ESTIMASI HARGA BAJA RINGAN 2022 TERBARU

Hi Sobat BLKP,

 

Salah satu material konstruksi yang saat ini sedang tren untuk bangunan rumah adalah baja ringan. Untuk estimasi harga baja ringan juga berbeda-beda tergantung dengan jenis dari baja itu sendiri.

 

Jika dibandingkan dengan material konvensional lainnya, tentunya baja ringan ini lebih baik dan lebih kokoh ketika digunakan. Agar tidak salah dalam memilih, Anda harus mengenali lebih dulu jenis baja yang sesuai dengan kebutuhan bangunan yang akan Anda gunakan. 


 

Jenis Baja Berdasarkan Bahan Bakunya

Baja ringan terbagi menjadi beberapa jenis yang didasari dari bahan baku yang digunakan, sehingga memiliki harga yang tidak sama. Berikut ini adalah jenis baja yang bisa Anda temukan di pasaran :

 

Galvanize

Baja ringan dengan bahan baku galvanize merupakan salah satu bahan baku yang menggunakan proses pembuatan galvanisasi atau pelapisan dengan menggunakan campuran seng. Dimana pada tahap akhir proses galvanisasi ini dilakukan suatu proses lagi yang dinamakan coating.

 

Proses coating ini terdiri dari kadar seng sebesar 98% dan sisanya 2% adalah alumunium. Jenis baja yang menggunakan galvanize sebagai bahan bakunya, umumnya memiliki harga yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan jenis baja lainnya.


 

Galvalume

Galvalume merupakan salah satu jenis bahan baku baja yang terdiri dari lapisan alumunium, zinc dan silicon. Dimana lapisan alumunium zinc ini merupakan lapisan utama pada galvalume. 

 

Lapisan alumunium zinc termasuk ke dalam lapisan penahan karat, yang terdiri dari kadar alumunium sebesar 55%, kadar zinc sebesar 43.5% dan kadar silicon sebesar 1.5%. Dimana jika ketiga lapisan tersebut dicampurkan, maka akan membentuk sebuah lapisan pertahanan sehingga baja ringan tidak mudah berkarat.

 

Selain itu, jenis baja yang menggunakan bahan baku galvalume memiliki daya tahan dan daya kuat yang tinggi jika dibandingkan dengan jenis baja lainnya.
 

 

Estimasi Harga Baja Ringan 2022 Terbaru

Setelah mengetahui jenis baja berdasarkan bahan baku pembuatnya, sekarang saatnya mengetahui estimasi harga dari setiap baja. 

 

Tahukah Anda? bahwa harga baja jauh lebih terjangkau dan murah, sehingga menjadi salah satu material yang banyak dipilih oleh kalangan masyarakat. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait harga, berikut admin klasifikasikan estimasi harga produk baja ringan yang terdapat di BLKP :

 

Estimasi Harga Hollow

Hollow merupakah salah satu produk BLKP yang termasuk ke dalam kategori partitioning atau partisi. Produk Hollow sering dimanfaatkan untuk kerangka partisi sebuah plafon karena memiliki bentuk yang ringan namun tetap kuat, tahan lama, tahan terhadap rayap dan api serta sangat mudah untuk dibentuk.

 

Baca Juga : Mengenal Hollow Dalam Dunia Konstruksi

 

Mengenai estimasi harganya, produk hollow dibanderol dengan range harga antara Rp 13.000 - Rp 26.000 perbatangnya.

 

Cek Produk Hollow


 

Estimasi Harga Reng

Reng adalah produk dari BLKP yang fungsinya sebagai tempat untuk mengaitkan maupun untuk menahan penutup atap atau lembaran atap. Reng ini merupakan bagian dari rangka atap yang dimanfaatkan berbarengan dengan produk truss. Memiliki karakteristik bahan yang ringan namun tetap kuat dan kokoh untuk menahan beban berat dari atap.

 

Produk reng terbagi menjadi 3 tipe yaitu reng 25, reng 30, reng 32 dan reng 34. Estimasi harga reng dengan tipe 25 berkisar antara Rp 27.000 - Rp 42.000, sedangkan untuk tipe reng 30 berkisar antara Rp 30.000 - Rp 42.000.

Cek Produk Reng


 

Estimasi Harga Truss

Truss merupakan produk baja ringan dari BLKP yang termasuk dalam kategori framing. Truss ini sering disebut sebagai struktur yang terdiri dari beberapa kumpulan batang yang membentuk struktur yang solid, bentuknya menyerupai segitiga yang terhubung satu sama lain dan berfungsi sebagai penyangga beban yang terdapat pada sendi-sendinya.

 

Truss dengan tipe C75 memiliki estimasi harga antara Rp 75.000 sampai dengan Rp 130.000.

 

Cek Produk Truss


 

Estimasi Harga Spandek

Spandek merupakan salah satu produk BLKP yang termasuk dalam kategori roofing. Berfungsi sebagai atap metal maupun dinding dengan ukuran panjang yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Hal ini dapat menekan sambungan, bahaya kebocoran dan spandek sangat praksi dalam pemasangannya.

 

Estimasi harga dari produk spandek adalah sebagai berikut : 

  • Spandek tipe Elite Zinc berkisar antara Rp 32.000 - Rp 42.000

  • Spandek tipe Elite Plus Zinc berkisar antara Rp 41.000 - Rp 77.000

  •  Spandek Warna (meliputi: Spandek Elite, Spandek Span Mini,Span Wave) berkisar antara Rp 27.000 - Rp 44.000

 

Cek Produk Spandek
 

 

Estimasi Harga Genteng

Genteng metal merupakan pengganti genteng konvensional seperti beton, keramik dan lain sebagainya. Berat dari genteng metal ini sangat ringan sehingga tidak membebani struktur dari atap namun tetap kuat dan sangat mudah untuk dipasang.

Genteng metal terdiri dari berbagai tipe yaitu genteng metal ocean 2 susun, genteng metal ocean 4 susun, genteng metal mountain 2 susun dan genteng metal 4 susun. Estimasi harga untuk produk genteng metal ini adalah bekisar antara Rp 25.000 - Rp 39.000.

Cek Produk Genteng Metal

 

 

Kesimpulan

Itulah penjelasan lengkap mengenai jenis-jenis baja ringan berdasarkan bahan baku pembuatnya beserta estimasi harga baja ringan perbatangnya. Semoga dengan adanya artikel ini, bisa menjadi referensi bagi Anda dan dapat membantu Anda ketika Anda ingin mengetahui estimasi harga sebelum membelinya.

 

Bagi Anda yang membutuhkan produk-produk BLKP yang sudah admin sampaikan pada artikel ini, dapat langsung menghubungi kontak kami Disini.

 



Artikel Populer

Your Message Has Been Sent..