Desain Studio Foto.jpg

INGIN PUNYA STUDIO FOTO RUMAHAN? INI DESAIN YANG LAYAK DICOBA

Memiliki studio foto bagi fotografer menjadi perhatian penting. Tak hanya seorang fotografer, Anda yang bekerja di dunia kreatif tentunya membutuhkan studio foto untuk kelancaran pekerjaan Anda. 

 

Keperluan untuk mengambil foto produk atau aktivitas lainnya yang berhubungan dengan fotografi tentunya membutuhkan ruang khusus yang disebut studio foto. Jika tak ingin repot atau membayar mahal menyewa studio foto khusus, Anda bisa membuat studio foto di rumah. 

 

Lalu, bagaimana caranya? Membuat studio foto di rumah mungkin terdengar sulit, karena harus menyiapkan peralatan dan beberapa persiapan demi studio foto yang layak dan nyaman. 

 

Baca Juga: Intip Konsep Dari Desain Rumah Kontemporer Disini!

 

 

Ada beberapa hal yang memang harus dipertimbangkan dalam membuat studio foto di rumah. Tentunya selain kamera, ada bagian lainnya yang bukan hanya sebagai dekorasi atau aksesoris saja, namun bagian utuh dari studio tersebut yang dapat mempermudah pekerjaan Anda. 

 

Selain persiapan membuka studio foto rumahan, ide desain studio foto juga wajib dipertimbangkan. Studio foto harus dengan area yang luas dan pastinya disesuaikan dengan kebutuhan. Konsep dan gagasan desain harus diperhatikan. 

 

Nah, berikut ini beberapa persiapan dan pilihan desain yang dapat Anda aplikasikan saat membuat studio foto. Seperti apa? Yuk kita kulik bersama!

 

 

Tips Persiapan Membuat Studio Foto Rumahan

 

Desain Studio Foto

 

urbanmythstudio.com

 

Berikut beberapa hal yang wajib Anda perhatikan dan persiapkan : 

 

 

Lokasi atau Tempat Foto Studio 

Hal yang pertama yang Anda lakukan adalah menentukan ruangan atau tempat studio foto dibuat.

 

Jika Anda tidak sering beraktifitas dalam ruangan tersebut, pemotretan dapat dilakukan di sekitar bagian jendela atau sisi rumah yang memiliki pencahayaan alami.

 

Namun, jika memang Anda akan sering bekerja di dalamnya, pilih ruangan yang minim perabotan dan memang tidak digunakan.

 

Usahakan ruangan terang atau memiliki pencahayaan yang baik. Sangat disarankan dengan dinding berwarna natural seperti putih, demi meningkatkan kualitas foto.  

 

 

Perhatikan Luasnya 

Anda hanya perlu mempersiapkan tempat secukupnya sebagai tempat studio foto di rumah. Karena umumnya, tidak perlu luas yang berlebihan untuk studio foto di rumah, namun disesuaikan juga dengan kebutuhanmu ya.

 

Yang terpenting adalah ruangan bisa menjadi tempat semua perlengkapan studio.

 

 

Kamera Sebagai Perlengkapan Dasar 

Yang paling penting adalah perlengkapan fotografi yang dibutuhkan, diantaranya kamera, lighting, light stand, hingga tripod. Beberapa peralatan itu menjadi peralatan dasar yang wajib ada di studio foto. 

 

Anda sendiri dapat menggunakan kamera seperti DSLR atau mirrorless. Jika terbatas budget, Anda juga bisa memaksimalkan penggunaan kamera HP.

 

 

Background, Lighstand dan Backdrop

Untuk yang satu ini, tentunya disesuaikan dengan kebutuhan pemotretan. Namun, dewasa ini sudah banyak studio foto yang menggunakan background untuk membantu pemotretan produk. 

 

Anda bisa menyiapkan background dengan warna umum, yakni hitam atau putih. Pilih kain atau background yang sesuai kebutuhan dan ruangan. Gunakan yang dapat menyerap cahaya, karena jika kain yang digunakan kurang bagus, bisa saja merusak hasil foto. 

 

Hampir sama dengan fungsi dari backdrop, sebagai latar untuk objek yang Anda akan foto. Gunakan light stand backdrop untuk memudahkan Anda.

 

Light Stand backdrop adalah tiang yang dipakai untuk menggantung kain backdrop yang diletakkan di belakang subjek. Kain yang digunakan akan digantung di dinding atau dikaitkan dan posisikan sesuai lokasi foto Anda.

 

 

Lampu

Lampu dan reflektor menjadi modal studio foto untuk Anda yang masih pemula. Penggunaan lampu yang tepat, dapat membuat hasil foto lebih artistik. Selain itu, lampu juga dapat membuat hasil foto lebih berkualitas. 

 

Pilihan lampu speedlight manual juga dapat digunakan. Anda juga bisa menggunakan standing lamp yang dapat memperhalus cahaya dan bayangan pada foto. 


 

Desain Studio Foto Rumahan

Berikut beberapa desain-desain yang bisa menjadi inspirasi Anda dalam membuat studio foto di rumah : 

 

Desain Shabby Chic

 

Desain Studio Foto

 

flowerstime.ca


 

Desain Industrial

 

Desain Studio Foto

 

productionparadise.com

 
 

Minimalis 

 

Desain Studio Foto

 

Brazzi



 

Kesimpulan 

 

Punya studio foto pastinya akan membantu dan memudahkan pekerjaan Anda. Tak perlu lagi menyewa mahal-mahal studio foto, cukup dekor dan desain studio di rumah sendiri. 

 

Wujudkan juga bangunan studio yang kuat dan tahan lama dengan selalu menggunakan material bangunan dari BLKP yaitu baja ringan dengan kualitas yang tidak perlu Anda khawatirkan lagi.

 

BLKP hadir dengan beragam produk baja ringan bermutu tinggi yang berstandar SNI dan ISO 9001-2015. 

 

Tertarik dengan BLKP? Hubungi Kami sekarang juga!



Artikel Populer

Your Message Has Been Sent..