APA ITU RAW MATERIAL (BAHAN BAKU) DALAM INDUSTRI MANUFAKTUR

Hi Sobat BLKP,

 

Perusahaan manufaktur merupakan salah satu perusahaan atau industri yang terbilang rumit dalam dunia bisnis. Pasalnya, industri manufaktur ini memiliki banyak aspek - aspek yang unik, salah satunya adalah karena industri manufaktur ini dapat mengubah bahan mentah menjadi barang jadi yang bisa dikonsumsi atau digunakan oleh manusia. 

 

Contohnya BLKP sebagai perusahaan manufaktur baja ringan yang memiliki raw material (bahan baku) dan juga barang jadi untuk produk baja ringannya.

 

Baca Juga : Apa itu Finish Good atau Barang jadi dalam Dunia Konstruksi?

 

Di dalam artikel ini, admin akan membahas mengenai pengertian raw material dan apa manfaat dari bahan baku ini dalam bisnis manufaktur. Simak dibawah ini ya!


 

Apa Itu Raw Material?

apa itu raw material atau bahan baku

 

Raw material atau disebut juga sebagai bahan mentah atau bahan baku merupakan bahan dasar yang dibeli oleh industri manufaktur, kemudian barang yang sudah dibeli tersebut langsung disimpan di dalam gudang bahan baku dan kemudian akan diolah. Bahan dasar ini nantinya akan berubah menjadi barang jadi (finish good) yang siap untuk dijual. 

 

Pada dasarnya, bahan baku adalah bahan atau zat yang dimanfaatkan dalam produksi manufaktur. Bahan baku ini merupakan salah satu komoditi yang dibeli maupun yang dijual di bursa komoditas yang ada di seluruh dunia.

 

Bahan baku bisa dimanfaatkan dalam berbagai produk dan terdiri dari bermacam - macam bentuk. Persediaan kebutuhan akan bahan baku tentunya bergantung kepada jenis manufaktur yang perusahaan tersebut lakukan.

 

Nah kalau di BLKP, yang termasuk ke dalam kategori raw material atau bahan baku baja ringan adalah galvalume, galvanize dan pre painted galvalume. Ketiganya merupakan bahan baku yang dimanfaatkan untuk memproduksi baja ringan. Dimana yang membedakan dari ketiganya adalah dari lapisan yang terkandung di dalamnya.

 

Kalau Galvalume mengandung lapisan alumunium Zinc, sedangkan Galvanize mengandung lapisan seng (Zinc) dan pre painted galvalume mengandung lapisan alumunium sekaligus zinc yang dilapisi dengan lapisan warna diatasnya agar terlihat lebih menarik.

 

 

Fungsi dari Raw Material

apa itu raw material atau bahan baku

 

Karena bahan baku ini menjadi bahan utama dalam proses produksi, tentunya fungsi dari raw material ini sangatlah penting dalam proses bisnis industri manufaktur. Jadi bisa disimpulkan, jika tidak ada bahan baku maka akan berakibat fatal terhadap proses produksi bahkan proses tersebut bisa saja terhenti (off production). 

 

Jika terjadi terus - menerus tanpa adanya penyelesaian, maka bisa membuat pabrik tersebut bangkrut. Oleh karena itu, raw material ini merupakan sumber utama dari bisnis manufaktur dan tidak boleh sampai terlewatkan.


 

Kesimpulan

Bisa disimpulkan bahwa raw material atau bahan baku merupakan bahan utama dalam proses produksi yang nantinya akan berubah menjadi barang jadi (finish good) yang siap untuk dijual. Barang jadi ini merupakan bagian paling penting dan vital, jika tidak ada bahan baku dalam bisnis manufaktur, maka akan berakibat fatal sehingga bisa mengakibatkan proses produksi terhenti.

 

Dengan mengetahui pengertian dari raw material dan fungsinya, tentunya kita menjadi lebih paham tentang keduanya bukan? Sehingga sekarang Anda sudah bisa dengan mudah membedakan antara raw material (bahan baku) dengan finish good (barang jadi) yang  terdapat dalam perusahaan manufaktur, khususnya pada produk - produk yang ada di BLKP.

 

Semoga artikel yang admin bahas kali ini dapat bermanfaat dan bisa menjadi salah satu referensi untuk Anda yang sedang membutuhkan informasi mengenai pengertian bahan baku ini! Selamat membaca ya!



Your Message Has Been Sent..