BAHAYA ATAU ENGGAK, RANGKA BAJA RINGAN SERING BUNYI?

Rangka Baja Ringan Sering Bunyi

Seiring berjalannya waktu, kini atap baja ringan semakin banyak menjadi incaran bagi para developer untuk pembangunan. Dikarenakan baja ringan memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh rangka lainnya, seperti ringan, tahan karat dan kokoh.
 

BACA JUGA : YUK, KENALI 5 PERBEDAAN MATERIAL BAJA DAN BESI SEBELUM MELAKUKAN KONSTRUKSI
 

Namun, masih ada beberapa orang khawatir terhadap penggunaan baja ringan sebagai atap rumahnya. Apalagi saat siang hari, ada beberapa pengguna baja ringan mendengar bunyi “ctak” dari rangka atap yang dipakainya. Bahkan ada pengguna yang mengeluhkan bahwa rangka atap baja ringan yang dipakai sering berbunyi dalam waktu yang berbeda. Lalu, mengapa hal ini bisa terjadi?

Penyebab Rangka Baja Ringan Suka Berbunyi

          Penyebab Rangka Baja Ringan Suka Berbunyi

Salah satu faktor penyebab timbulnya bunyi pada rangka atap baja ringan adalah terjadinya pemuaian saat siang hari. Pemuaian tersebut terjadi karena bertambahnya ukuran benda yang disebabkan oleh kenaikan suhu, laju air dan tekanan tinggi. Peristiwa tersebut biasa terjadi pada benda padat, cair dan gas ataupun benda yang mencakup jenis logam seperti baja ringan.
 

Apa Benar Bunyi Baja Ringan Menandakan Akan Ambruk?

          Apa Benar Bunyi Baja Ringan Menandakan Akan Ambruk?

Apabila pemasangan baja ringan dilakukan dengan benar, sebenarnya tidak akan terjadi masalah apa – apa. Mengingat bunyi yang dihasilkan terjadi dari lubang dan baut pengunci rangka. Apabila Anda masih ragu, silahkan pelakukan pengecekan terlebih dahulu pada baut – baut pengunci rangka. Carilah sumber bunyi tersebut, kemudian cek apakah baut sudah terpasang dengan kuat atau bahkan sebaliknya. Jika terdapat baut yang kendor, maka segera kencangkan agar bunyi tersebut tidak terjadi lagi.
 

Selain itu, hal tersebut juga bisa menekan risiko terjadinya baja ringan ambruk dengan menggunakan tenaga ahli dalam memilih dan memasang material baja ringan yang berkualitas. Sebab, produk baja ringan BLKP ini memiliki kelebihan tahan terhadap rayap, tahan terhadap karat dan api, ringan namun kokoh serta memiliki sertifikasi SNI sehingga cocok menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Karena keunggulannya inilah, baja ringan BLKP lebih awet dan mampu mengurangi risiko terjadinya atap ambruk.
 

Jika ditanya kembali apakah rangka baja ringan yang sering berbunyi sebenarnya bahaya atau tidak, itu tergantung dari bagaimana cara pemasangan rangkanya. Pemilihan rangka baja ringan yang berkualitas merupakan salah satu faktor terpenting dalam menciptakan rumah tetap aman.



Your Message Has Been Sent..