APA ITU KONSTRUKSI BAJA RINGAN CREMONA?

Semakin berkembangnya zaman, semakin kreatif juga bahan-bahan yang digunakan dalam membangun rumah, salah satunya adalah menggunakan material baja ringan. Umumnya, material baja ringan digunakan untuk pembuatan atap rumah, namun tidak hanya itu saja. Baja ringan juga bisa digunakan dalam pembuatan cremona kanopi atau kanopi model cremona untuk teras rumah Anda.
 

Dalam dunia teknik sipil, cremona bukan salah satu jenis atau model konstruksi kuda-kuda. Baik untuk material baja ringan maupun kayu. Cremona merupakan salah satu metode penyelesaian menggunakan gaya-gaya dengan grafis. Metode tersebut lebih sering digunakan untuk menghitung gaya rangka kuda-kuda atau biasa disebut dengan metode kuda-kuda gunting.
 

Baca Juga : Cara Jitu Menghitung Kuda-Kuda Baja Ringan
 

Selain itu, atap cremona cocok digunakan pada bangunan minimalis dan fungsional. Mengingat cremona memiliki bentuk yang menarik, sederhana namun tetap kuat. Walaupun memiliki struktur yang cukup rumit, namun kekuatannya lebih baik dibandingkan dengan pemasangan rangka double.
 

Bentuk Rangka Atap Cremona

Bentuk rangka atap cremona dapat dibilang mirip seperti tangga. Dimana satu rangka terdiri dari dua batang baja ringan yang tersambung oleh batang pendek seperti bentuk sebuah tangga. Selanjutnya, terdapat batang diagonal di antara bagian yang lebih pendek. Jadi, tidak heran apabila rangka tersebut sangat lah kuat. Apalagi sudah diukur dengan sangat teliti.
 

Kelebihan Atap Cremona

Walaupun terkenal dengan kekuatannya, rangka atap cremona juga memiliki kelebihan dibandingkan dengan rangka atap yang tidak dibentuk dengan metode seperti ini:

 

  1. Membantu Mengurangi Beban Struktur Bangunan
    Apa Itu Konstruksi Baja Ringan Cremona?

Baja ringan terkenal dengan bobotnya yang ringan. Sehingga sangat baik dalam membantu mengurangi beban struktur bangunan yang ada di atasnya.

 

  1. Memiliki Tampilan Menarik
    Apa Itu Konstruksi Baja Ringan Cremona?

Salah satu kelebihan dari rangka atap cremona ini yaitu strukturnya lebih rapi, sehingga memiliki tampilan yang lebih menarik. Karena memiliki tampilan yang menarik, tidak jarang rangka cremona lebih sering diekspos tanpa perlu penutup tambahan lainnya.

 

  1. Dapat Diaplikasikan Dalam Berbagai Jenis Bangunan
    Apa Itu Konstruksi Baja Ringan Cremona?

Selain memiliki tampilan yang menarik, rangka atap cremona juga bisa diaplikasikan ke berbagai jenis bentuk bangunan. Salah satunya adalah kanopi. Pemasangan rangka atap cremona juga bisa diterapkan pada bangunan pabrik ataupun tempat tinggal.
 

Kesimpulan

Pada dasarnya, metode cremona cukup unggul apabila diterapkan pada pemasangan rangka atap. Apalagi disebut-sebut memiliki kekuatan yang lebih bagus, tampilan menarik dan juga lebih fleksibel dipakai dalam berbagai jenis bentuk bangunan, salah satunya pada cremona kanopi.
 

Walaupun terbilang kuat, namun untuk merangkai rangka atap menggunakan metode cremona harus menggunakan perhitungan dengan cermat dan tidak boleh asal-asalan agar tidak terjadi kesalahan pemasangan. Selain itu, pemilihan material baja ringan juga perlu dipertimbangkan.

Pilih bahan bangunan berkualitas yang sudah terjamin seperti baja ringan BLKP. Selain berkualitas, baja ringan BLKP juga sudah dilengkapi dengan sertifikat SNI.



Artikel Populer

Your Message Has Been Sent..