ALASAN MEMILIH BAJA RINGAN DIBANDING KAYU

Baja Ringan VS Kayu

Baja ringan memiliki kualitas tinggi namun bersifat ringan dan tipis, namun kenyataannya kekuatan baja ringan tidak kalah dari baja konvensional. Terdapat bebarapa macam baja ringan dikelompokan berdasarkan nilai tegangan tariknya (tensile strength). Umumnya kemampuan tegangan tarik tersebut didasarkan pada fungsi akhir dari baja ringan.

Namun, untuk berbagai produk kebutuhan rumah, harus memerlukan tegangan tarik yang lebih rendah. Agar dapat dibentuk dengan mudah sesuai keinginan.

Alasan Memilih Baja Ringan Dibanding Kayu

Penggunaan baja ringan saat ini mungkin belum familiar sehingga banyak masyarakat yang masih belum tau rangka jenis atap baja ringan. Nah, berikut beberapa alasan mendasar mengapa harus memilih baja ringan dibandingkan rangka kayu:

  • Baja Ringan Tidak Akan Dimakan Rayap.

Seperti yang kita ketahui, kualitas kayu yang sering digunakan di pasaran pada saat ini yaitu kurang baik. Bahkan sudah sangat jarang yang menggunakan atau menyediakan kayu untuk membangun sebuah bangunan. Oleh sebab itu, pemilihan rangka baja ringan merupakan solusi yang tepat jika ingin bangunan Anda awet dan tahan lama.

  • Dapat Mempercepat Waktu Pengerjaan Suatu Bangunan.

Proses pemasangan baja ringan yang cepat dapat menghemat waktu pengerjaan dalam setiap proyeknya. Misalkan sebuah rumah dengan tipe 36 dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari seminggu jika menggunakan baja ringan. Jadi, masih ragu untuk memakai rangka baja ringan pada bangunan rumah Anda?

  • Struktur Lebih Ringan Daripada Rangka Kayu.

Struktur baja ringan memiliki beban yang sangat ringan, sehingga memudahkan para pekerja dalam pemasangannya dan keamanan setiap para pekerja menjadi lebih terjamin.

  • Hemat Biaya.

Jika Anda menggunakan rangka kayu dalam pembangunan rumah, pastinya membutuhkan biaya yang cukup banyak dalam perawatannya. Namun, jika Anda menggunakan rangka baja ringan biaya yang dibutuhkan tidak cukup banyak sehingga dapat menghemat biaya yang tidak diperlukan.

  • Memiliki Struktur Yang Bisa Disesuaikan Dengan Geografis Sebuah Daerah.

Jika Anda ingin membangun sebuah rumah dipinggir pantai lalu menggunakan baja ringan sebagai rangkanya. Maka rangka baja ringan tersebut akan dilapisi oleh bahan tertentu agar dapat menyesuaikan wilayah di dekat pantai. Namun, jika Anda menggunakan rangka kayu apakah akan mendapatkan kelebihan seperti ini?

  • Dapat Menjaga Lingkungan.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa hutan di Indonesia sudah tidak hijau seperti dahulu kala karena penebangan liar sudah terjadi dimana – mana. Oleh karena itu, penggunaan rangka baja ringan bisa dikategorikan dapat menjaga lingkungan agar hutan di Indonesia tidak semakin rusak lagi. Segera bergantilah menggunakan rangka dan atap baja ringan daripada menggunakan rangka kayu.

Di era modern seperti ini, tentu banyak sekali peralatan rumah tangga yang menggunakan bahan dasar dari baja ringan, Rockwell Hardness Tester. Biasanya digunakan untuk menguji lembaran logam kekerasan permukaan baja ringan dari tabung berdinding tipis.

Sumber: alatuji.com



Your Message Has Been Sent..