7+ ALASAN ATAP BAJA RINGAN BANYAK DICARI

Hi Sobat BLKP,

 

Tahukah Anda? Pada awalnya, rangka atap baja ringan hanya digunakan untuk pekerjaan komersial saja bahkan kurang diminati oleh banyak orang. Tetapi saat ini, atap baja ringan menjadi salah satu material bahan bangunan  yang memiliki pertumbuhan paling cepat lho!

 

Bahkan baja ringan secara perlahan mulai menggantikan penggunaan material kayu dan baja yang bersifat konvensional untuk kerangka atap rumah. Dengan semakin besar populasi penggunaan atap rumah baja ringan untuk rangka atap rumah, maka semakin besar pula kebutuhan pasar akan material bahan bangunan tersebut.

 

Lalu apa saja sih yang mendasari banyak orang mulai beralih ke baja ringan dan mulai meninggalkan baja konvensional untuk atap rumah mereka? Berikut ini kami berikan 7+ alasan atap baja ringan paling banyak dicari versi BLKP yang wajib Anda ketahui:

 

Perakitan Mudah dan Praktis

atap baja ringan

 

Hal pertama yang menjadi alasan kenapa banyak orang lebih memilih baja ringan daripada atap baja konvensional lainnya adalah karena kecepatan dalam pemasangan rangkanya yang mudah dan praktis. Pemasangannya hanya membutuhkan waktu yang relatif singkat yaitu kurang lebih 3 hari sampai dengan 1 minggu saja. Tentunya hal ini menjadi tolak ukur para pemilik rumah lebih memilih rangka atap menggunakan baja ringan.

 

Baja Ringan Tahan Terhadap Karat

atap baja ringan

 

Alasan kedua kenapa baja ringan menjadi primadona saat ini adalah karena baja ringan bisa tahan terhadap karat atau korosi karena mengandung lapisan alumunium dan senyawa lainnya yang dapat mencegah terjadinya pergesekan antara oksigen dengan logam besi.

 

Tahan Rayap

atap baja ringan

 

Selain tahan terhadap karat, baja ringan juga tahan terhadap serangan hama seperti rayap. Sebelum adanya baja ringan, sebagian besar konstruksi atap menggunakan material kayu. Meskipun rangka atap berbahan kayu ini memiliki kualitas yang cukup baik, namun sangat rawan dengan serangan hama. Rangka atap berbahan dasar kayu ini bisa dengan mudahnya diserang oleh hama seperti rayap sehingga kualitasnya rentang rusak dan relatif cepat mengalami pelapukan.


 

Tahan Terhadap Api

Mengganti rangka atap bangunan Anda dari material kayu ke material baja ringan merupakan pilihan yang paling tepat. Hal ini juga menjadi salah cara jitu untuk mengurangi dampak yang tidak diinginkan seperti halnya kebakaran. Dengan adanya campuran aluminium zinc pada baja ringan, menjadikan kualitasnya bermutu tinggi dan tahap terhadap api.

 

Lebih Ringan

Apabila Anda membandingkan material baja ringan atap dengan material populer lainnya, seperti genteng beton, Anda akan menemukan bahwa baja ringan akan jauh lebih ringan. Genteng beton memiliki berat hingga 900 pon per persegi sedangkan baja ringan hanya  berkisar antara 50 sampai dengan 150 pon per perseginya.

 

Baja ringan sangat memudahkan proses perakitan dan membantu Anda untuk menghemat teknik dan membangun struktur pendukung.

 

Efisiensi Energi

Jika Anda ingin menghemat biaya pengeluaran bulanan Anda, memasang rangka atap dengan baja ringan bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda. Bangunan rumah yang memiliki atap rumah baja ringan dapat menghemat biaya pendinginan hingga mencapai 30% perbulannya lho! kok bisa? Ini dia jawabannya :

 

Reflektivitas

Reflektivitas berarti seberapa baik sebuah atap memantulkan kembali sinar matahari yang masuk. Rangka baja ringan atap sangat baik dalam memantulkan kembali sinar UV matahari. Ketika atap rumah Anda memantulkan kembali sinar matahari tersebut, disaat itulah perpindahan panas ke loteng kian berkurang. Karena semakin sedikit panas di loteng, maka akan semakin rendah pula tagihan listrik Anda.

 

Emisivitas

Emisivitas artinya seberapa cepat sebuah produk menjadi dingin setelah panas dari sinar matahari dihilangkan. Ketika musim panas tiba, atap bangunan Anda akan terkena panas yang ekstrim. Secara otomatis atap bangunan Anda akan menyerap panas tersebut dan memindahkannya ke loteng, sehingga panas akan langsung diserap dan menjadikannya dingin secara perlahan.

 

Anti Lumut dan Jamur

Alasan mengapa atap aspal dan kayu memiliki umur yang singkat adalah karena sangat rentang terhadap jamur dan lumut. Berbeda jika Anda menggunakan rangka atap baja ringan, atap rumah Anda akan terbebas dari semua serangan jamur dan lumut tersebut. Selain itu, atap baja ringan dapat melindungi rumah Anda dari hewan pengerat, hama,dan hewan liar lainnya. Mereka tidak akan mudah menerobos masuk ke loteng Anda.

 

Baca Juga : 5 Penyebab Terjadinya Rembesan pada Dinding Rumah

 

Cocok Di Segala Cuaca

Salah satu manfaat terbaik dari atap baja ringan adalah kemampuannya dalam mempertahankan segala jenis iklim dan cuaca. Hal ini dapat dibuktikan di daerah yang sering mengalami musim dingin, karena memungkinkan salju dan es meluncur dengan lebih mudah.

 

Atap baja ringan juga cocok di iklim yang panas dan lembab karena material tersebut tahan terhadap kelembaban dan memantulkan panas.

 

Kesimpulan

Itulah beberapa alasan yang wajib Anda ketahui tentang kenapa atap baja ringan paling banyak dicari dan diminati oleh para pemilik rumah. Jika Anda saat ini berencana untuk mengganti rangka atap rumah Anda atau ingin membangun rumah idaman Anda dengan baja ringan, BLKP sebagai perusahaan baja ringan terbaik dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda.



Your Message Has Been Sent..