Cafe Estetik.jpg

INI DIA CAFE ESTETIK YANG PUNYA 5 BENTUK ATAP SUPER UNIK!

Daya tarik sebuah cafe tidak hanya dari desain interior dan eksterior, terkadang dengan memiliki atap yang unik juga bisa membuat tampilan cafe lebih maksimal dan menarik perhatian. 

 

Di Indonesia, cafe tidak hanya tempat makan dan minum saja. Cafe sudah menjadi bagian dari gaya hidup modern. Sebagai tempat nongkrong untuk melepas penat atau malah tempat kerja yang asyik.

 

Itu sebabnya, saat ini, desain cafe sangat diperhatikan, khususnya interiornya. 

 

Baca Juga: Ini Dia 5 Mini Cafe Kontainer Yang Estetik

 

 

Interior cafe hadir dengan beragam bentuk dan konsep, termasuk bentuk atap yang kini hadir menambah keindahan ruangan. 

 

Lalu, apa saja desain atap café yang menarik secara visual? Berikut beberapa gaya atap café unik yang bisa Anda contek: 

 

 

Atap Membrane Modern

 

Cafe Estetik

 

inhabitat.com

 

Bahan utama membrane adalah jenis kain berserat dengan kualitas terjamin dan kuat, sehingga tahan terpaan cuaca ekstrim, jadi tidak masalah ditempatkan sebagai atap di outdoor. 

 

Memiliki ukuran dan bentuk yang beragam, serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan bangunan. Uniknya, pemasangan atap membrane minim penggunaan rangka atap dan dapat dijadikan plafon.

 

Kelebihan lainnya adalah materialnya yang dapat menyerap suara membuat ruangan lebih tenang dan nyaman, jadi cocok untuk dijadikan atap café, khususnya dengan konsep minimalis atau natural. 

 

 

Atap Transparan 

 

Cafe Estetik

 

Nana ratna

 

 

Atap  transparan juga bisa menjadi pilihan untuk café Anda. Dengan aplikasi atap jenis ini, ruangan akan lebih terang dengan pasokan sinar matahari yang lebih mudah masuk ke dalam cafe. 

 

Cahaya alami tersebut juga membuat suasana cafe lebih menyenangkan dan tentunya terlihat lebih segar.

 

Selain itu, penggunaan lampu yang minim akan membuat Anda hemat listrik serta ramah lingkungan. Anda mungkin hanya menggunakan lampu saat waktu tertentu saja atau sore menjelang malam hari. 

 

 

Atap Dak Beton

 

Tak hanya untuk rumah, café juga bisa hadir dengan konsep atap datar dengan dak beton. Justru dengan desain ini, Anda bisa mengalihfungsikannya sebagai rooftop. 

 

Saat ini, café dengan konsep rooftop sangat diminati, Anda bisa menempatkan beberapa kursi dan meja, sehingga pengunjung dapat bebas memilih bersantai di dalam atau luar ruangan.

 

Jangan lupa untuk menjaga keamanan dengan pemasangan pagar atau railing di sekitar atap datar ya!

 

 

Atap Unik dengan Tanaman Merambat

 

Cafe Estetik

 

wisatamilenial.com

 

Jika Anda memiliki konsep café outdoor, coba jadikan atap dengan tanaman merambat yang unik dan tentunya estetik. 

 

Beberapa jenis tanaman merambat yang dapat Anda tanam atau gunakan untuk mempercantik bagian atap atau kanopi, antara lain Bougenville, jenis tumbuhan obat seperti Sirih juga bisa jadi pilihan. 

 

Selain itu, ada Alamanda yakni bunga menyerupai terompet dengan warna bunga pink dan kuning, Mandevilla yang merupakan jenis bunga dengan warna merah, putih, dan pink. Serta Morning Glory yang menjadi tanaman khas daerah tropis. 

 

Tentunya gunakan furniture yang mendukung dan berkualitas ya, karena konsep outdoor yang memungkinkan terkena terpaan panas dan air hujan. 

 

 

Atap Pelana

 

Model atap ini sangat umum dijadikan untuk atap rumah atau hunian. Jenis atap ini memiliki bagian langit-langit yang tinggi, jadi cukup fungsional jika dimanfaatkan sebagai tambahan ruangan. 

 

Agar pengunjung nyaman saat duduk bersantai, pasang jendela besar yang membuat sirkulasi udara bebas masuk. Selain itu, aplikasikan dengan furniture dan dekorasi berwarna senada, seperti coklat atau abu-abu muda. 

 

 

Kesimpulan 

 

Atap ternyata bisa membuat suasana cafe berubah dan makin menarik perhatian. Coba aplikasikan beberapa desain atap cafe estetik yang unik di atas, sebagai rekomendasi untuk cafe Anda. 

 

Semoga artikel ini bermanfaat ya!  

 

Untuk bangunan kokoh dan terbaik, jangan lupa untuk selalu gunakan produk terbaik dari BLKP yaitu material konstruksi baja ringan yang bermutu tinggi dengan kualitas nomor 1.

 

BLKP sebagai produsen baja ringan berskala Nasional hadir beragam produk baja ringan yang sudah terbukti berkualitas dengan standarisasi SNI, ISO 9001-2015, uji lab ketahanan produk hingga 4 tahun garansi warna serta sudah memiliki sertifikasi TKDN 22 - 34981.



Artikel Populer

Your Message Has Been Sent..