APA BENAR BAJA RINGAN TAHAN AIR HUJAN?

Baja Ringan Tahan Air

Kini popularitas baja ringan sudah semakin populer dibandingkan dengan material kayu. Terbukti dari pemasangan baja ringan pada setiap konstruksi sudah menjadi hal yang wajar dan paling diincar oleh setiap kalangan. Bukan hanya dipakai untuk pembangunan proyek – proyek besar saja, melainkan pembangunan rumah pribadi sekalipun. Apabila Anda menggunakan baja ringan sebagai rangka rumah, secara tidak langsung Anda ikut mengurangi terjadinya penebangan liar.
 

Baca Juga : YUK, BANGUN RUMAH MENGGUNAKAN MATERIAL RAMAH LINGKUNGAN
 

Dikarenakan kelebihan baja ringan yang tidak dapat dimiliki oleh material lainnya. Salah satunya adalah tahan karat. Jika dibandingkan dengan material kayu, pasti bakalan mudah diserang oleh rayap dan cepat keropos. Namun, pasti masih banyak keraguan mengenai baja ringan. Apa benar baja ringan tahan terhadap air hujan?

Mengapa Baja Ringan Berkarat?

Baja ringan memang diklaim sebagai tahan terhadap karat karena memiliki lapisan Alumunium, Zinc, dan unsur – unsur lainnya. Tapi, bukan berarti baja ringan tidak dapat mengalami proses oksidasi ketika lapisan pelindung telah rusak. Nah, terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi proses oksidasi pada baja ringan:

  1. Tergores alat kerja yang dapat membuat lapisan pelindung mengelupas.
  2. Terkena adonan semen yang dapat menimbulkan reaksi kimia.
  3. Terkena larutan asam yang terdapat pada pembersih lantai atau keramik.
  4. Cuaca ekstrim

Kekuatan Baja Ringan

Faktor yang dapat mempengaruhi proses karat pada material baja ringan yaitu cuaca yang ekstrim. Apalagi jika hujan yang turun lebih dari satu hari. Sebenarnya, karat dapat dicegah apabila air tidak menggenang pada permukaan baja ringan dalam waktu yang cukup lama. Umumnya kemiringan atap di Indonesia adalah 15 – 25 derajat.

Dengan tujuan air hujan yang turun dapat mengalir dengan sempurna ke permukaan yang telah ditetapkan, agar terhindar dari karat. Dalam hal ini, penggunaan material yang berkualitas juga dapat mempengaruhi kekuatan baja ringan terhadap air hujan. Maka, BLKP adalah pilihan yang tepat jawaban dari pertanyaan ini.

Material baja ringan dari PT. BLKP sudah terjamin kualitasnya yang bersertifikat SNI dan memiliki garansi. Jadi, kalau ditanya oleh tetangga sebelah, “emang bisa baja ringan tahan terhadap air hujan?” Jawabannya, Ya! Karena material baja ringan BLKP dapat bertahan dalam waktu cukup lama dan memiliki kualitas tersendiri dibandingkan material baja ringan lainnya.



Your Message Has Been Sent..