengan mutu terjamin produksi BLKP. 

 

BLKP selalu sigap dalam membantu menghadirkan produk baja ringan berkualitas untuk kebutuhan konstruksi rumah Anda. Dengan mengantongi standarisasi SNI dan sertifikasi ISO 9001-2015, produk baja ringan BLKP sudah pasti terjamin kualitasnya.

 

Tertarik dan ingin menghubungi BLKP? Hubungi Kami segera!



Artikel Populer

Tidak ada artikel popular.
Your Message Has Been Sent..