cara pemasangan bondek (1).jpg

INI CARA PEMASANGAN BONDEK YANG TEPAT DAN BENAR

Teknis bondek sendiri sudah menjadi bagian penting dalam proses konstruksi. Bondek atau floor deck adalah material bangunan yang digunakan untuk melapisi coran sekaligus menahan tekanan beton untuk bangunan jenis yang bertingkat. 

 

Bondek sendiri berfungsi untuk membuat proses pengecoran jadi lebih cepat. Kualitas dan hasil jadinya juga lebih baik, hasil coran jadi kuat karena setelah itu, tidak perlu melepaskan bondek dari coran setelah material mengeras. 

 

Akan tetapi, masih banyak yang melakukan kesalahan pada proses memasang bondek sehingga membuat bangunan tidak sempurna. Padahal sebenarnya, proses pemasangannya tidak begitu rumit, namun dituntut untuk lebih teliti agar tampil pas dan teratur. 

 

Baca Juga: Jangan Sampai Salah! Ini Cara Pilih Merk Bondek dari Baja Ringan Yang Paling Baik

 

 

Untuk mendapatkan hasil yang baik, Anda wajib paham bagaimana pemasangan bondek yang benar sebelum pengecoran. Lalu, bagaimana langkah yang tepat dalam pemasangan bondek agar hasil material corannya kokoh? 

 

 

Pemasangan Bondek atau Floordeck

 

cara pemasangan bondek

 

Worka App

 

Nah, kali ini kita akan membahas bagaimana pemasangan bondek atau floor deck yang benar. Simak sampai selesai, ya.

 

 

Perhatikan Balok Penyangga

Sebelum memulai pemasangan floor deck, pastikan terlebih dahulu rangkaian balok-balok penyangga yang akan digunakan, apakah sudah siap untuk digunakan. Rangkaian balok ini nantinya akan digunakan untuk menyangga bondek yang akan dipasang. 

 

 

Perhatikan Struktur Pemasangan

 

cara pemasangan bondek

 

uniquesteeluae.com

 

Selanjutnya dalam memasang bondek yang tidak boleh terlewatkan adalah memperhatikan arah struktur. Anda harus memasang pada arah struktur ke bagian batangan balok yang terpendek dan pastikan sudah terpasang dengan benar dan rapi.

 

 

Pasang Penyangga

Setelah itu, pemasangan penyangga harus pada titik-titik yang dibutuhkan. Tujuannya untuk mengurangi beban saat akan melakukan pengecoran. Hal ini biasanya dilakukan saat ada beberapa bagian yang memiliki beban yang tidak merata. 


 

Ukuran Pemasangan Penyangga

Perlu diperhatikan bahwa pemasangan penyangga bondek berukuran 1,5 meter.3. Selain itu, perlu dipastikan bahwa tinggi balok dan permukaan sudah sama rata.

 

Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa beban yang diterima lapisan bondek sama rata. Jika sudah sama, pasang bondek di tepi balok penyangga dengan ukuran minimal 2,5 cm.

 

 

Memasang Stek

Tahap selanjutnya yakni memasang penguat bondek berupa stek ataupun bolt. Penguat ini berfungsi untuk memastikan bahwa bondek tidak akan bergeser dari posisi semula, terutama saat proses pengecoran berlangsung.

 

 

Tempatkan End Stop dengan Benar 

Selanjutnya yakni menempatkan end stop agar campuran semen dan pasir yang dituangkan di atas bondek tidak tumpah.

 

 

Wiremesh 

Kemudian letakkan wiremesh atau plat besi batangan dengan tepat sesuai ukuran. Jarak antara bondek ke wiremesh adalah sekitar 1,5 cm. Setelah tertata dengan baik dan rapi, pastikan semua bagian sudah terpasang dengan baik.

 

 

Proses Pengecoran

 

cara pemasangan bondek

 

vilssa.com

 

Pada bagian ini, proses pengecoran siap dilakukan. Selain itu, yang tak kalah penting diperhatikan adalah jumlah orang yang ada di atas bondek.

 

Usahakan tidak banyak orang yang berada di atas bondek selama proses pengecoran. Tujuannya untuk mengurangi beban dan menghindari terjadinya pergeseran bondek yang telah dipasang.

 

 

Kesimpulan

 

Pemasangan bondek atau floor deck sangat penting untuk membuat struktur bangunan rumah kokoh. Jadi, selalu perhatikan pemasangan bondek ya, agar hunian Anda kuat dan aman untuk semua penghuni. 

 

Anda juga wajib selalu menggunakan bahan material bangunan seperti baja ringan dengan mutu terjamin dari BLKP. 

 

BLKP sebagai distributor baja ringan terbaik selalu menghadirkan produk baja ringan yang dijamin kualitasnya karena sudah ber-SNI dan ISO 9001-2015. 

 

Tertarik dan ingin menghubungi BLKP? Anda bisa langsung mengklik Hubungi Kami.



Artikel Populer

Your Message Has Been Sent..